Ini Dia Manfaat Sayur Jantung Pisang yang Harus Diketahui

Mengatasi Infeksi Kulit

Mengatasi infeksi kulit merupakan salah satu manfaat dari sayur jantung pisang. Seperti yang kita tahu, jantung pisang mengandung etanol, yang merupakan antibakteri dan telah digunakan selama ribuan tahun untuk mengobati penyakit seperti luka dan infeksi kulit.

Selanjutnya, jantung pisang memiliki kemampuan untuk memerangi penyakit malaria. Sekali lagi, karena komponen etanol, dapat meminimalkan kemungkinan penularan penyakit parasit. Etanol bahkan dapat membantu membunuh mikroorganisme.

Menyehatkan Jantung

Khasiat jantung pisang dikatakan mampu menjaga kesehatan jantung karena kadar potasiumnya yang tinggi.

Kalium merupakan mineral yang dapat berfungsi sebagai penangkal garam dalam tubuh, sehingga bermanfaat untuk mengontrol tekanan darah. Tekanan darah tinggi harus dipahami sebagai faktor risiko penyakit jantung.

Mengurangi Pembesaran Prostat

Sayur jantung pisang juga dapat membantu mencegah pembesaran prostat. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal In Vivo, kemampuan anti-inflamasi dari ekstrak bunga pisang dapat mengecilkan ukuran kelenjar prostat yang membesar.

Beberapa spesialis percaya bahwa komponen asam sitrat dan asam amino bunga pisang bertanggung jawab atas efek ini. Namun, lebih banyak studi manusia diperlukan untuk mendukung kesimpulan dari penelitian sebelumnya.

Mengatasi Anemia

Konsumsi jantung pisang diduga berpotensi meningkatkan kadar hemoglobin dalam tubuh. 

Kandungan serat dan zat besi pada jantung pisang dapat membantu pembentukan sel darah merah sehingga dapat meredakan gejala anemia. Namun, penelitian tambahan masih diperlukan.

Terlepas dari hal itu, sangat penting untuk mengonsumsi makanan bergizi untuk memenuhi kebutuhan gizi dan menghindari anemia.

Meningkatkan Laktasi

Jantung pisang sangat bermanfaat bagi ibu menyusui. Manfaat jantung pisang juga diduga dapat membantu kesehatan ibu hamil. Jantung pisang dapat dicampur dengan bumbu untuk hasil terbaik.

Baca juga : Mengenal Sayur Tauge dan Aneka Variasi Masakannya

Karenanya, sangat penting untuk memasukkan berbagai makanan bergizi ke dalam menu sehat kalian. Namun perlu diingat, selain sayur jantung pisang, masih banyak makanan lain yang bisa memberikan manfaat bagi kesehatan.

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini