Bagaimana Menjaga Tidur yang Sehat Secara Konsisten

Setiap orang pasti ingin menjaga tidur yang sehat sehingga mampu menjalani hari secara optimal. Namun sayangnya masalah sulit tidur di era modern seperti sekarang sudah menyerang berbagai kalangan.

Baca juga : Olahraga Air yang Mudah untuk Kaum Sedentari 

Tidak hanya orang berusia senja saja kesulitan memejamkan matanya, kaum mudah juga sering mengalami masalah seperti ini. Bahkan banyak sampai mengandalkan obat-obatan agar dapat memejamkan matanya saat malam hari.

Oleh sebab itu kami akan memberikan beberapa cara agar Anda mampu memperoleh konsistensi tidur nyenyak. Kemewahan seperti itu bukan lagi sebuah impian terutama bagi kalangan pekerja keras.

Simak pembahasan Kami berikut ini sehingga Anda bisa mulai mengubah rutinitas juga kebiasaan. Sehingga kondisi tubuh di pagi hari akan menjadi lebih segar untuk menyongsong aktivitas.

Menjaga Tidur yang Sehat dengan Rutinitas Tepat

Menjaga Tidur yang Sehat dengan Rutinitas Tepat

Rutinitas dan kebiasaan menjadi kunci paling penting untuk memperoleh konsistensi saat beristirahat malam hari. Berikut ini akan kami berikan beberapa metode agar konsistensi jadwal tidurnya semakin konsisten.

  1. Pasang Alarm untuk Tidur 

Bagi kalangan yang sulit beristirahat malam hari akibat sibuknya pekerjaan metode ini perlu jadi referensi. Jadi memasang alarm untuk mengingatkan istirahat malam bisa menjadi salah satu opsi.

Ini adalah metode menjaga tidur yang sehat sehingga setiap hari kita bisa melakukannya di waktu sama. Konsistensi adalah modal penting sehingga jam biologis tubuh juga ikut menyesuaikan.

  1. Memasang Alarm untuk Bangun 

Tidak hanya saat beristirahat namun kapan bangun juga harus kita atur durasinya. Bagi orang normal mungkin ini sepertinya nonsense namun kenyataannya memang ini adalah cara paling mudah.

Seseorang dengan sleeping disorder memang harus menjaga waktu tidurnya secara ketat. Menjadwalkan kapan harus mulai istirahat dan bangun adalah hal wajib agar hasilnya semakin optimal.

  1. Beristirahat sebelum Tidur 

Kita tidak hanya perlu mengistirahatkan fisik namun juga mental sebelum memejamkan mata. Artinya Anda juga tidak boleh makan menjelang waktu beristirahat malam hari.

Metode ini efektif untuk menjaga tidur yang sehat sehingga jam biologis mampu menyesuaikan kembali. Memang butuh waktu namun hasilnya jauh lebih baik apabila kita bandingkan dengan menggunakan obat-obatan.

Ketiga metode tersebut adalah bagaimana kita mencapai konsistensi terkait jadwal tidurnya. Berikutnya akan kami jelaskan bagaimana agar Anda bisa terlelap secara konsisten sehingga tidak ada kasus terbangun tiba-tiba saat tengah malam.

Menjaga Tidur yang Sehat dengan Memastikan Kenyamanan Lingkungan

Kenyamanan lingkungan adalah faktor penting agar seseorang dapat memejamkan matanya secara efektif. Berikut ini akan kami berikan tips bagaimana mengatur lingkungan agar Anda bisa cepat terlelap dengan nyenyak.

  1. Pencahayaan 

Usahakan pencahayaan di dalam ruangan tempat Anda beristirahat seminimal mungkin. Jika memungkinkan usahakan tidurnya tanpa menggunakan lampu agar lebih cepat memicu reflek istirahat alami.

Ini adalah metode menjaga tidur yang sehat sehingga kita dapat terlelap secara nyaman. Intensitas cahaya terlalu tinggi dapat membuat kesadaran kita kembali aktif dan terbangun tiba-tiba.

  1. Suhu Ruangan 

Untuk suhu ruangan sebenarnya relatif tergantung selera orang masing-masing. Apabila Anda memang merasa nyaman dengan suhu lebih tinggi maka tidak masalah untuk melakukannya.

Namun umumnya seorang manusia akan membutuhkan kesejukan agar lebih cepat terlelap. Mencoba menurunkan suhu ruangan juga bisa menjadi salah satu opsi apabila Anda memang kesulitan beristirahat saat malam hari.

  1. Kebersihan Ruangan 

Pastikan kebersihan ruangan tempat Anda beristirahat sudah terjaga agar tidak memicu gangguan pernapasan. Karena ketika ada gangguan pernapasan saat tertidur biasanya ini akan memicu reaksi terbangun tiba-tiba.

Jika kebersihan sudah terjaga maka menjaga tidur yang sehat dapat tercapai secara lebih mudah. Jadi jika Anda memang sering terbangun tiba-tiba tengah malam coba tata ulang ruangannya agar menjadi lebih bersih.

  1. Tata Bantal dan Kasur agar Nyaman 

Aspek penambah kenyamanan seperti bantal, kasur, dan selimut itu juga penting. Jadi tata sedemikian rupa sehingga mampu memberikan rasa nyaman maksimal saat menggunakannya.

Beberapa metode tadi akan membuat kita merasa nyaman saat merebahkan diri di atas ranjang. Ini akan membuat reflek lelap cepat terpicu dan membuat istirahat semakin optimal.

Menghindari Aktivitas Pemicu Stress sebelum Tidur

Salah satu aktivitas pemicu stress yang perlu Anda hindari sebelum tidur adalah bermain gadget. Bermain gadget sebenarnya tidak masalah apabila itu bisa memberikan relaksasi sebelum masuk jam tidur.

Namun masalahnya orang-orang lebih banyak menimbun stress saat menggunakan device tersebut. Misalnya saat bermain sosial media seseorang akan merasa stress terutama saat melihat komen kejam dari warganet.

Tentu hal tersebut akan kontra produktif terhadap bagaimana menjaga tidur yang sehat. Karena tingkat stress tinggi maka otomatis otak akan bekerja lebih keras agar hal tersebut segera berlalu.

Kerja keras dari otak ini justru akan memicu tubuh untuk tetap aktif meskipun sudah waktunya istirahat. Jadi alasan mengapa menggunakan gadget tidak Kami rekomendasikan salah satunya ada pada faktor manajemen stress.

Sebentar saja melepaskan gadget di era modern seperti sekarang artinya adalah lepas dari pekerjaan, tanggung jawab, sampai kehidupan sosial. Baru ketika kita bisa melepaskan hal tersebut maka mata dapat terpejam dengan segera.

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini