5 Pilihan Universitas dengan Jurusan IT di Indonesia

Apakah kalian sedang membutuhkan pilihan universitas dengan jurusan IT? Teknik Informatika atau IT memang termasuk jurusan yang populer di tanah air.

Baca juga: Inilah 3 Daftar Kampus Terindah di Dunia dan Kalian Wajib Tahu!

Karena begitu populernya, passing grade atau tingkat persaingannya turut meningkat. Mungkin tingkat kesulitannya ada di bawah jurusan kedokteran. Jadi, perlu pertimbangan dan perjuangan untuk lolos persaingan.

Setelah menentukan jurusan idaman, terkadang seseorang masih kebingungan untuk menentukan universitas. Jika kalian juga mengalami kebingungan semacam ini, mari menyimak rekomendasi universitas dengan jurusan IT dalam artikel ini.

5 Pilihan Universitas dengan Jurusan IT di Indonesia

5 Pilihan Universitas dengan Jurusan IT di Indonesia
5 Pilihan Universitas dengan Jurusan IT di Indonesia

Memilih kampus tidak kalah penting dengan memilih jurusan. Apabila tertarik dengan Teknik Informatika, ini dia pilihan kampus yang dapat kalian pertimbangkan.

Universitas Gadjah Mada

Salah satu pilihan universitas dengan jurusan IT adalah Universitas Gadjah Mada atau UGM. Siapa coba yang tidak kenal dengan UGM? UGM begitu populer di tanah air.

Kualitas UGM juga tidak perlu diragukan karena cukup memenuhi standar nasional maupun internasional. Misalnya saja, berdasarkan pemeringkatan S untuk Graduate Employability 2019, UGM ada di peringkat 301-500 kampus terbaik dunia. 

UGM juga ada di pemeringkatan universitas terbaik berdasarkan The Times Higher Education (THE) 2000 dan menempati peringkat 1001+ dunia. 

UGM mempunyai berbagai fakultas, satu sekolah vokasi dan satu sekolah pascasarjana. Jadi, bukankah cukup menjanjikan untuk melanjutkan pendidikan kuliah di UGM?

Selain itu, kampus ini juga menawarkan program beasiswa bagi para mahasiswa. Beasiswa akan sangat membantu memudahkan pembayaran biaya kuliah. Beasiswanya berasal dari pemerintah hingga lembaga swasta.

Apabila ingin berkuliah dengan memanfaatkan beasiswa, pastikan cari tahu dahulu informasinya sebanyak mungkin. Misalnya dengan mengakses informasi beasiswa pada laman resmi UGM. 

Selain mempelajari informasi dari website resmi, bisa juga bertanya ke mahasiswa atau alumni yang sudah pernah dapat beasiswa. Jadi, dapat berusaha mengejar beasiswa dengan lebih optimal.

UGM menyediakan jurusan Teknologi Informasi dalam Fakultas Teknik. Program studi IT ini telah terakreditasi nasional (A). Jadi, pilihan universitas dengan jurusan IT ini sangat bagus untuk dipertimbangkan.

Selain akreditasi nasional, UGM juga mendapat akreditasi dari ABET (Accreditation Board for Engineering and Technology) dan IABEE (Indonesian Accreditation Board for Engineering Education).

Terkadang, seseorang menilai kualitas pendidikan hanya berdasarkan tingkat kepopuleran kampus. Padahal, memperhatikan akreditasi jurusan juga tidak kalah penting. Akreditasi tinggi menunjukkan kualitas pendidikan tinggi juga.

Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Pilihan universitas dengan jurusan IT lainnya ialah Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). ITS juga cukup populer di tanah air dan banyak anak muda tertarik berkuliah di sana. ITS letaknya di Surabaya, Jawa Timur. 

Pada mulanya, Yayasan Perguruan Tinggi Teknik (YPTT) membangun ITS dengan dr. Angka Nitisastro sebagai ketuanya. Hal ini terjadi ketika tanggal 10 November 1957. 

Harapan pendirian ITS ialah guna mendidik para pemimpin yang unggul dalam bidang sains dan teknologi. Sehingga mampu memajukan Republik Indonesia sebagai negara yang punya peradaban maju dan tinggi.

Salah satu pilihan universitas dengan jurusan IT ini terbagi atas beberapa kampus. Ada kampus ITS Sukolilo, Manyar dan Cokroaminoto. Semuanya punya luas dan fungsi masing-masing.

Kalian sendiri, pasti sudah tahu mengenai ITS, bukan? Karena menjadi incaran banyak anak muda ketika ingin berkuliah di Surabaya, pasti banyak orang yang tidak asing dengan ITS.

Apabila menyimak peringkat 15 universitas terbaik di tanah air berdasarkan Kemenristekdikti ketika tahun 2020, ITS menempati posisi ke-6. Tentu ini membuktikan tingginya kualitas kampus dalam skala nasional.

Tidak berhenti pada skala nasional ITS juga menempati posisi ke-164 berdasarkan QS Asian University Rankings. Jadi, sudah bisa dipastikan kualitas dari kampus favorit ini.

Kampus favorit ini sudah menyediakan perkuliahan dalam bidang ilmu komputer sejak tahun 1985. Bukan hanya itu, teknik informatika dari ITS juga telah mengantongi akreditasi A dari BAN-PT.

Kalau tertarik dengan teknik informatika ITS, kalian bisa menempuh mulai dari pendidikan jenjang S1. Lalu, dapat melanjutkannya sampai jenjang S2 dan S3.

Universitas Sebelas Maret 

Pilihan universitas dengan jurusan IT lainnya ialah Universitas Sebelas Maret atau UNS. UNS adalah kampus yang punya motto Mangesthi Luhur Ambangun Nagara.

Sudahkah kalian tahu jika UNS kerap memperoleh rekor MURI? Misalnya saja rekor visualisasi 10 destinasi pariwisata. Kemudian rekor buku antologi dengan tema “Resolusi Bakti untuk Negeri” yang jumlah penulisnya sangat banyak.

Bukan hanya rekor MURI, UNS juga punya prestasi lain misalnya menempati posisi ke-6 sebagai kampus terbaik di tanah air berdasarkan Webometrics Ranking of World Universities 2022. Sementara untuk tingkat dunia menempati posisi ke-1.144.

Beragam prestasi dari UNS apakah cukup menarik perhatian kalian untuk berkuliah di sana? Tentu akan cukup bagus untuk menempuh pendidikan di kampus keren.

UNS telah menyediakan jurusan Teknik Informatika atau IT melalui Fakultas MIPA. Jurusannya tersedia sejak tahun 2007 dan sekarang ini mengantongi akreditasi A dari BAN-PT.

Program studi Teknik Informatika UNS memuat 9 SKS mata kuliah minat, 30 SKS mata kuliah pilihan kemudian ada 105 SKS mata kuliah wajib. Setelah menyelesaikan semuanya, kalian bisa mendapatkan gelar Sarjana Sains (S.Si.).

Pilihan universitas dengan jurusan IT ini akan memberikan prospek kerja yang cukup cerah. Kalian dapat mencoba menjadi tenaga profesional berupa programmer, manajer jaringan internet, webmaster dan lainnya.

UNS bukan sekedar menawarkan sumber daya manusia unggul untuk mencetak lulusan yang berkualitas. Namun juga menyediakan fasilitas laboratorium untuk mendalami materi perkuliahan.

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini