Resep Kolak Biji Salak Kenyal Pas untuk Berbuka

Primaradio.co.id – Ingin tahu cara membuat resep kolak biji salak kenyal yang pas untuk berbuka puasa jangan khawatir. Disini sudah disediakan resep staple sekaligus variasinya agar dapat dijadikan sebagai referensi.

Baca juga: Resep Es Lumut Untuk Jualan Yang Menyegarkan & Murah Meriah

Memang ini adalah salah satu kudapan paling ditunggu saat berbuka puasa bersama keluarga. Namun dilain kesempatan tersebut sebenarnya kudapan itu masih bisa dinikmati terutama saat cuaca sedang dingin.

Biasanya makanan ini disajikan dalam kondisi hangat dengan sedikit modifikasi resep. Bisa saja menggunakan versi dingin sehingga pas digunakan sebagai pelepas dahaga setelah seharian beraktivitas.

Bagaimana cara membuatnya ternyata cukup mudah, sudah disediakan resep sekaligus variasinya. Jadi jika ingin membuat sendiri jelas langsung bisa diterapkan dengan mengikuti beberapa pembahasan berikut ini.

Cara Membuat Resep Kolak Biji Salak Kenyal 

Langsung saja disini akan dijelaskan bagaimana cara membuatnya mulai dari bahan sampai proses. Ikuti secara cermat agar hasilnya optimal bagaimana membuat kudapan tersebut bisa menggoyang lidah.

  1. Bahan 

Berikut ini adalah beberapa bahan utama yang digunakan untuk membuat resep kolak biji salak kenyal. Jadi bisa diikuti untuk persiapan agar mampu membuatnya secara tepat.

  • Bahan biji salak:
  1. 270 gram ubi
  2. 90 gram tepung sagu
  3. 1/4 sdt garam
  • Kuah gula merah:
  1. 100 gram gula merah
  2. 2 sdm gula pasir
  3. 675 ml air
  4. 2 lembar daun pandan
  • Bahan kuah kolak:
  1. 130 ml santan instan (santan alami lebih bagus)
  2. 70 ml air
  3. 1/2 sdt garam
  4. 2 lembar daun pandan
  5. Cara Membuat 

Cara membuat resep kolak biji salak kenyal cukup mudah apabila sudah mengetahui apa saja bahannya. Langsung ikuti beberapa poin berikut agar dapat membuatnya sendiri tanpa kesulitan.

  • Buat biji salaknya dulu dari ubi yang sudah dibersihkan kemudian cuci bersih. Kukus ubi tersebut sampai benar-benar empuk agar semakin mudah dihancurkan untuk membentuk bulatan.
  • Tambahkan sedikit demi sedikit tepung sagu dan garam ke dalam ubi yang sudah dilumatkan tadi untuk membuat adonan salaknya. Kemudian uleni sampai adonannya menjadi lebih pulen dan bisa dibentuk menjadi bulatan.
  • Untuk membuat kuah gula merah hanya perlu memasukkan gula merah dan gula bubuk ke dalam air. Aduk sampai semuanya merata kemudian panaskan di atas kompor.
  • Tetap aduk adonan gulanya agar tidak menjadi karamel dan lengket pada panci. Aduk terus sampai mendidih setelah itu matikan dan turunkan dari kompor untuk menghentikan proses pemasakan.
  • Untuk membuat kuah kolak perlu mencampurkan semua bahan yaitu santan, air, garam dan pandan dalam satu wadah. Aduk rata dulu sampai gula mencair.
  • Setelah itu panaskan kuah santannya di atas kompor sambil terus diaduk. Aduk terus sampai hampir mendidih kemudian matikan dan turunkan dari atas kompor.

Dengan mengikuti beberapa tahapan tadi tentu sekarang membuat sendiri resepnya tidak terlalu sulit bukan. Pada segmen berikutnya akan dijelaskan beberapa variasi resep agar rasanya tidak monotone.

Variasi Resep Kolak Biji Salak Kenyal

Pada segmen sebelumnya itu adalah resep dasar yang masih bisa dikembangkan lagi sesuai selera. Disini akan dijelaskan apa saja variasi yang mungkin bisa diterapkan agar hasil masakannya lebih beragam.

  1. Kuah jahe 

Salah satu variasi dari resep kolak biji salak kenyal yang bisa dibuat adalah menggunakan kuah jahe. Jadi pada saus gula aren yang dibuat tadi bisa ditambahkan jahe agar memberikan sensasi pedas dan panas.

Variasi ini paling cocok dinikmati saat cuaca dingin karena bisa menghangatkan tubuh. Sebagai tips saat menambahkan jahe lebih baik bakar dulu jahenya sebelum dibersihkan.

Setelah dibakar sebentar (jangan sampai terlalu gosong) kupas kemudian parut jahenya. Ini akan mengeluarkan aroma dan rasa lebih kuat dari jahenya pada saat mencampurkan pada saus gula merah.

  1. Kuah Susu 

Apabila menginginkan kuah lebih segar dan bernutrisi maka bisa menggantinya dengan susu. Ingat jangan menggunakan condense milk atau susu kental manis karena kalorinya terlalu tinggi.

Gunakan susu murni jika memungkinkan atau UHT agar mudah sebagai pengganti dari santan. Prosesnya tetap sama, bisa ditambahkan pandan untuk memberikan aroma lebih harum.

  1. Kuah Susu Creamy 

Banyak orang ingin resep kolak biji salak kenyal memiliki kuah lebih creamy saat menggunakan susu. Caranya sederhana bisa menggunakan susu sebagai dasar kemudian menambahkan santan.

Perbandingan antara santan dan susu adalah 1:2 dengan metode memasak sama seperti biasa. Jika ingin lebih kental lagi bisa menggunakan satu sendok teh larutan tepung tapioka.

Dari berbagai variasi tadi bisa diperoleh hasil lebih nikmat sekaligus mudah disesuaikan dengan kondisi. Apabila ingin mengkonsumsi menggunakan es maka kuah berbasis susu akan lebih cocok.

Namun jika ingin mengkonsumsinya dalam keadaan hangat maka kuah jahe adalah opsi paling tepat. Semua itu tergantung selera dan bagaimana ingin mengkonsumsinya agar lebih nikmat.

Tips agar Resep Kolak Biji Salak Kenyal Lebih Awet

Salah satu kelemahan dari kudapan ini adalah biji salak yang dibuat biasanya tidak bertahan lama. Apabila membuat dalam jumlah besar tentu akan sia-sia jika dalam dua atau tiga hari saja sudah tidak bisa dikonsumsi.

Terlalu lama dimasukkan dalam lemari pendingin juga akan membuat rasanya menjadi kurang nikmat. Namun sebenarnya ada sebuah trik saat membuat adonan biji salaknya sehingga bisa lebih awet.

Kuncinya sebenarnya terletak pada proses pengukusan ubi yang akan digunakan sebagai adonan utama. Ketika ingin membuat resep kolak biji salak kenyal dalam jumlah besar usahakan mengukus menggunakan pressure cooker atau presto.

Ubinya juga tidak perlu dikupas terlebih dulu, cukup bersihkan bagian luarnya dari tanah secara menyeluruh. Biarkan kulit ubi melapisi agar bagian dagingnya tidak terkena uap panas secara langsung.

Mengukus menggunakan pressure cooker akan membuat daging ubinya jauh lebih kenyal dan awet. Proses mengukusnya juga tidak butuh terlalu lama cukup sepuluh sampai lima belas menit saja.

Dari segi daya tahan sendiri mereka akan lebih awet bahkan tanpa menyimpannya menggunakan lemari pendingin. Selama tidak terjadi kontaminasi pada bahan maka daya tahannya bisa mencapai lebih dari satu minggu.

Saat disimpan pada lemari pendingin adonan dari hasil pressure cooker rasanya juga tidak terdegradasi. Sehingga apabila tujuan pembuatan resep kolak biji salak kenyal ini untuk jualan jelas tips ini akan bermanfaat.

Tidak perlu menggunakan pengawet saat memproses bahan dengan kandungan karbohidrat tinggi. Selama tahu bagaimana memproses dan menjauhkannya dari kontaminasi maka bahan dapat bertahan cukup lama.

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini