Langkah-Langkah Proses SEO dalam Mendatangkan Traffic Kunjungan

primaradio.co.id – Tahukah Anda bagaimana proses SEO bekerja pada mesin pencari atau search engine? Tentunya sulit untuk mengetahuinya, pasalnya algoritma mesin pencari yang selalu berubah-ubah.

Baca juga: Kenali Apa Itu Google AdSense beserta Cara Kerjanya

Meskipun begitu, namun para pemilik website harus selalu melakukan optimasi SEO supaya websitenya dapat berada di halaman utama Google dan dapat meningkatkan traffic kunjungan serta penjualan.

Mengenal Istilah SEO Berdasarkan Pengertiannya

Prosrs SEO
Search Engine Optimization (SEO)

Search Engine Optimization (SEO) merupakan sebuah proses untuk meningkatkan eksistensi website supaya masuk ke Search Engine Result Page (SERP). 

Proses SEO sebenarnya tidak memerlukan waktu lama, akan tetapi jika dilakukan dengan benar dan tepat dapat membuat website bertahan pada posisi teratas untuk waktu yang cukup lama. 

Proses optimasi website meliputi SEO on-page yaitu apa yang ditampilkan pada situs dan SEO off-page yang meliputi struktur dalam website tersebut.

Saat ini, SEO dapat dikatakan merupakan salah satu strategi digital marketing yang paling efektif untuk meningkatkan penjualan bisnis yang menggunakan website sebagai salah satu media promosinya. 

Untuk dapat membuat website bisnis semakin dikenal banyak orang dan mendapatkan banyak traffic kunjungan yang berimbas pada meningkatnya penjualan, salah satu caranya adalah dengan menerapkan strategi SEO. 

Berbagai keuntungan dapat dimiliki, ketika menerapkan strategi SEO pada website selain meningkatkan penjualan. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui bagaimana proses SEO mampu mendorong website masuk pada mesin pencari Google.

Memahami Proses SEO dalam Mendatangkan Traffic

proses SEO
Proses SEO dalam mendatangkan traffic kunjungan

Supaya website dapat terus muncul di halaman utama mesin pencari Google memerlukan penerapan strategi SEO yang panjang dan berkelanjutan. 

Penerapan berbagai teknik serta strategi SEO yang tepat dapat memberikan hasil yang signifikan yaitu berupa traffic kunjungan yang meningkat serta meningkatnya angka penjualan. 

Untuk Anda yang ingin memulai mengoptimasi website dengan menggunakan SEO, berikut ini beberapa strategi SEO yang dapat diterapkan yang merupakan bagian dari proses SEO yang harus dijalankan. 

  1. Audit

Riset kata kunci banyak dianggap sebagai kunci utama SEO yang harus didahulukan, pasalnya sebuah website akan muncul pada mesin pencari ketika mengetikkan keyword yang relevan. 

Namun, melakukan audit sebagai langkah pertama dalam proses SEO, bertujuan untuk memeriksa performa website sebelum diluncurkan dengan menggunakan strategi SEO.

Terdapat dua proses audit yang dapat dilakukan yaitu audit teknis dan audit konten. Audit teknis yaitu melakukan pemeriksaan berbagai elemen yang berpengaruh pada penilaian SEO website, seperti memeriksa kecepatan loading halaman website ketika dijalankan.

Audit teknis juga berhubungan dengan tampilan website yang mobile-friendly, karena saat ini banyak pengguna Google yang menggunakan smartphone untuk mengaksesnya. Selain itu, memeriksa link yang rusak, user experience dalam suatu website, dan sebagainya.

Audit teknis harus dilakukan secara mendalam, sehingga terkadang membutuhkan waktu yang cukup lama sampai beberapa minggu untuk menyelesaikannya, bergantung pada berapa banyak error yang dimiliki sebuah website.

Sementara audit konten dilakukan untuk memeriksa setiap halaman konten pada website. Berapapun banyaknya halaman pada website, pemiliknya harus selalu melakukan audit konten dan membuang konten yang sudah tidak diperlukan atau meng-updatenya.

  1. SEO Off-Page

Ranking sebuah website pada mesin pencari dipengaruhi juga oleh link yang ada. Maka langkah kedua dari proses SEO yang harus dilakukan adalah mengoptimasi secara off-page setiap komponen pembangun website

Teknik SEO off-page meliputi index status, sertifikat SSL, crawl budget, broken link, crawl error, redirect, internal link, site speed, sitemap, dan sebagainya.

Jika salah satu komponen off-page mengalami masalah, Google akan langsung menurunkan ranking website pada mesin pencari. Untuk itu perbaikilah semua komponen tersebut jangan hanya salah satunya saja. 

Melakukan optimasi SEO off-page dapat dengan menambah kecepatan loading website, memperbaiki link yang rusak, dan sebagainya. 

Perbaikan dapat dilakukan setelah melakukan audit teknis. Dengan begitu jumlah konversi akan meningkat, apalagi jika ditambah dengan keamanan SSL.

  1. Riset Kata Kunci

Setelah melakukan kedua proses SEO di atas, barulah bisa melakukan komponen utamanya SEO yaitu riset kata kunci atau keyword. Sebelum menulis sebuah konten, disarankan untuk melakukan riset keyword terlebih dahulu.

Pasalnya, dengan menggunakan keyword yang tepat akan mampu mendatangkan traffic pengunjung yang lebih tinggi. Selain itu, lakukan juga keyword placement dengan tepat ketika menulis konten baru.

  1. Pengaturan Lokasi

Memasang pengaturan lokasi penting dilakukan perusahaan yang ingin memasarkan produknya di beberapa tempat. Saat ini, Google sudah mulai mendukung usaha lokal dengan memberikan layanan Google Bisnisku. 

Jadi ketika melakukan pencarian keyword di Google, akan muncul beberapa perusahaan lokal atau alamatnya yang menawarkan produk atau layanan yang dibutuhkan pada peringkat teratas.

Kelebihan dari proses SEO ini yaitu bisa mendatangkan calon klien potensial. Untuk itu gunakanlah bahasa yang mudah dipahami target audiens

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini