Cara Menggunakan Bot WhatsApp untuk Komunikasi Pelanggan

Sebagai pemilik usaha, tentunya sedang mencari cara menggunakan bot WhatsApp agar mempermudah pesanan. Bot WhatsApp banyak digunakan oleh pebisnis di Indonesia untuk meningkatkan pengalaman pelanggan. 

Baca juga : Cara Aktifkan Fitur YoWhatsApp serta Perbedaan dengan WA Ori

Hal ini dikarenakan fitur bot WA dapat secara otomatis merespon pesan pelanggan dalam hitungan detik. Selain itu, fitur ini juga banyak digunakan sebagai sarana pemasaran yang efektif dan efisien untuk menjangkau banyak pelanggan. 

Pengguna WhatsApp di Indonesia cukup banyak, yakni menghabiskan rata-rata 30,8 jam per bulan dan 60% untuk membangun hubungan dan menjalankan bisnis. Tidak heran jika fitur ini sangat bisa diandalkan.

Ketahui Cara Kerjanya

Ketahui Cara Kerjanya

Chatbot WhatsApp adalah chatbot untuk membalas atau memberikan pesan secara otomatis berdasarkan kata kunci tertentu untuk ditempatkan pada platform ini. Tujuannya adalah layanan pelanggan untuk lebih cepat dan lebih efisien.

Dengan menggunakan Chatbot WA, Anda dapat memberikan layanan pelanggan untuk cepat dan menghemat banyak waktu. WhatsApp Bot biasanya digunakan oleh bisnis atau perusahaan agar memiliki lalu lintas obrolan tinggi dari ratusan hingga puluhan ribu obrolan masuk per hari.

Cara menggunakan bot WhatsApp pun sangat mudah. Saat WA Blast mengirimkan pesan ke beberapa klien sekaligus, Chatbot akan secara otomatis merespon pesan dari beberapa klien secara bersamaan. Cara kerja chat WA ini sangat sederhana. 

Sistem ini didasarkan pada kata kunci agar disimpan dalam sistem. Ketika chat pertanyaan diterima dari pelanggan maka bot akan secara otomatis menyesuaikan jawaban sesuai dengan kata kunci pada list pertanyaan tersedia sebelumnya.

Konsumen membutuhkan layanan secepat mungkin untuk memenuhi kebutuhan mereka. Tapi kita tahu bahwa ketika perusahaan konsumen menggunakan tenaga manusia, jam kerja harus dibatasi. Dengan bantuan chat dengan responsif, konsumen dapat menikmati layanan kapan saja.

Cara menggunakan bot WhatsApp beserta cara kerja agar digunakan pun sangat sederhana. Dengan hanya memasukkan kata kunci ke dalam sistem Anda, pelanggan Anda dapat dengan cepat mendapatkan jawaban tentang kata kunci tersebut.

Fitur-Fitur dalam Cara Menggunakan Bot WhatsApp 

Menggunakan bot WhatsApp tidaklah sulit. Karena WA Bot memiliki fitur-fitur canggih agar keuntungan agar diperoleh perusahaan optimal. Berikut adalah berbagai fitur yang ditawarkan dengan menggunakan chatbot tersebut.

  1. Rotator/Meneruskan Pesan

Fitur WhatsApp API Rotator mengirimkan pesan pelanggan ke customer service berdasarkan pengaturan otomatis. Dengan begitu pelanggan tidak merasa diabaikan dan tidak mendapatkan respon yang tidak memuaskan.

Dengan fitur ini, para pelanggan tidak akan kecewa karena harus menunggu lama untuk respon CS yang tidak sesuai. Dalam kata lain, fitur ini menawarkan komunikasi langsung kepada customer service.

  1. Balas Otomatis

WA Bot memiliki fitur auto reply yang secara otomatis membalas setiap pesan yang masuk. Fitur balas otomatis ini biasanya memberikan pesan berupa welcome message, daftar harga produk, kemudahan transaksi, gambar produk dan lainnya.

  1. Akses Multiple Users

Fitur ini memungkinkan beberapa administrator atau agen untuk mengakses satu akun WhatsApp Business dari perangkat yang berbeda. Ini berarti beberapa manajer layanan pelanggan dapat mengakses satu nomor WA Anda dari perangkat yang berbeda. 

Cara ini dapat membantu Anda untuk merespon pelanggan lebih cepat. Tanpa haru memerlukan waktu lama bagi pelanggan sebagai salah satu cara menggunakan bot WhatsApp yang tepat.

  1. Akun Terverifikasi

Bot WA memiliki centang hijau untuk menunjukkan bahwa Facebook telah memverifikasi akun WhatsApp atau telah menunjukkan bahwa ia memiliki bisnis. Dengan adanya centang hijau pada akun, maka tentunya akan meningkatkan kredibilitas dan kepercayaan pelanggan terhadap bisnis Anda.

  1. Pesan Berantai

Dalam obrolan WhatsApp Blast, para pengguna dapat mengirim pesan tanpa limitasi dalam sekali waktu tanpa harus menyimpan nomor penerima. Cara tersebut tentunya membutuhkan waktu dan tenaga lebih besar untuk tim CS dalam menjangkau banyak pelanggan sekaligus.

  1. Terintegrasi dengan CRM

Dengan adanya integrasi ini akan membantu perusahaan membangun hubungan pelanggan, meningkatkan retensi pelanggan, dan juga mendorong pertumbuhan bisnis. Karena semua informasi yang dibutuhkan oleh customer mudah didapatkan oleh tim CS. 

  1. Laporan Analitik

Fitur laporan hadir untuk mengembangkan bagaimana perusahaan berinteraksi dengan pelanggan di dasbor. Dalam laporan ini, Anda dapat melihat pencapaian kinerja tim, tren penjualan, dan penggunaan data pelanggan oleh tim CS untuk memberikan layanan pelanggan paling terbaik.  

Cara Menggunakan Bot WhatsApp untuk Pelengkap Usaha

Cara Menggunakan Bot WhatsApp untuk Pelengkap Usaha

Untuk membuat chatbot sangat mudah. Ada beberapa langkah yang perlu dilakukan. Sebagai persiapan, berikut adalah langkah-langkah membuatnya yang dapat diikuti.

  1. Unduh Aplikasi WhatsApp Business

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah mendownload aplikasi WhatsApp business. Anda bisa mendapatkannya di smartphone melalui Appstore atau Playstore.

Pastikan untuk mengunduhnya secara resmi untuk menghindari kebocoran data dan hal-hal yang tidak diinginkan lainnya. Lalu, install hingga akhir untuk menggunakannya. 

  1. Daftarkan Akun dan Melengkapi Profile

Setelah aplikasi terpasang di perangkat, cara menggunakan bot WhatsApp kedua adalah membuat akun bisnis pada WA Business. Mengingat nama akun bisnis tidak dapat diubah, pastikan nama bisnis Anda adalah yang diinginkan.

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini