Ini Dia Risiko Makan Pisang Berlebihan pada Tubuh

Pisang jadi salah satu buah-buahan yang memiliki banyak khasiat, tetapi kalian juga harus tahu ada risiko makan pisang berlebihan pada tubuh manusia.

Baca juga: Inilah Manfaat Retinol untuk Tubuh Mengoptimalkan Kesehatan

Pisang jadi buah favorit masyarakat Indonesia karena memiliki rasa yang manis dan harganya relatif murah. Buah ini juga jadi salah satu buah yang sering kalian konsumsi saat sedang melakukan diet.

Tetapi mengkonsumsinya secara berlebihan akan menimbulkan risiko pada kesehatan tubuh kalian. Berikut ini informasi penting untuk kalian tentang cara mengkonsumsi pisang yang baik dan tidak berlebihan.

Risiko Makan Pisang Berlebihan pada Tubuh Manusia

Risiko Makan Pisang Berlebihan pada Tubuh Manusia

Pisang sering menjadi menu buah-buahan untuk diet karena memiliki serat yang baik untuk tubuh. Tetapi jika kalian mengkonsumsinya secara berlebihan akan menimbulkan efek samping pada tubuh. Ketahui beberapa risiko makan pisang berlebihan pada tubuh manusia berikut ini:

  1. Gula Darah Naik

Pisang yang terlalu matang biasanya mengandung indeks glikemiks 62/100 atau berada pada titik GI moderat. Tingkat GI ini menandakan kandungan gula pada pisang yang sudah terlalu matang sudah relatif sedang hingga tinggi sehingga tidak cocok untuk kalian konsumsi terutama jika sedang dalam program diet atau ingin menjaga gula darah stabil.

Gula darah yang tinggi pada tubuh seseorang yang tidak bisa mengatur kadar insulin pada tubuhnya akan meningkatkan potensi terkena koma diabetes bahkan hingga kematian. Jadi untuk itu lebih baik untuk kalian menghindari mengonsumsi pisang yang terlalu matang secara berlebihan karena memiliki kadar gula yang lebih tinggi daripada pisang normal.

  1. Berat Badan yang Naik

Niat untuk diet dengan mengkonsumsi pisang tetapi jika berlebihan justru akan membuat berat badan kalian naik. Alasannya karena buah pisang selain mengandung serat juga mengandung karbohidrat yang tinggi dan kalori.

Jumlah gula yang tinggi pada pisang ini akan membuat berat badan dan lingkar pinggang bertambah. Untuk itu lebih baik untuk mengkonsumsi pisang secukupnya dan tidak berlebihan untuk menghindari risiko makan pisang berlebihan ini.

  1. Jadi Pemicu Hiperkalemia

Pisang mengandung kalium yang baik tetapi jika kalium terlalu banyak kalian konsumsi akan menyebabkan kerusakan pada tubuh. Tubuh yang terlalu banyak mengonsumsi kalium akan menyebabkan hiperkalemia. Hiperkalemia merupakan suatu kondisi saat tubuh mengalami gangguan fungsi sel saraf dan juga otot.

  1. Merusak Gigi

Risiko makan pisang berlebihan selanjutnya adalah dapat merusak gigi. Dalam sejumlah penelitian makan pisang secara berlebihan telah terbukti berpotensi akan merusak gigi bahkan lebih besar daripada mengkonsumsi cokelat dan permen.

  1. Menyebabkan Sembelit

Pisang juga mengandung cukup banyak asam tanat yang mengakibatkan seseorang mengalami sembelit. Sebenarnya asam tanat jika kalian konsumsi dalam dosis yang kecil tidak akan berpengaruh banyak. 

Jika kalian termasuk orang yang suka mengonsumsi pisang dalam jumlah yang banyak sekaligus mungkin baru akan terasa efek sampingnya. Salah satu efek samping dari mengkonsumsi asam tanat secara berlebihan adalah sembelit.

  1. Migrain

Risiko makan pisang berlebihan juga akan mengakibatkan migrain. Hal ini disebabkan karena pisang mengandung banyak kandungan kimia. Sehingga untuk bisa tetap merasakan khasiat mengkonsumsi buah pisang perhatikan jumlahnya.

Jumlah Konsumsi Buah Pisang yang Aman per Hari

Sudah mengetahui risiko ketika kalian mengkonsumsi banyak pisang, jadi berapa banyak jumlah konsumsi buah pisang yang aman per harinya. 

Secara umum WHO, organisasi kesehatan dunia menyarankan untuk menerapkan pola makan sehat dengan buah dan sayur paling tidak lima porsi per hari. Memakan satu buah pisang sebenarnya sudah cukup untuk memenuhi nutrisi yang tubuh butuhkan.

Hal ini karena pisang mengandung protein dan lemak yang rendah. Tetapi ada risiko makan pisang berlebihan yang sudah kalian ketahui sehingga sangat penting untuk memperhatikan jumlah aman untuk mengkonsumsi buah pisang per hari.

Saran terbaik untuk mengkonsumsi pisang adalah tidak menjadikannya sebagai makanan utama. Lebih tepat untuk menjadikan pisang sebagai camilan atau makanan tambahan karena buah ini memiliki karbohidrat dan kalori yang tinggi.

Sebenarnya tidak ada jumlah yang pasti seberapa banyak kalian boleh mengkonsumsi pisang setiap harinya karena setiap orang memiliki kebutuhan kalori berbeda-beda. 

Tetapi kebanyakan orang menilai satu hingga tiga buah pisang sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi pada tubuh. Jadi pada intinya kalian bisa makan pisang berapapun jumlahnya, tetapi pastikan untuk mengenali kebutuhan tubuh kalian terlebih dahulu.

Dengan mengenali kebutuhan tubuh, kalian bisa mengira-ngira berapa jumlah yang cukup untuk mengkonsumsi pisang sehingga memperkecil kemungkinan muncul risiko makan pisang berlebihan.

Khasiat Buah Pisang untuk Tubuh Manusia

Khasiat Buah Pisang untuk Tubuh Manusia

Jika mengkonsumsinya tidak berlebihan, kalian bisa merasakan khasiat mengkonsumsi buah pisang. Berikut ini beberapa khasiat yang bisa kalian dapatkan saat mengonsumsi pisang secukupnya:

  1. Membantu Mengontrol Tekanan Darah

Dengan memakan maksimal tiga buah dalam sehari dapat membantu mengontrol tekanan darah. Hal ini telah terbukti melalui penelitian karena pisang mengandung kalium yang bermanfaat untuk mengatasi berbagai penyakit yang bersumber dari tekanan darah.

Jadi pastikan untuk mengkonsumsi pisang dalam jumlah yang tepat untuk mendapatkan manfaatnya serta menurunkan risiko makan pisang berlebihan.

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini