Tips Produktivitas dengan Teknologi agar Efektif dan Efisien

Primaradio.co.id – Tips produktivitas dengan teknologi merupakan pembahasan menarik yang dapat diulas, apalagi zaman sekarang penggunaan peralatan canggih seperti menjadi prioritas utama. Di mana mampu meningkatkan efisiensi serta menghemat waktu.

Baca juga : WebGPU: Teknologi Baru untuk Mengoptimalkan Grafis di Web

Contoh yang dapat dijelaskan adalah menggunakan aplikasi manajemen tugas seperti Trello, Asana, dan Notion dapat membantu membuat daftar tugas, mengatur prioritas, dan menetapkan tenggat kapan harus selesai.

Dengan menggunakan aplikasi tersebut, dapat memastikan bahwa tidak melewatkan tugas-tugas yang penting dan mampu mengurangi tingkat stres terkait dalam pengelolaan pekerjaan. Terlebih lagi semuanya mempunyai alarm pengingat.

Berbagai Tips Produktivitas dengan Teknologi

Berbagai Tips Produktivitas dengan Teknologi

Produktivitas dalam bekerja memang sangat penting, apalagi zaman sekarang tuntutannya sangat banyak. Jadi, bukan hanya mampu mengerjakan beberapa pekerjaan dalam waktu singkat, melainkan jumlahnya melimpah agar mendapatkan hasil.

Tips meningkatkan produktivitas dalam menggunakan teknologi adalah tentang cara mengurangi waktu yang dihabiskan untuk tugas-tugas sederhana. Hal ini dilakukan untuk melakukan efisiensi serta energi agar dapat fokus pada pekerjaan.

Beberapa contohnya adalah saat melakukan pengiriman email, dapat menggunakan fitur otomatis yang tersedia pada berbagai platform seperti Gmail atau Outlook. Fasilitas ini memungkinkan untuk menulis dan menyimpan surat elektronik.

Dengan hadirnya aplikasi tersebut dalam mengirimnya secara otomatis ke penerima telah ditentukan. Inilah tips produktivitas dengan teknologi yang membuat para pekerja merasa lebih produktif lagi sehingga meningkatkan pendapatan.

Platform lain yang bisa juga digunakan adalah menjawab pesan dari chat. Jadi para pengguna memungkinkan memakai Slack atau WhatsApp. Jadi mampu menyimpan pesan-pesan yang sering digunakan sebagai template.

Hal itu mampu menjawab pesan serupa di masa depan dalam waktu singkat. Kondisi lainnya adalah ketika melakukan pekerjaan administrasi, salah satunya memakai Microsoft Excel atau Google Sheets untuk mengelola data. Bukan hanya itu saja, ada beberapa tips produktivitas dengan teknologi yang bisa dilakukan seperti:

  1. Menggunakan Alat Bantu

Menggunakan alat bantu sebagai bagian dari produktivitas memang sangat disarankan. Salah satunya adalah memanfaatkan perangkat lunak atau aplikasi yang dirancang untuk membantu meningkatkan produktivitas dan efisiensi. Berikut adalah beberapa contoh alat bantu yang bisa dijadikan inspirasi, seperti:

  1. Pomodoro Timer

Adalah alat bantu produktivitas yang membantu tetap fokus pada tugas dalam jangka waktu tertentu. Konsep di balik platform tersebut dapat meningkatkan kinerja dengan bekerja selama 25 menit.

Berikutnya, ada jeda singkat selama 5 menit. Setelah empat siklus ini, dapat mengambil waktu istirahat panjang selama 15-30 menit. Pomodoro Timer membantu mengikuti jadwal tersebut dan menghindari gangguan selama bekerja.

  1. Grammarly

Merupakan alat bantu yang membantu memeriksa ejaan serta tata bahasa dalam dokumen. Ini dapat membantu menghindari kesalahan ejaan serta tata bahasa yang memalukan dan meningkatkan kualitas tulisan.

  1. Mengurangi Gangguan

Tips produktivitas dengan teknologi adalah mengurangi gangguan mengurangi gangguan. Hal ini sangat penting untuk meningkatkan kinerja karena notifikasi dari aplikasi yang digunakan dapat mengganggu fokus dan mengurangi produktivitas.

Poin utama matikan notifikasi tidak penting atau tidak relevan dengan pekerjaan yang sedang dilakukan. Contohnya, jika sedang menyelesaikan tugas penting dan menerima notifikasi email dari platform yang tidak relevan.

Tips produktivitas dengan teknologi batasi penggunaan media sosial selama bekerja. Medsos menjadi sumber gangguan utama dan mengurangi kinerja. Atur waktu khusus untuk memeriksanya, misalnya selama istirahat atau setelah selesai bekerja.

  1. Memanfaatkan Sistem Penyimpanan Cloud

Penggunaan sistem penyimpanan cloud untuk meningkatkan kinerja. Sistem tersebut adalah layanan online sehingga memungkinkan pengguna dalam menyimpan serta mengakses data, file dari mana saja menggunakan koneksi internet. 

Beberapa contoh sistem penyimpanan cloud populer adalah Google Drive, Dropbox, OneDrive, dan iCloud. Dalam konteks produktivitas, penggunaan sistem penyimpanan cloud dapat membawa banyak manfaat.

Tips produktivitas dengan teknologi ini memang cukup bagus karena dapat akses file dari mana saja. Melalui cloud dapat mengaksesnya dari mana saja selama ada koneksi internet. Ini sangat membantu ketika harus bekerja secara mobile.

Hemat waktu dan ruang penyimpanan, dengan menggunakan ini, tidak perlu lagi mengirim file via email atau memindahkannya dari satu perangkat ke perangkat lain secara manual. 

  1. Timer Ponsel

Tips produktivitas dengan teknologi selanjutnya adalah timer ponsel. Alat tersebut dapat menjadi alat bermanfaat untuk meningkatkan kinerja. Berikut adalah beberapa cara penggunaan timer ponsel untuk meningkatkan produktivitas.

  1. Mengatur Waktu Fokus Pada Satu Tugas

Timer ponsel tersebut untuk mengatur waktu fokus pada satu tugas. Misalnya, jika perlu menyelesaikan laporan dalam waktu dua jam, gunakan fasilitas ini untuk mengatur waktu. 

Fokus sepenuhnya adalah menyelesaikan berbagai laporan tersebut. Jangan biarkan terganggu oleh tugas lain atau hal-hal tidak penting selama periode waktu tersebut, cobalah set kurang lebih 2 jam.

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini