Sistem Reproduksi Manusia Beserta Fungsi dan Tips Merawatnya

Primaradio.co.idBelajar sistem reproduksi manusia ternyata penting karena berhubungan dengan perkembangbiakan. Apalagi menjadi proses biologis individu demi menghasilkan individu baru. Pastinya tercakup pada sistem tubuh manusia tersebut.

Baca juga : Fungsi Enzim Lipase pada Tubuh Manusia

Jika memperhatikan antara pria dan wanita tentu memiliki perbedaan besar. Tapi tetap berkaitan erat dengan berbagai organ seksual pada tubuh. Tentu akan kalian jadikan sebagai sarana berkembang biak atau bereproduksi.

Sebenarnya banyak orang yang menyebutnya juga sebagai alat kelamin. Meski begitu jangan salah kalau ternyata bukan hanya bagian terlihat yang menjadi bagiannya. Melainkan bagian dalamnya masih terdapat banyak sistem lainnya.

5 Sistem Reproduksi Manusia Laki-laki dan Fungsinya

5 Sistem Reproduksi Manusia Laki-laki dan Fungsinya
5 Sistem Reproduksi Manusia Laki-laki dan Fungsinya

Untuk reproduksi pada laki-laki tentunya terdapat bagian luar dan dalamnya. Bagian tersebut memiliki fungsi atau kegunaan masing-masing tapi cukup vital. Khusus pada anatomi bisa mengklasifikasikan pada beberapa bagian penting.

Penis

Dalam sistem reproduksi manusia, penis mungkin menjadi bagian paling banyak kalian ketahui. Bagian ini berupa pangkal, batang dan kelapa. Umumnya mengalami pertumbuhan maksimal apabila sedang masuk dalam masa pubertas remaja.

Pada bagian ujung kepala penis memiliki uretra sebagai saluran keluarnya urine. Tapi berguna juga untuk mengeluarkan sperma apabila mengalami orgasme. Penis memiliki korpus kavernosum yang mempengaruhi menjadi kaku atau ereksi.

Testis

Testis adalah organ oval pada kantung bersebelahan kanan dan kiri. Fungsinya yakni sebagai tempat memproduksi hingga menyimpan sperma. Selain itu punya manfaat membuat hormon testosteron sehingga bisa menghasilkan sel sperma.

Skrotum

Bagian skrotum yakni kantong kulit longgar yang letaknya pada belakang penis. Tentu ada sepasang organ serta kelenjar bernama testis. Tentunya akan melindungi testis sehingga fungsinya menghasilkan sperma dapat berjalan normal.

Alat Bagian Dalam

Kalian bisa menemukan alat bagian dalam pada sistem reproduksi manusia pria. Terdapat organ vas deferens, vesikula seminalis hingga saluran ejakulasi. Bagian dalam juga terdiri dari uretra, kelenjar prostat dan bulbouretral.

Epididimis

Epididimis menjadi saluran yang letaknya pada belakang testis. Manfaatnya yakni membawa sperma dari testis untuk membawa sampai vas deferens sebagai penyalur. Kemudian sperma tersebut akan keluar dari bagian uretra penis.

Pentingnya Menjaga Kesehatan Reproduksi Laki-laki

Merawat sistem reproduksi manusia terbilang penting untuk mengetahui dan mempelajarinya. Apalagi fungsinya penting untuk menentukan masa depan. Khususnya apabila ingin melakukan pengembangbiakan dan memiliki keturunan.

Walau banyak yang meremehkan, organ kelamin pria sebenarnya membutuhkan perawatan. Terutama supaya terjaga kesehatannya dari berbagai masalah. Bahkan berpeluang untuk mengurangi risiko penyakit atau tidak berfungsi normal.

Cara merawat kesehatan alat kelamin pria yakni dengan mencuci setelah buang air kecil maupun besar. Banyak yang meremehkan dan menganggap tidak perlu melakukannya. Padahal penting karena mempengaruhi kesehatan organ kelamin.

Selain itu mempertahankan kesehatan sistem reproduksi manusia terbantu jika menghindari menahan kencing. Tidak masalah kalau dalam waktu singkat, tapi buruk jika lama. Terutama karena bisa menyebabkan infeksi saluran kencing.

Tips lainnya yakni dengan sering mengganti pakaian dalam dan menjaga tetap kering. Menghindari kelembapan pada celana dalam ternyata cukup krusial. Terutama supaya bisa menghindari jamur atau bakteri agar tidak berkembang.

Bagi pria, melakukan khitan dapat menjadi langkah awal yang bagus bagi kesehatan. Terlebih membantu menghilangkan kotoran pada area ujung kemaluan. Hal ini lebih mudah jika membandingkan tidak khitan pada penis.

5 Bagian Sistem Reproduksi Perempuan Lengkap

5 Bagian Sistem Reproduksi Perempuan Lengkap
5 Bagian Sistem Reproduksi Perempuan Lengkap

Sama halnya seperti organ kelamin laki-laki, perempuan memiliki sistem dan bagiannya tersendiri. Alhasil fungsi dari setiap bagian tersebut berbeda. Setiap bagian dalam organ kewanitaan punya keunikan atau fungsinya sendiri.

Vagina

Bagian sistem reproduksi manusia berupa vagina adalah saluran penghubung serviks menuju bagian luar tubuh. Letaknya yakni pada bagian belakang kandung kemih. Tapi sedikit lebih rendah jika membandingkan dengan rahim.

Fungsi vagina yakni menjadi jalan kelahiran bayi waktu menjalani persalinan. Artinya menjadi jalur akses sperma menuju rahim setelah berhubungan badan. Selain itu berfungsi sebagai tempat keluarnya darah waktu wanita menstruasi.

Vulva

Kalian bisa melihat langsung bagian vulva karena termasuk sebagai organ luar. Bagian tersebut termasuk dengan rambut atau mons pubis. Selain itu terdapat bukaan uretra, klitoris, labia mayora dan labia minora.

Rahim

Rahim adalah organ dengan rongga, letaknya yakni antara kandung kemih dengan dubur. Saat mengalami menstruasi, rahim berubah menebal terutama karena mempersiapkan kehamilan. Apabila ada pembuahan tentu menjadi tempat embrio.

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini