Sejarah Penemuan Pesawat Terbang Perlu Kalian Ketahui

Monoplane (Sekitar Tahun 1790-an)

Setelah percobaan “Terbang lebih ringan dari udara” Tanpa sayap, para ilmuwan mulai mempertimbangkan kembali penggunaan sayap. Pada akhir abad ke-18, Sir George Cayley, seorang penjelajah Inggris, menciptakan pesawat terbang dasar dan prinsip pengoperasiannya. 

George Cayley menciptakan pesawat modern, selain itu William Samuel Henson dan John Stringfellow, dua ilmuwan juga bekerja sama menyempurnakan penggunaan sayap. Pada tahun 1840, mereka mengembangkan mesin penerbangan bertenaga uap bersayap tunggal. Dari sinilah sejarah penemuan pesawat terbang mulai terbentuk semakin sempurna.

Biplane (1903)

Orville dan Wilbur Wright dua bersaudara dari Amerika Serikat juga menciptakan pesawat dua bilah dengan mesin 12 hp. Ini dikenal sebagai selebaran. Pada 17 Desember 1903, Wright mengundang media dan masyarakat umum untuk melakukan uji terbang di Bukit Kitty Hawk. 

Pesawat bisa terbang di ketinggian 36 meter selama 12 detik dengan pilot beristirahat di bawah sayap. Pencapaian ini dianggap sebagai momen yang menentukan dalam sejarah penemuan pesawat terbang berawak dan tak berawak.

Fixed Wing (1904)

Di Jerman pada tahun 1904 telah menemukan tentang sebuah studi konsep sayap tetap pesawat kontemporer. Studi Profesor Ludwig Prandtl dianggap sebagai titik balik dalam dinamika (ilmu gesekan udara dalam benda padat). 

Pesawat sayap tetap dapat terbang tanpa sayap karena kemampuan untuk menyeimbangkan gesekan udara. Teknologi ini meningkatkan daya angkat pesawat.

Hydravion, Fabre (1910)

Pada tahun 1910, sebuah pesawat bersayap tunggal mendarat di permukaan air untuk pertama kalinya dalam sejarah penemuan pesawat terbang. Pesawat itu bernama seperti pembuatnya, Fabre Hydravion. Bersamaan dengan itu, Andre Billing meluncurkan mesin simulasi pesawat pertama.

Boeing 247 (1933)

Menyusul berakhirnya Perang Dunia I, teknologi penerbangan, khususnya pesawat yang dapat menampung dua penumpang atau lebih, berkembang pesat. 

Pada tahun 1933, Boeing, produsen pesawat Amerika, memperkenalkan pesawat komersial pertama. Pesawat ini membutuhkan dua pilot untuk terbang dan mendarat dan memiliki dua mesin dan satu sayap. 

Baca juga: Berapa Kecepatan Orbit Satelit di Atas Bumi? Ini Jawabannya!

Demikian penjelasan sejarah penemuan pesawat terbang dan evolusinya. Dapat kami simpulkan jika adanya pesawat terbang membutuhkan beberapa penemu sampai menghasilkan burung besi yang sempurna untuk mengantarkan kalian ke tempat tujuan dengan waktu yang cepat dan aman.

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini