Keuntungan Menggunakan Stylus Pen pada Layar Touch Screen

Stylus pen merupakan alat yang berguna untuk mempermudah pengguna dalam mengusap layar touch screen computer, gadget dan perangkat lainnya termasuk tablet grafis.

Teknologi ini dapat berguna untuk semua perangkat yang menggunakan layar sentuh. Banyak orang yang meremehkan cara kerja dari stylus pen.

Padahal sebenarnya stylus pen ini memiliki beragam manfaat terutama dalam meningkatkan produktivitas saat kalian bekerja menggunakan smartphone atau gadget lainnya. 

Apa Pengertian dari Stylus Pen dan Fungsinya

Apa Pengertian dari Stylus Pen dan Fungsinya

Kehadiran touch screen atau layar sentuh di pasaran membuka pintu untuk memulai kehidupan modern. Penggunaan layar sentuh saat ini sudah bisa kalian temukan pada berbagai aktivitas seperti contohnya belakang kursi pesawat.

Saat pertama kali rilis layar sentuh resistif masih mengandalkan tekanan mekanis yang timbul dan membuat kontak berhasil. Oleh sebab itu pada awal kemunculan produsen juga banyak meluncurkan produk pena layar sentuh atau terkenal dengan sebutan stylus.

Pada awal kemunculannya stylus berfungsi untuk membuat sentuhan pada layar sentuh menjadi lebih presisi dan mempermudah penggunanya.

Tetapi saat ini layar sentuh resistif sudah ketinggalan zaman atau teknologi kuno dan tergantikan dengan layar kapasitif. Dengan munculkan layar kapasitif stylus pen juga mulai kehilangan pamornya.

Walaupun begitu stylus (stilus) masih memiliki manfaat yang banyak untuk pengguna touch screen. Pulpen stilus sendiri merupakan pena dengan bentuk khusus untuk penggunaan layar sentuh. 

Pada bagian ujungnya kalian akan melihat karet induktif atau plastic yang keras kapasitif sebagai pengganti ujung jari dan lebih presisi.

Cara kerja Stylus Pen pada Layar Sentuh Konduktif dan Resistif

Untuk mengetahui lebih jelas tentang fungsi dari pulpen stilus ini, kalian juga harus memahami cara kerjanya terutama perbedaannya saat menggunakannya pada layar sentuh konduktif dan resistif.

Layar kapasitif dan layar resistif memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Pada layar resistif (seperti layar ATM) pendeteksian kontaknya melalui tekanan langsung sedangkan untuk layar kapasitif (seperti pada smartphone) kontaknya terdeteksi melalui listrik.

Hal ini karena tubuh manusia adalah penghantar listrik alami terutama pada ujung jari kalian. Penggunaan stylus pen untuk layar konduktif biasanya akan menggunakan bahan karet atau plastic pada ujungnya.

Penggunaan bahan ini bermaksud untuk membuat stylus bisa mengirimkan medan listrik agar kontaknya dengan layar sentuh berhasil. Sedangkan pada layar resistive stylus pen terbuat lebih kompatibel dan tidak perlu membutuhkan bahan konduktif apapun.

Manfaat Menggunakan Stylus Pen pada Layar Touch Screen

Banyak orang yang sudah tidak menggunakan pulpen stilus lagi karena kecanggihan layar sentuh saat ini. Dengan menggunakan ujung jari saja layar smartphone atau tablet kalian pastinya sudah bisa mengklik, memperbesar, hingga melakukan navigasi sepuasnya.

Tapi ujung jari juga memiliki keterbatasan dalam keakuratan saat melakukan kontak dengan layar. Apalagi jika kalian membutuhkan tanda tangan profesional secara digital tetapi kurang jelas.

Memakai ujung jari memang lebih praktis tetapi itu tidak selalu jadi pilihan tepat untuk memenuhi kebutuhan kalian. Berikut ini manfaat dari stylus pen yang tidak dapat kalian rasakan dengan menggunakan ujung jari saja.

  1. Catatan Tulisan Tangan

Sebagai seorang mahasiswa atau banyak melakukan pekerjaan menulis catatan langsung menggunakan gadget jadi lebih fleksibel tanpa harus membawa buku teks kemana-mana.

Menulis catatan menggunakan ujung jari saja tentu tidak akan mudah bahkan cenderung tidak rapi. Untuk itu kalian bisa gunakan stylus pen untuk seluruh perangkat seperti smartphone, tablet, atau laptop konvertibel.

Garis lebih presisi dan tulisan menjadi lebih mudah untuk membacanya. Kalian bisa mencari banyak pilihan pulpen stilus di pasaran.

  1. Tahan terhadap Cuaca

Mengoperasikan layar sentuh jenis kapasitif pada suhu dingin biasanya sangat sulit dan sangat menjengkelkan. Hal ini karena ujung jari kalian sedang dingin dan membuat perangkat layar sulit mendeteksi kontaknya.

Saat seperti ini menggunakan stylus pen akan sangat membantu karena tetap bisa menggunakannya saat kondisi cuaca hujan, cerah, dingin dan cuaca ekstrem lainnya. Alasannya karena bahan konduktif yang terdapat pada ujung pulpennya.

  1. Deteksi Kontak Lebih Tepat

Ketika kalian ingin membuat garis tipis yang presisi pasti akan sulit jika hanya menggunakan ujung jari saja. semakin kecil layar touch screen, akan semakin lebar juga garisnya.

Berbeda jika kalian menggunakan stylus pen, masalah ini akan segera terselesaikan karena alat ini dapat meningkatkan keakuratan serta menghasilkan garis ramping dan rapi daripada ujung jari kalian.

  1. Lebih Higienis daripada Ujung Jari

Kalian masih pernah merasakan tidak nyaman melihat layar sentuh yang selalu kotor karena noda berminyak atau kotoran lainnya. Layar sentuh dalam kondisi selalu bersih dan berkilau akan cepat berubah menjadi kotor karena sidik jari yang kalian buat.

Stylus akan membantu kalian menjaga kebersihan layar sentuh dan bebas dari noda yang berasa dari ujung jari kalian. Tidak hanya untuk layar ponsel atau tablet saja, stylus pen juga bisa kalian gunakan saat akan menggunakan mesin layar sentuh pada fasilitas public seperti ATM atau stasiun pembayaran.

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini