Top 5 Artis Film Horor Indonesia (Zaman Dahulu) Menyeramkan

Dalam dunia entertainment Indonesia terdapat banyak jenis genre film yang dapat kalian tonton di televisi, bioskop, dan internet. Salah satunya yaitu genre horor, dibintangi artis film horor indonesia yang terkenal.

Baca Juga : Suzanna Malam Jumat Kliwon (3 Agustus 2023) Tembus 1 Juta Penonton

Sinema horor sudah ada sejak tahun 1970-an dan menjadi salah satu tontonan bagi pencintanya. Kebanyakan pemerannya yaitu wanita, karena suasana yang tercipta dapat lebih menyeramkan jika pemerannya wanita. 

Maka kita akan membahas para aktor yang membintangi sinema horor khususnya pada zaman dahulu. Menjadi pemain legend Indonesia yang memerankan tokoh mistis, tidak juga sembarang orang bisa menjadi artis film horor Indonesia.

Suzanna Ratu Artis Film Horor Indonesia

artis film horor Indonesia

Suzanna merupakan artis film horor Indonesia berketurunan Indonesia-Belanda, dengan nama aslinya Suzzanna Martha Frederika van Osch namun akrab disapa Suzanna. Lahir pada 13 Oktober 1942 di Bogor pada masa kedudukan Jepang. 

Lalu meninggal pada 15 Oktober 2008 di Magelang karena penyakit diabetes. Suzanna disebut-sebut sebagai ratu horor karena eksistensi dan prestasinya pada dunia perfilman horor tanah air. 

Sering membintangi film-film besar dan sukses pada masanya, serta mendapatkan banyak penghargaan. Berikut beberapa film populer yang dibintangi oleh Suzanna:

  1. Bernapas Dalam Lumpur pada tahun 1970
  2. Bumi Makin Panas pada tahun 1973
  3. Pulau Cinta pada tahun 1978
  4. Sundel Bolong 1981
  5. Ratu Ilmu Hitam 1981
  6. Malam Jumat Kliwon 1986

Penghargaan yang diraih Suzanna bukan hanya sekedar penghargaan dalam negeri, Suzanna juga mendapatkan penghargaan luar negara. Berikut beberapa penghargaan Suzanna yang populer:

  • Pada Festival Film Asia 1960 sebagai The Best Child Actress di Tokyo.
  • Pada Festival Film Asia pasifik 1972 sebagai aktris terpopuler di Seoul.

Farida Pasha (Nenek Grandong)

artis film horor Indonesia

Farida Pasha merupakan salah satu artis film horor Indonesia yang terkenal membintangi sinema zaman dahulu. Ibu dari 6 anak ini lahir pada 21 Agustus 1962, dan meninggal pada tahun 2021 karena virus COVID-19. 

Farida pasha memiliki darah keturunan Pakistan dari ayahnya dan sunda dari ibunya. Farida pasha aktif pada dunia entertainment mulai 1977 sampai dengan 2021. Walaupun lebih sering dan terkenal sebagai mak lampir, namun banyak sinema lainnya. 

Farida pasha dikenal sebagai mak lampir karena perannya sebagai mak lampir sangat terkenal. Berikut merupakan beberapa film horor yang pernah ia bintangi:

  1. Guna-Guna Istri Muda tahun 1977.
  2. Pembalasan Guna-Guna Istri Muda tahun 1978.
  3. Nenek Gerondong tahun 1982.
  4. Dukun Ilmu Hitam tahun 1981.
  5. Misteri Gunung Merapi tahun 1998.

Penghargaan Farida Pasha yaitu pada tahun 2020 sebagai penerima Lifetime Achievement Award pada festival film bandung. Sosok pemain dengan ciri khas tersendiri daripada pemain lainnya. 

Diah Permatasari (Si Manis Jembatan Ancol)

artis film horor Indonesia

Diah Permatasari adalah seorang  kelahiran 1971 yang mendalami dunia entertainment aktris serta model. Siapa yang tidak ingat sosok hantu penunggu jembatan ini. Artis film horor Indonesia satu ini sudah berkecimpung di dunia sinema horor dengan segudang pengalaman. 

Salah satunya yaitu ketika memerankan tokoh hantu Si Manis Jembatan Merah dengan gaunnya sangat cantik. Walaupun memerankan karakter hantu namun tetap terlihat cantik saat memerankannya. 

Diah Permata mengakui sangat tertarik dan seru dalam memainkan peran hantu. Hingga saat ini Dian masih eksis di dunia akting dengan kualitas tidak diragukan lagi. Berikut beberapa film horor Dian Permatasari. 

  1. Si Manis Jembatan Ancol 1993
  2. Oma The Demonic 2022
  3. Malam Suro di Rumah Darmo 2014
  4. Titisan Setan 2018 

Kiki Fatmala (Si Manis Jembatan Ancol)

Kiki Fatmala kelahiran tahun 1968 ini sangat dikenal pada pria dewasa karena sosok pemain seksi. Seorang bintang sinema serta model dengan sebutan bom sex karena sering memainkan peran vulgar seksi. 

Kiki Fatmala merupakan aktris fenomenal artis film horor indonesia. Film yang membuatnya booming yaitu Si Manis Jembatan Ancol. Wajahnya awet muda sering muncul pada film-film karena gayanya seperti remaja masa kini. 

Sering Kiki Fatmala mengalami beberapa gangguan pengalaman mistis. Karena memang selalu syuting di daerah angker. Pasti juga karena perannya sebagai hantu sehingga sering ada pengganggu dirinya. Namun membuatnya tidak kapok untuk bermain lagi. 

Saat memainkan peran tak lupa juga dengan kesan seksi yang ditonjolkan. Terbukti dari film Hantu Jembatan Ancol dapat menghipnotis penonton serta mengundang banyak penggemar. Kiki Fatmala sudah banyak memainkan beberapa peran horor. 

  1. Si Manis Jembatan Ancol. 
  2. Film horor Pembalasan Setan Karang Bolong.
  3. Misteri Permainan Terlarang.
  4. Misteri di Malam Pengantin.
  5. Petualangan Cinta Nyi-Blorong.
  6. Nyi Lamped.

Luna Maya (Suzzanna: Malam Jumat Kliwon)

Siapa yang tidak kenal dengan selebriti tanah air ini. Luna Maya artis multitalenta ini kelahiran 1983 di Bali. Luna Maya merupakan artis serba bisa mulai dari model, penyanyi, presenter hingga pemain film. 

Awal karir Luna Maya sebagai model majalah serta model video klip lagu. Kemudian muncul di televisi pada sinetron tahun 2004. Sekarang Luna Maya berkecimpung di dunia perfilman berbagai genre. 

Tidak hanya Suzanna yang bisa memainkan film bergenre horor seorang aktris Luna Maya terkenal dengan memainkan peran mistis. Namanya terkenal kembali setelah memainkan peran Suzzanna karena sangat mirip. 

Pernah menjadi juara peran wanita utama terfavorit pada Indonesian Movie Actors (IMA) Awards tahun 2019. Karena perannya menjadi sosok legend yaitu Suzanna. Menjadi prestasi terbaiknya selama memainkan sinema horor. 

Tentu saja kalian tidak asing dengan artis film horor indonesia sosok Luna Maya ini, karakternya sangat kuat untuk memainkan peran Suzzanna. Namun masih ada beberapa selain menjadi peran Suzzanna. Berikut beberapa sinema dengan peran utama Luna Maya.

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini