Salju di Sa Pa Vietnam Fenomena Langka Negara Iklim Tropis

Musim Dingin Pada Bumi Utara

Kawasan ini terletak di belahan bumi utara yang memiliki musim dingin. Pada saat musim dingin, sinar matahari berkurang sehingga suhu menurun drastis. Hal ini memicu terbentuknya butiran-butiran salju. 

Faktor Lokal

Turunnya salju di Sa Pa Vietnam, bisa juga karena pengaruh dari faktor lokal seperti udara dingin dari Pegunungan Fan Si Pan. Pegunungan ini mengapit kawasan juga berperan memberikan udara dingin sehingga memungkinkan salju di negara tropis. 

Sejarah Fenomena Salju di Vietnam

Sejarah Fenomena Salju di Vietnam
Sejarah Fenomena Salju di Vietnam

Berdasarkan catatan historis, fenomena ini telah mulai terjadi secara teratur sejak akhir dekade 1980-an. Turunnya salju sudah menjadi kejadian wajar yang terjadi saat musim dingin di kota pegunungan ini. 

Biasanya turun pada akhir Desember atau awal Januari. Kemudian akan terus muncul hingga Februari atau Maret. Rata-rata curah sekitar 50-100 cm per musim. Pernah tercatat curah mencapai 120 cm pada 2016. 

Desember 1913

Fenomena pertama kali tercatat pada tahun 1913, namun baru menjadi reguler dan rutin terjadi setiap tahun sejak akhir dekade 1980-an. Pada Desember 1923 fenomena pertama tercatat dan dianggap sebagai peristiwa langka mengingat Vietnam beriklim tropis. 

Tahun 1939 dan 1954

Salju di Sa Pa Vietnam kembali turun. Hal tersebut membuat kota tertutupi es tebal selama 4 hari berturut-turut. Pada 1954, kembali turun pada penghujung tahun 1954. 

Dekade 1960-1970-an

Frekuensi turunnya sangat langka dan acak pada kurun waktu tersebut. Sehingga tidak ada catatan pasti akan fenomena ini. 

Tahun 1980 an

Pada tahun 1985 salju tipis turun 2 kali pada bulan Februari dan Desember. Sementara di tahun 1987, lapisan es tebal pada 23 Desember menandai awal konsistensi fenomena langka ini. 

Akhir Dekade 1980 an

Turunnya kristal es menjadi fenomena meteorologi yang rutin terjadi setiap tahun hingga saat ini. Hal ini membuatnya menjadi salah satu tujuan wisata paling banyak dicari di Vietnam. 

Baca juga: Wisata Pulau Jeju Korea, Berikut Rekomendasi Destinasi yang Wajib Dikunjungi

Sebagai salah satu kota yang terletak di provinsi Lao Cai, utara Vietnam, Sa Pa memiliki keadaan geografis yang sangat menarik. Membuat kawasan menjadi salah satu tujuan wisata paling banyak dikunjungi di Vietnam. 

Fenomena ini menjadi sesuatu yang cukup menarik dan unik. Terlebih negara ini merupakan negara dengan iklim tropis yang membuat salju di Sa Pa Vietnam sebagai peristiwa langka. 

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini