Perawatan Wajah Kusam dan Cara Mengatasinya, Ini Akibat Jika Malas Melakukannya!

Kenapa sih kita harus melakukan perawatan wajah agar tak kusam? Bagi kalian yang sedang mengalami permasalahan serupa tentunya ini menjadi bentuk kekhawatiran karena disebabkan oleh beberapa kondisi pada muka.

Baca juga: Cara Mudah Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Muka terlihat kusam dikarenakan kondisi tertentu seperti penumpukan kulit mati atau dehidrasi. Namun, jangan khawatir, terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya, salah satunya dengan melakukan perawatan.

Perawatan wajah kusam harus ditindaklanjuti, misalnya menggunakan pelembap atau pengangkatan sel mati ini. Simak informasi di bawah ini karena akan dijelaskan bagaimana cara merawat wajah yang kusam.

Akibat Enggan Melakukan Perawatan Wajah 

Akibat Enggan Melakukan Perawatan Wajah 
Akibat Enggan Melakukan Perawatan Wajah

Malas untuk melakukan perawatan wajah nyatanya bisa berdampak pada muka kusam. Mengapa demikian? Hal ini terjadi karena minyak dan sel-sel ini mati menghambat proses pertumbuhan sel kulit baru.

Di mana, seharusnya sel-sel baru tersebut seharusnya tumbuh ketika kalian akan tidur. Akan tetapi, terjadi regenerasi baru yang membuatnya sulit terjadi disebabkan dari sisa-sisa make up masih menempel pada muka.

Hal ini membuat sisa make up tersebut menempel hingga sulit untuk bernafas. Oleh karenanya, harus rajin untuk membersihkannya menggunakan cleanser sehabis make up sesuai dengan kebutuhan muka.

Sehingga, area muka akan terlihat lebih sehat dan cerah sebab ada proses regenerasi. Regenerasi ini sebagai proses memperbarui lapisan kulit di seluruh tubuh, sehingga mendorong lahirnya sel-sel kulit baru.

4 Penyebab Muka Tampak Lebih Kusam dan Cara Atasinya

4 Penyebab Muka Tampak Lebih Kusam dan Cara Atasinya
4 Penyebab Muka Tampak Lebih Kusam dan Cara Atasinya

Muka kusam membuatnya tampak semakin pucak dan kehilangan cahayanya. Tentu hal tersebut disebabkan oleh beberapa hal yang berhubungan akan kondisi tertentu, di antaranya ialah sebagai berikut:

Dehidrasi 

Kekurangan cairan di dalam tubuh ternyata berdampak pada muka yang berubah kering dan kusam. Anjurannya harus banyak minum air putih untuk membantu meningkatkan serta menjaga kelembapannya.

Menumpuknya Sel Kulit Mati

Apabila sel ini mati lalu menumpuk dan tidak dibersihkan. Maka, akan menyebabkan muka menjadi kering, bersisik, serta tidak cerah. Oleh karenanya, tak boleh ada penumpukan sel kulit mati terjadi.

Tak Memakai Pelembap

Seseorang yang tak memakai pelembap memicu pengaruh terhadap kesehatan dan vitalitas kulit, terkhusus pada pemilik wajah kering. Dibutuhkan pelembap sebagai pelindung lapisan kulit supaya tetap terlihat sehat.

Terbiasa Merokok

Apakah kalian termasuk perokok aktif? Perlu diketahui bahwa kebiasaan merokok bisa membuat kesehatan wajah menjadi terganggu. Merokok mampu menurunkan tingkat elastisitasnya dan mengganggu produksi kolagen, sehingga proses penuaan lebih cepat.

6 Cara Mengatasi Muka Kusam

6 Cara Mengatasi Muka Kusam
6 Cara Mengatasi Muka Kusam

Tidak perlu khawatir jika kalian berada dalam kondisi muka kusam. Terdapat beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengatasinya dengan melakukan perawatan wajah kusam pada kulit, sebagai berikut adalah:

Gunakan Pelembap

Pelembap digunakan setiap dua kali sehari sesuai dengan tipe wajah. Hal ini bisa membantu seseorang menjaga kesehatan mukanya dengan mengatasi hal kusam tersebut berdasarkan jenis kulit.

Pakai Masker Wajah

Agar efeknya maksimal, kalian bisa memilih kandungan serta jenis masker yang sesuai dengan kondisi masing-masing. Masker ini dapat dipakai setiap 1-3 kali per minggunya, tergantung dari jenisnya serta produk maskernya.

Lakukan Eksfoliasi

Eksfoliasi membantu untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang menumpuk. Perawatannya dapat mencerahkan atau memperbaiki tampilan muka. Terdapat dua jenis eksfoliasi pada muka yakni fisik dan kimia.

Memakai Tabir Surya

Tabir surya mempunyai manfaat untuk mencegah kerusakan akibat paparan sinar matahari. Termasuk pada munculnya flek sebagai tanda penuaan, kulit kasar, serta kusam.

Sebaiknya, aplikasikan tabir surya dengan kandungan SPF 30 atau lebih setiap harinya. Terutama, ketika kalian ingin beraktivitas di luar ruangan saat siang hari, perawatan wajah kusam harus dilakukan.

Manfaatkan Serum

Gunakan serum sebanyak 2 kali sehari yang memiliki kandungan vitamin C dan niacinamide. Vitamin C ini membantu untuk memudarkan hiperpigmentasi atau bintik hitam, serta membuat wajah tampak lebih cerah. 

Bersihkan Muka Setiap Hari

Kalian dianjurkan untuk membersihkan muka ketika pagi dan malam hari sesudah beraktivitas. Membersihkannya tak hanya bermanfaat dalam mengatasi kusam, tetapi juga mampu menjaga kesehatan wajah. 

Lalu, sesaat sebelum kalian beranjak untuk tidur, hapuslah riasan wajah yang menempel memakai pembersih berbahan dasar minyak. Kemudian, cucilah dengan sabun khusus wajah yang lembut.

Gunakan Pelembap sesuai Tipe Kulit

Gunakan Pelembap sesuai Tipe Kulit
Gunakan Pelembap sesuai Tipe Kulit
Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini