Sederet Manfaat Kurma yang Wajib Kalian Konsumsi di Rumah

Primaradio.co.id – Sederet manfaat kurma seringkali menjadi buruan masyarakat di pasaran karena kurma sendiri merupakan buah favorit di kalangan masyarakat. Terlebih pada saat bulan Ramadhan, buah ini banyak terlihat di pasaran lebih dari hari biasanya.

Baca Juga : Inilah Bisnis Olahan Kurma yang Sangat Menjanjikan

Meskipun kurma sendiri bukan merupakan buah yang berasal di Indonesia, namun penyebarannya cukup besar di Indonesia. Hal tersebut karena kurma sendiri merupakan buah yang sangat diminati oleh semua kalangan, sehingga kerap mengandalkan import.

Secara umum buah kurma sendiri memang lebih sering ada pada saat bulan Ramadhan, namun buah ini tetap tersedia apabila kalian pergi ke supermarket. Buah ini memang memiliki rasa khas yang sangat manis, sehingga mampu memberikan cita rasa begitu kaya.

Tidak seperti buah pada umumnya, kurma sendiri merupakan buah yang sangat awet karena tergolong buah kering. Apabila secara umumnya buah-buah lainnya memiliki banyak kandungan air, maka  untuk buah kurma kebalikan dari buah lainnya tersebut.

Ternyata di balik kelezatan dari cita rasanya, ada sederet manfaat kurma yang perlu kalian ketahui. Meskipun buah ini hanya memiliki ukuran kecil, namun dari ukurannya termasuk kandungan gizi didalamnya begitu besar.

Asal muasal dari kurma sendiri berasal dari daerah timur tengah, di mana untuk mengonsumsinya melewati beberapa tahapan proses. Jadi, setelah mengambil kurma dari pohonnya, harus ada pengolahan terlebih dahulu agar bisa layak makan.

Rasa manis dari kurma sendiri sangat alami karena hidupnya berasal dari tanah tandus. Itulah sebabnya kurma merupakan buah kering berbeda dari jenis buah-buah lainnya. Namun, sekarang sudah banyak minuman mengekstrak buah ini ke dalamnya.

8 Manfaat Kurma Apa Saja?

Apabila kalian gemar menikmati rasa manis dari buah kurma, sudah semestinya perlu mengetahui apa saja manfaat dari buah tersebut apabila mengonsumsinya secara rutin. Untuk beberapa manfaat tersebut, bisa kalian lihat informasinya sebagai berikut.

Mencukupi Gizi

Setiap tubuh manusia pastinya membutuhkan gizi yang cukup untuk membuatnya tetap sehat, sedangkan hal tersebut berhubungan dengan makanannya sehari-hari. Ternyata sederet manfaat kurma salah satunya yaitu mampu mencukupi gizi.

Bahkan lebih menariknya lagi buah kurma mampu mengungguli beberapa makanan lain dengan kandungan serupa seperti kismis dan buah ara. Sebagian besar kandungan yang menyehatkan tubuh tersebut berasal dari karbohidrat.

Selain karbohidrat, di mana kurma juga terdapat kandungan protein untuk membentuk tubuh. Belum lagi masih ada kandungan vitamin serta mineral, di mana kedua kandungan tersebut mampu meningkatkan daya tahan tubuh agar tetap sehat.

Menjaga Sistem Pencernaan

Salah satu sederet manfaat kurma berikutnya yaitu sebagai makanan untuk menjaga sistem pencernaan agar lebih sehat. Hal tersebut karena kurma sendiri merupakan buah dengan kandungan serat yang tinggi.

Dengan kandungan yang terdapat pada kurma mampu memberikan pencegahan terhadap konstipasi serta berfungsi untuk membuat gerak usus besar menjadi lebih teratur. Khusus dalam pembentukan feses pada manusia.

Pencegah Penyakit Kronis

Berikutnya sederet manfaat kurma adalah mampu menjadi makanan yang mencegah penyakit kronis. Tentu saja, beberapa penyakit kronis tersebut kerap menjadi momok menakutkan untuk para orang tua karena sulit mendapatkan pengobatan.

Namun, sebelum masalah tersebut muncul, maka ada baiknya untuk melakukan pencegahan sejak awal, terlebih kurma sendiri merupakan buah yang lezat. Jadi, tidak ada salahnya menjadikan buah kurma sebagai buah wajib konsumsi di rumah.

Beberapa pencegahan yang bisa memanfaatkan kurma sebagai buah konsumsi yaitu antara lain lain mencegah penyakit gangguan jantung, kanker, diabetes, bahkan alzheimer. Hal tersebut karena adanya kandungan antioksidan yang tinggi.

Sebagai Pengganti Gula Pasir

Terlalu banyak mengonsumsi gula pasir secara berlebih tentunya hanya akan berdampak negatif pada tubuh. Akan tetapi, makanan dan minuman manis menjadi salah satu konsumsi favorit pada masyarakat yang sulit hilang.

Oleh sebab itu, kurma bisa menjadi salah satu solusi untuk mengatasi kecenderungan masyarakat dalam mengonsumsi makanan atau minuman manis tersebut. Salah satu dari sederet manfaat kurma adalah sebagai pengganti gula pasir.

Meskipun dari segi rasa, kurma sendiri merupakan buah yang sangat manis untuk dikonsumsi, namun adanya kandungan antioksidan membuat kandungannya berimbang. Dengan begitu, para penderita diabetes yang ketagihan makanan dan minuman manis bisa gunakan solusi ini.

Mengembalikan Elektrolit

Selanjutnya, salah satu dari sederet manfaat kurma yang wajib kalian tahu yaitu sebagai makanan untuk mengembalikan elektrolit. Tidak dapat dipungkiri bahwa ada waktu-waktu tertentu yang membuat elektronik tersebut hilang dari tubuh.

Namun, dengan mengonsumsi makanan dengan kandungan potasium seperti kurma mampu mengembalikannya dalam keadaan semula. Dengan begitu, tubuh akan lebih kuat dan mudah dalam pembentukan otot.

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini