Vespa Primavera, Skuter Cantik yang Wajib Anda Punya

Primaradio.co.id – Vespa Primavera mungkin menjadi kendaraan favorit bagi para penggemar skuter dunia. Sejarah terciptanya sepeda motor unik satu ini cukup kompleks. Terlebih, jika merunut perusahaan produsennya secara terperinci.

Baca juga : Vespa Elettrica, Skuter Listrik yang Wajib Anda Beli

“La dolce vita” adalah seruan pemasaran skuter Vespa di masa jayanya. Pada akhir 1950-an dan 1960-an, skuter Vespa telah berkembang jauh melampaui tujuan awalnya sebagai transportasi dasar yang murah.

Daya Tarik dari Vespa Primavera

Daya Tarik dari Vespa Primavera
Akurasi Odometer

Piaggio telah menjadi produsen peralatan militer selama Perang Dunia Kedua. Pada tahun-tahun pasca perang, Piaggio mengembangkan dan memproduksi sesuatu yang sangat dibutuhkan penduduk Italia, yakni transportasi pribadi yang efisien.

Bicara tentang tempat yang tepat pada waktu yang tepat dengan produk yang tepat, penjualan Vespa meledak di Italia dan seluruh Eropa bahkan meluas ke Amerika Utara. Pesan pemasaran Vespa selama tahun-tahun baby-boomer tersebut begitu fantastis dan global.

  1. Akurasi Odometer

Saat Anda memasang unit GPS dan menuju pom bensin untuk melengkapi Vespa Primavera Anda, itu suatu keunikan. Seperti kebanyakan skuter, tidak mudah mengisi tangki bensin. Harus berhati-hati agar tidak perlu membersihkan tempat penyimpanan bawah jok dari tumpahan bensin.

Tentu saja ember di bawah jok sangat mudah dilepas, jadi kiranya itu bisa dilakukan sebelum mengisi tangki bensin. Kecuali jika Anda menghabiskan banyak mil dengan skuter, proses pengisian yang agak merepotkan ini tidak akan menjadi masalah.

Mayoritas skuter umumnya memiliki speedometer yang bagus. Artinya spedometer mereka menunjukkan lebih cepat dari kecepatan sebenarnya. Kasus serupa juga menimpa Vespa Primavera dengan tingkat optimis 14% yang lebih dari kebanyakan.

Jarum penunjuk 30 MPH yang ditunjukkan sebenarnya adalah 26 MPH dan 50 MPH yang ditunjukkan sebenarnya adalah 43 MPH. Odometernya cukup akurat. Angka 11 mil di GPS adalah 11 mil di odometer, dan perlu diingat tampilannya akan selalu dalam bilangan bulat.

Kecepatan tertinggi yang dapat Anda lihat di jalan datar adalah 60 MPH. Jika Anda terbiasa tidak meninjau spesifikasi pabrikan pada skuter sampai menyelesaikan proses peninjauan, tentu perlu trik alternatif guna mengakalinya.

Hal-hal seperti penghematan bahan bakar dan kecepatan tertinggi sering dilebih-lebihkan oleh pabrikan. Dalam hal ini tampaknya Vespa mengecilkan kecepatan tertinggi saat mereka menerbitkan 59 MPH.

Itu bukan hanya perbedaan 1 MPH hanya karena Anda menggunakan skuter baru yang belum rusak. Oleh karena itu, jangan paksa mesin kecil yang malang itu untuk mengangkut beban seberat 220 lb.

Tidak perlu terkejut jika pengendara seberat 150 lb di atas Vespa Primavera yang rusak terlihat mendekati 65 MPH sebagai ujung atas. Spesifikasi pabrikan DO melebih-lebihkan penghematan bahan bakar pada 117 MPG.

  1. Suspensi Geometris

Anda dapat melihat 90 MPG dalam penggunaan campuran sekitar 100 mil. Setelah masuk dan dengan asumsi sebagian besar kecepatan kota, Anda akan berpikir bahwa 100 MPG akan menjadi suatu kemungkinan.

Terus terang, 90 MPG sebenarnya sudah cukup bagus mengingat batas kemampuan maksimum performa Primavera. Dengan kapasitas lebih dari dua galon, itu berarti Anda tidak perlu terlalu khawatir dengan situasi pengisian yang kurang optimal.

Seperti disebutkan sebelumnya, skuter Vespa sudah ada sejak Perang Dunia Kedua. Beberapa fitur desain mereka seperti sasis monocoque dan ujung depan lengan ayun terus berlanjut sejak awal lini Vespa.

Tidak seperti skuter lain yang diproduksi saat ini, Vespa memiliki semacam sasis baja uni-body. Setiap skuter lainnya memiliki sub-rangka logam dan panel bodi plastik yang terpasang.

Bodi baja Vespa juga merupakan kerangka dan dengan demikian menawarkan platform yang lebih kaku. Suspensi depan adalah trailing link satu sisi. Baru untuk edisi 2015, dudukan shock bagian bawah pada Vespa Primavera sekarang berengsel.

Hal ini memungkinkan suspensi depan mempertahankan geometri yang benar tanpa kelenturan lateral. Kombinasi dengan sasis baja monocoque, suspensi depan yang disempurnakan berkontribusi pada pengendaraan yang mulus dan stabil.

Kita tahu, Vespa tahun 2015 ini dapat ditelusuri garis keturunannya secara langsung kembali ke skuter Italia pertama pasca perang. Peristiwa mahabesar tersebut harus diakui juga menjadi dasar mengapa Vespa bisa masif eksis seperti sekarang ini.

Terlebih, sejak Vespa kembali ke pasar Amerika Serikat pada tahun 2000 (setelah dua puluh tahun absen) ada seri ET4 150cc dan LX 150cc. Sekarang pun, dengan Vespa Primavera 150cc yang ciaamik ini, penggemar skuter sudah bisa bersuka ria mengitari jalanan kota.

  1. Evolusi Desain

Meskipun garis besar skuter Vespa tidak banyak berubah sejak tahun 1947, pasti ada evolusi desain. Pada tahun 1950-an & 60-an, Vespa dikenal dengan lekukan anggunnya. Ketika P-series keluar pada tahun 1977, beberapa orang menganggap bentuknya terlalu “Kotak”.

Lompat ke tahun 2000 di Amerika Serikat, seri ET yang melengkung menggelembung menghantam jalanan. Memasuki tahun 2005, publik melihat pengenalan skuter seri LX yang masih melengkung tapi kurang bulat.

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini