Sistem Pencernaan Manusia dan Fungsinya Bagi Tubuh

Primaradio.co.id – Sistem pencernaan manusia merupakan salah satu sistem paling penting tubuh yang bertugas untuk mengolah makanan menjadi nutrisi penting. Yang dapat diserap serta digunakan oleh tubuh untuk beraktivitas.

Baca Juga : Ketahui Manfaat Diet Mediterania agar Hidup Lebih Sehat

Proses ini melibatkan serangkaian organ dan struktur yang bekerja bersama untuk mencerna makanan dan menyerap zat-zat yang diperlukan. Lalu membuang zat zat tidak diperlukan oleh tubuh.

Dalam artikel ini, kita akan membahas secara mendalam tentang anatomi sistem pencernaan manusia beserta fungsinya, berbagai gangguan atau penyakit yang dapat memengaruhinya, serta cara menjaga kesehatan secara tepat.

Dengan harapan agar kalian semuanya bisa lebih memahami tubuh dan mampu hidup lebih sehat. Sebab kita bisa hidup tentu karena peran daripada sistem cerna yang mencerna sumber makanan.

Sekilas Mengenai Sistem Pencernaan Manusia

Sistem kali ini akan dimulai dari mulut dan berakhir pada anus. Proses akan mulai begitu makanan masuk ke dalam mulut, dimana makanan akan terurai secara fisik serta kimiawi oleh enzim-enzim di dalamnya. 

Kemudian, makanan bergerak melalui kerongkongan lalu masuk ke dalam lambung, tempat di mana pencernaan kimiawi lanjutan terjadi. Setelah itu, makanan akan masuk ke tahap selanjutnya di usus halus.

Ini merupakan tempat sistem pencernaan manusia utama, dimana penyerapan nutrisi berlangsung. Sehingga jika sampai terjadi gangguan di dalam usus, akan memengaruhi kesehatan seseorang alias usus perannya vital.

Akhirnya, sisa-sisa yang tidak tercerna akan bergerak ke usus besar dan akhirnya dikeluarkan melalui anus. Sisa sisa pencernaan tersebut kerap kalian keluarkan saat buang air besar serta kecil.

Mengenal Anatomi Sistem Pencernaan Manusia dan Fungsinya

Sesudah mengenal sekilas mengenai bagaimana proses pencernaan berlangsung, tentu saja akan lebih afdol jika kalian mengetahui bagaimana fungsi daripada setiap organ yang berperan dalam sistem ini.

Di mulai dari mulut sampai anus, memiliki fungsi masing-masing yang tentu saja berperan vital sesuai dengan perannya. Mari masuk bersama sama ke dalam kajian tersebut lebih dalam lagi.

Mulut serta Gigi

Mulut adalah titik awal dari sistem pencernaan manusia. Di sinilah makanan dicerna secara fisik melalui pengunyahan dan secara kimiawi melalui enzim-enzim seperti amilase saliva yang mulai mencerna karbohidrat.

Kerongkongan

Setelah makanan dikunyah pada mulut serta gigi lalu tercampur dengan air liur, makanan bergerak melalui kerongkongan menuju lambung melalui proses peristaltik.

Lambung

Di lambung, makanan akan tercerna lebih lanjut oleh asam lambung plus enzim pencernaan, terutama pepsin, untuk membentuk chyme, campuran makanan yang tercerna.

Usus Halus

Bagian terpanjang dari sistem pencernaan manusia, usus halus terdiri dari tiga bagian. Usus dua belas jari, dan bagian usus lainnya. Di sini, nutrisi seperti protein, karbohidrat, dan lemak dipecah dan diserap ke dalam aliran darah.

Lalu sisa dari makanan akan dibuang agar tidak merugikan tubuh, tentu saja sudah terjadi proses seleksi secara otomatis oleh tubuh lalu berlanjut ke dalam usus besar.

Usus Besar

Usus besar bertanggung jawab untuk menyerap air serta elektrolit dari sisa-sisa pencernaan, membentuk feses, dan mempertahankan keseimbangan cairan dalam tubuh agar tidak sampai mengalami kondisi bernama dehidrasi.

Hati dan Pankreas

Hati menghasilkan empedu yang tersimpan di dalam kantong empedu lalu kemudian lepas ke usus untuk membantu pencernaan lemak. Pankreas menghasilkan enzim khusus yang bertugas mengurusi pencernaan protein, karbohidrat, dan lemak.

Semua organ tersebut bekerja setiap hari demi memenuhi kebutuhan energi serta nutrisi tubuh. Jadi wajar jika terjadi gangguan atau penyakit yang menyebabkan kinerjanya melemah, terkhusus jika tidak terawat dengan baik.

5 Macam Gangguan atau Penyakit Pencernaan

Menyambung dari pembahasan sebelumnya yang mana memang wajar untuk terjadi gangguan jika tidak terawat dengan baik, apa saja kemungkinan gangguan yang akan terjadi pada tubuh manusia. Berikut beberapa kemungkinannya:

Asam Lambung Berlebihan (Hiperasiditas)

Produksi asam lambung berlebihan pada tubuh bisa saja menyebabkan gangguan seperti tukak lambung dan refluks asam, bahkan juga GERD.

Sindrom Usus Iritabel (IBS)

Gangguan fungsi sistem pencernaan manusia usus yang menyebabkan gejala seperti kembung, nyeri perut, serta gangguan pola buang air besar.

Gastritis

Peradangan pada dinding lambung, yang bisa disebabkan oleh infeksi bakteri atau faktor lainnya. Tentu saja ini akan membuat tubuh kalian mengalami rasa sakit bagian perut.

Kanker Pencernaan

Termasuk kanker esofagus, lambung, usus halus, dan kolorektal. Dapat terjadi akibat faktor genetik dan gaya hidup. Sehingga tidak selalu yang akan menderita adalah seorang dengan keturunan genetik.

Sembelit dan Diare

Gangguan pencernaan umum yang melibatkan ketidaknormalan dalam frekuensi dan konsistensi tinja. Sembelit adalah kondisi di mana susah buang air besar, sedangkan diare malah sebaliknya yang sama sama menyiksa tubuh.

Cara Menjaga Kesehatan Sistem dari Pencernaan

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini