Ini Dia Manfaat Sayur Jantung Pisang yang Harus Diketahui

Belakangan banyak orang yang menanyakan manfaat dari sayur jantung pisang. Tidak hanya buahnya saja, setiap bagian dari pohon pisang, mulai dari kulit hingga jantungnya, dapat memberikan manfaat bagi kesehatan.

Baca juga : Labu Siam Kuah Santan Hidangan Lezat dengan Kaya Manfaat

Sayangnya, jantung pisang sering dibuang karena dianggap tidak berguna. Faktanya ada banyak manfaat jantung pisang yang bisa didapat melalui sejumlah resep masakan yang enak.

Jantung pisang merupakan cikal bakal buah pisang. Komponen pohon pisang ini memiliki kulit luar berwarna merah tua, daging buah berwarna putih kekuningan di dalamnya, dan bunga pisang di atasnya.

13 Manfaat Sayur Jantung Pisang

Satu jantung pisang mengandung berbagai unsur penting, antara lain kalium, vitamin A, vitamin C, vitamin E, mineral, asam lemak, asam amino esensial dan non esensial.

Selain itu, jantung pisang, terutama bunganya, mengandung antioksidan konsentrasi tinggi seperti polifenol, flavonoid, dan antosianin. Kandungan mineral dan antioksidan pada jantung pisang memberikan berbagai manfaat, di antaranya adalah:

Membantu Mengontrol Kadar Gula Darah

Sayur jantung pisang memiliki indeks glikemik yang rendah sehingga tidak akan meningkatkan kadar gula darah secara signifikan ketika dikonsumsi.

Selain itu, jantung pisang mengandung serat yang tinggi, yang dapat menurunkan penyerapan gula di usus.

Konsentrasi serat ini juga disarankan untuk meningkatkan fungsi hormon insulin, menurunkan kadar kolesterol, dan membantu pasien diabetes tipe 2 yang kelebihan berat badan.

Melancarkan Pencernaan

Serat pada jantung pisang didominasi oleh serat tidak larut air. Jenis serat ini dikenal sangat bermanfaat untuk kesehatan pencernaan. Serat ini juga dapat membantu kalian terhindar dari masalah pencernaan seperti sembelit, maag, wasir, dan radang usus.

Mencegah Kanker

Antioksidan dalam sayur jantung pisang sangat penting dalam melindungi sel-sel dalam tubuh dari efek radikal bebas yang merusak. Paparan radikal bebas dalam jangka panjang dapat meningkatkan risiko berbagai penyakit kronis, termasuk kanker.

Jantung pisang juga dikenal memiliki sifat antiradang dan antitumor, menurunkan risiko pertumbuhan dan penyebaran tumor. 

Manfaat jantung pisang ini telah dibuktikan dalam penelitian tentang tumor jinak prostat (BPH), namun masih diperlukan penelitian lebih lanjut.

Mencegah Penuaan Dini

Kandungan vitamin E yang tinggi pada jantung pisang juga bermanfaat untuk kesehatan kulit. Vitamin E telah terbukti meminimalkan kerusakan radikal bebas pada sel manusia yang sehat, memperlambat proses penuaan sel, dan mengurangi kerutan di wajah.

Selain mencegah penuaan dini, vitamin E juga dapat membantu tubuh mempertahankan ketahanannya terhadap infeksi virus dan bakteri.

Mengatasi Masalah Menstruasi

Sayur jantung pisang juga dapat membantu wanita yang menderita masalah menstruasi. 

Jantung pisang dikenal dapat menurunkan kadar prostaglandin, yang dapat membantu mengatasi rasa sakit dan pendarahan hebat saat menstruasi, juga dikenal sebagai menorrhagia.

Tidak hanya itu, jantung pisang dianggap sangat baik untuk menjaga berat badan yang sesuai, kesehatan mata, dan mencegah penyakit jantung. Meskipun demikian, beberapa manfaat jantung pisang memerlukan penelitian lebih lanjut.

Setelah membaca berbagai manfaat diatas, kalian jadi paham bahwa ada banyak keuntungan mengonsumsi jantung pisang yang terlalu bagus untuk dilewatkan. Alhasil, tak ada salahnya memasukkan jantung pisang ke dalam resep istimewa di meja makan.

Mencegah Infeksi

Manfaat lain dari mengonsumsi sayur jantung pisang selanjutnya adalah membantu mencegah infeksi, terutama infeksi bakteri. Jantung pisang mengandung etanol, yang membantu mencegah pertumbuhan mikroorganisme patogen.

Bakteri patogen yang tumbuh di dalam tubuh dapat merusak sistem kekebalan tubuh dan menimbulkan berbagai gangguan. Mengonsumsi jantung pisang juga dapat membantu mempercepat penyembuhan luka akibat infeksi bakteri.

Menurunkan Berat Badan

Karena kandungan seratnya yang tinggi, jantung pisang dapat membantu menurunkan berat badan. Hal ini juga dinyatakan dalam penelitian yang diterbitkan dalam The Journal of Nutrition, yang mengklaim bahwa serat dapat membantu penurunan berat badan.

Mengonsumsi berbagai makanan kaya serat, seperti jantung pisang, dapat membantu pencernaan dengan cara mengikat kolesterol dan lemak untuk dikeluarkan tubuh melalui feses. 

Jika kalian ingin makan jantung pisang sebagai bagian dari diet penurunan berat badan, tambahkan ke dalam salad atau sup.

Mengurangi Komplikasi Diabetes

Manfaat sayur jantung pisang untuk tujuan kesehatan lainnya adalah untuk meminimalkan masalah diabetes. 

Kombinasi jantung pisang dan batang semu (bagian tengah batang pisang) dapat membantu meminimalkan kejadian hiperglikemia dan masalah diabetes lainnya seperti neuropati diabetik.

Kalian juga bisa mengambil ekstrak jantung pisang untuk mendapatkan manfaat khususnya. Maka dari itu, tak ada salahnya memasukkannya ke dalam menu harian sebagai sumber nutrisi.

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini