Fungsi dan Jenis-Jenis Server dalam Jaringan Komputer 

Primaradio.co.id – Jenis-jenis server dalam jaringan komputer ternyata ada banyak yang harus kamu tahu, namun sebelum pada pembahasan itu alangkah lebih baik jika kamu tahu terlebih dahulu ada apa saja lingkup server dan jaringan komputer. Perlu kamu tahu bahwa, setiap perusahaan tentu saja di zaman sekarang ini sudah menggunakan sistem IT, bahkan tidak hanya dalam perusahaan yang besar saja, perusahaan yang kecil pun akan tetap membutuhkan sistem IT tersebut yang juga memakai server.

Baca juga: Cara Hack WA Jarak Jauh 2023 Anti Gagal Tanpa Scan Barcode

Maka tidak heran jika saja sudah tidak asing mendengar istilah server tersebut. Bagi kamu yang masih awam mengenai hal ini maka bisa perhatikan artikel ini. Sebelum pada jenis-jenis server dalam jaringan komputer, harus kamu tahu dulu server. Server adalah sistem dari komputer yang berfungsi supaya bisa memberikan layanan. Tidak hanya itu saja, server juga memiliki batas dan kendali akan akses client dalam suatu jaringan komputer.

Pada umumnya komputer yang memiliki tindakan sebagai komputer client. Maka, suatu komputer server harus punya spesifikasi yang unggul dari segala aspek software dan juga hardware nya sendiri. Maka dari itu, bagi masing-masing pengusaha pastinya ingin mengembangkan bisnisnya dengan pesat, dan cara yang bisa dilakukan adalah dengan punya jenis-jenis server dalam jaringan komputer, karena pasti punya website khusus bisnis atau hal lain yang dimiliki.

Berbagai Jenis-Jenis Server dalam Jaringan Komputer yang Bisa Dimanfaatkan 

Setelah kamu sudah tahu sedikit tentang server, maka sekarang kamu harus tahu apa saja jenis-jenis server dalam jaringan komputer yang dapat dimanfaatkan. Sebagaimana yang sudah kamu ketahui secara singkat bahwa dengan adanya website perusahaan maka kamu bisa berupaya dalam menjangkau calon pembeli/konsumen dan audiens yang lebih berpotensi tinggi. Selain itu, dalam bisnis menggunakan website juga bisa jadi lebih profesional dan terkesan memiliki pengalaman. Maka dari itu, pihak klien pun akan jadi memiliki ketertarikan untuk menjalin kerja sama.

Tidak hanya itu saja, adapun konsumen akan langsung menghubungi perusahaan/bisnis kamu dengan mudah dan tidak ada keraguan untuk membeli produk atau menggunakan jasa yang kamu tawarkan tersebut dalam website. Kamu juga harus tahu bahwa sudah ada cukup banyak jenis-jenis server dalam jaringan komputer yang bisa kamu manfaatkan sesuai dengan kebutuhan dari bisnis.

Saat ingin mengupayakan website yang mudah menjangkau konsumen, maka kamu juga harus menggunakan serta memiliki domain dan juga server yang jadi lebih mudah sesuka hati dalam situs. Maka, agar kamu jadi lebih mudah memahami, berikut ini jenis-jenis server dalam jaringan komputer yang memiliki manfaat, simak yuk!

  1. Streaming Media Server
Fungsi dan Jenis-Jenis Server dalam Jaringan Komputer 

Pertama adalah jenis layanan servis streaming pada data media. Sebagai contoh adalah musik dan juga video. Servis yang dimaksud ini adalah bisa akses suatu konten dan tidak harus diunduh terlebih dahulu.

  1. Web Server

Kemudian dari jenis server Web Server yang merupakan software yang dipasang dalam server yang memiliki manfaat untuk memberikan layanan permintaan data. Dalam hal ini menggunakan protokol Http dan Https yang bisa diakses dengan memakai browser.

Kemudian pada cara kerja yang satu ini juga mudah karena dengan mengirim konten juga akan kembali ke bentuk gambar, ada tulisan, dan ada juga bentuk yang lainnya. Selanjutnya akan ada dalam tampilan browser.

  1. File Server
Fungsi dan Jenis-Jenis Server dalam Jaringan Komputer 

File Server merupakan server yang dimanfaatkan untuk simpan file-file. Jenis dari server yang satu ini tentu saja punya manfaat, yakni dapat dirasakan dalam manajemen dokumen yang ada. Jika menggunakan file server, maka kamu dan juga semua pelaku bisnis seperti karyawan yang terlibat jadi bisa mudah melakukan akses dokumen.

Bahkan akan jadi mudah dalam menukar berbagai file yang aksesnya bisa kapan saja dan dimana saja. Dari file server, maka akan memudahkan perusahaan atau bisnis kamu jadi mudah dalam kolaborasi jadi lebih baik, mulai dari sisi yang internal dan juga yang sisi eksternalnya.

Tidak hanya itu saja, namun menggunakan file server juga bisa kamu jadikan untuk menyimpan data dengan aman dan ada di pusatnya. Jika sudah begitu, maka kamu tidak harus merasa cemas dengan aman atau tidaknya data yang sudah kamu simpan itu sendiri.

  1. File Transfer Protocol Server

FTP server merupakan pengertian dan juga merupakan jenis berbagai server yang ada di dunia komputer urutan yang ketiga di dunia. Maka server ini punya protokol FTP yang bisa dimanfaatkan sebagai protokol untuk melakukan suatu transfer data.

  1. Mail Server

Jenis dari server dalam jaringan komputer selanjutnya yang bisa kamu ketahui adalah Mail Server yang merupakan pelayanan untuk memberikan layanan kepada client khususnya untuk kirim surat. Surat yang dimaksudkan adalah surat yang disimpan dalam suatu server

Tidak hanya sekedar menyediakan layanan saja untuk kirim mengirim surat namun, Mail Server ini juga memiliki fasilitas pelengkap. Sebagai contohnya web interface yakni layanan yang bisa memudahkan pengguna atau client dalam menuliskan surat milik client.

  1. Proxy Server

Jenis dari server Proxy sendiri memiliki fungsi dalam komputer lainnya agar menjalankan suatu permintaan jadi lebih mudah. Dalam konten yang ada di internet dan intranet itu sendiri.

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini