Salju di Sa Pa Vietnam Fenomena Langka Negara Iklim Tropis

Salju di Sa Pa Vietnam menjadi salah keajaiban langka kawasan tropis. Vietnam sendiri terkenal dengan iklim tropisnya, pantai berpasir putih dan hutan lebat. Namun, pada Januari 2021, negara ini mengalami fenomena tidak biasa. 

Baca juga: Maratua, Pulau Indah Di Kalimantan Ikon Baru Ibu Kota Negara

Fenomena tersebut yaitu mengenai salju yang turun di kota Sa Pa. Kejadian ini menjadi berita nasional dan menarik perhatian banyak orang. Tidak hanya bagi masyarakat Vietnam namun juga seluruh dunia. 

Kota ini terkenal memiliki pesona alam yang megah dan terletak di provinsi Lao Cai, yaitu wilayah utara Vietnam. Terkenal memiliki pemandangan alam yang memukau, kota ini memiliki pegunungan hijau, sawah terasering serta budaya yang beragam. 

Terdapat beberapa suku seperti suku Hmong dan Dao. Keadaan geografis dari wilayah ini juga sangat menarik dan memukau. Membuatnya menjadi salah satu dari tujuan wisata paling populer di Vietnam. 

Mengenal Fenomena Salju di Sa Pa Vietnam

Mengenal Fenomena Salju di Sa Pa Vietnam
Mengenal Fenomena Salju di Sa Pa Vietnam

Pada Januari, warga dan wisatawan Sa Pa terbangun dengan kejutan tidak terduga. Untuk pertama kalinya, salju mulai turun pada malam hari dan terus berlanjut hingga pagi berikutnya. 

Warga sekitar menjadi gembira sambil mengabadikan momen tersebut. Melalui berbagai media seperti foto dan video dari lapisan salju yang menutup pemandangan kota. Dimana kota tersebut biasa berwarna hijau. 

Banyak orang mengabadikan momen tersebut dan membagikannya melalui media sosial. Namun, fenomena ini juga menyebabkan berbagai masalah. Pada sebagian daerah, kejadian ini mengganggu keseharian seperti transportasi yang terhambat dan pemadaman listrik. 

Sementara itu, sektor pertanian dan tanaman sawah terasering terkena dampak akibat fenomena salju di Sa Pa Vietnam

Pada dasarnya, Sa Pa bukanlah wilayah yang biasa turun salju seperti negara-negara dengan iklim cenderung lebih dingin. Salju di kawasan Sa Pa terjadi sangat jarang dan biasanya terjadi selama musim dingin, ketika kondisi iklim tidak biasa. 

Tidak ada tanggal pasti atau tahun yang dapat menjadi acuan fenomena ini karena tergantung perubahan cuaca yang tidak dapat diprediksi secara pasti. Peristiwa ini menjadi fenomena langkah dan istimewa, serta seringkali mengejutkan warga sekitar. 

Informasi Penting Salju di Sa Pa

Informasi Penting Salju di Sa Pa
Informasi Penting Salju di Sa Pa

Ada beberapa informasi penting berkaitan turunnya Salju di Sa Pa Vietnam. Kawasan ini terletak di ketinggian sekitar 1.500 meter Pegunungan Hoang Lien Son. Karena ketinggian tersebut, suhu udara bisa turun hingga beberapa derajat. 

Bahkan penurunan tersebut bisa beberapa angka di bawah nol pada bulan-bulan musim dingin. Untuk musim dingin, biasanya terjadi dari mulai November hingga Maret. Pada bulan-bulan tersebut, suhu rata-rata harian berkisar 5-15 derajat celcius. 

Suhu terendah yang menyebabkan salju di Sa Pa Vietnam mencapai minus 2 derajat celcius. Salju biasanya turun pada akhir Desember atau awal Januari. Intensitas turunnya bisa cukup lebat hingga menutupi daratan dengan lapisan putih tebal. 

Pemandangan pada kawasan ini sangat indah dan menarik bagi banyak wisatawan. Biasanya akan bertahan hingga Februari atau Maret. Untuk ketebalannya sendiri bisa mencapai 5-30 cm. Tergantung curah hujan salju setiap tahunnya. 

Menutupi atap rumah, pohon-pohon dan daratan. Fenomena ini cukup langka di Vietnam, mengingat sebagian besar beriklim tropis. Karena itu, banyak wisatawan lokal maupun mancanegara berkunjung untuk menyaksikan maupun menikmati pemandangan tersebut, 

Beberapa Alasan Salju Bisa Turun di Sa Pa

Beberapa Alasan Salju Bisa Turun di Sa Pa
Beberapa Alasan Salju Bisa Turun di Sa Pa

Salju di Sa Pa Vietnam adalah peristiwa langka serta istimewa. Ketika fenomena ini terjadi seringkali mengejutkan masyarakat dan menjadi daya tarik bagi wisatawan. 

Dalam beberapa tahun terakhir, terdapat beberapa laporan mengenai fenomena ini namun frekuensi dan jumlahnya bervariasi dari tahun ke tahun. Selain itu, berikut beberapa alasan mengenai mengapa fenomena ini bisa terjadi. 

Letak Geografis dan Ketinggian

Berada di ketinggian 1.500 mdpl, ini menyebabkan suhu udara kawasan ini jauh lebih rendah daripada daerah lain. Dimana umumnya, Vietnam berada di dataran rendah. Ketinggian yang cukup tinggi memungkinkan turunnya salju. 

Musim Dingin dan Turunnya Suhu

Pada musim dingin sekitar bulan November hingga Maret, suhu rata-rata harian berkisar antara 5-15 derajat Celcius. Suhu terendah mencapai -2 derajat Celcius. Suhu udara yang rendah ini memicu terbentuknya kristal es atau salju di atas awan. 

Terletak Dekat Pegunungan

Fenomena salju di Sa Pa Vietnam dapat dipengaruhi oleh kondisi secara geografis. Pegunungan Hoang Lien Son berada sekitar kawasan yang membuat udara dingin serta lembab. Udara dingin dan lembab tersebut berhembus ke Sa Pa. 

Hal tersebut membuat suhu setempat semakin rendah mendukung turunnya salju. Letaknya yang dekat pegunungan bisa menjadi salah faktor utama dari fenomena. 

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini