Olahraga Air yang Mudah untuk Kaum Sedentari 

Memilih olahraga air untuk kaum sedentari itu ternyata bukan sebuah pilihan mudah. Karena tidak biasa konsisten melakukan aktivitas fisik kaum sedentari menjadi terbatas kemampuannya untuk berolahraga.

Baca juga : Resmi Dinonaktifkan, Sinyal 3G Telkomsel Dimatikan 

Apabila salah pilih bukan sehat justru bisa mendapatkan cedera serius karena ototnya memang jarang beraktivitas konsisten. Biasanya pekerja kantoran, nomad, sampai remote worker memiliki gaya hidup buruk seperti ini.

Jika Anda adalah golongan seperti itu dan ingin mencoba merubah gaya hidup, tidak perlu takut. Kami akan memberikan rekomendasi paling tepat tanpa adanya justifikasi tentang gaya hidup sebelumnya.

Sehingga hasil dari berolahraga dapat sesuai dengan kapabilitas tubuh dan mudah untuk melakukannya secara konsisten. Karena tanpa konsistensi maka keinginan untuk semakin bugar juga sulit Anda dapatkan.

Berenang Jadi Pilihan Olahraga Air Paling Tepat

Berenang Jadi Pilihan Olahraga Air Paling Tepat

Berenang memang bukan olahraga paling mudah, namun itu adalah opsi paling tepat bagi kaum sedentari. Jika Anda tidak bisa berenang jangan ragu untuk menyewa seorang trainer agar cepat bisa.

Ada beberapa alasan sebenarnya mengapa berenang adalah salah satu opsi paling tepat bagi kaum sedentari. Berikut akan kami jelaskan beberapa faktornya sehingga Anda mampu menjadikannya referensi sebelum memulai berlatih.

  1. Mengaktifkan Semua Bagian Otot 

Renang adalah olahraga air yang mampu mengaktifkan hampir semua otot di tubuh manusia. Mulai dari ujung kaki sampai kepala semua otot akan bergerak secara berirama saat melakukannya.

Meskipun semua bagian otot bergerak namun beban yang mereka terima akan terdistribusi secara seimbang. Ini adalah salah satu keunggulan melakukan renang sebagai opsi.

  1. Lebih Ringan bagi Otot 

Bagi otot memang renang menjadi salah satu opsi tepat karena distribusi bebannya ideal. Setiap otot akan menopang beban relatif ringan karena kita berada di dalam air.

Bagi orang yang memang jarang melakukan aktivitas fisik jelas ini akan sangat membantu. Otot tidak akan langsung terforsir sehingga risiko terjadinya cedera juga relatif kecil.

Namun untuk mencegah adanya risiko cedera lakukan pemanasan terlebih dahulu scara optimal. Dengan melakukan pemanasan yang benar maka otot tubuh akan siap beraktivitas lebih berat dari biasanya.

  1. Meningkatkan Fleksibilitas Otot 

Bagi kaum sedentari olahraga air seperti berenang akan efektif untuk meningkatkan fleksibilitas otot. Setelah ototnya jarang untuk beraktivitas tentu kita perlu mengembalikan fleksibilitasnya.

Dengan mengetahui keunggulan tadi tentu sekarang Anda bisa menjadikannya sebagai pertimbangan. Bagi orang yang tidak bisa berenang lebih baik mulai sekarang cari pelatih dulu agar bisa melakukannya.

Aqua Aerobik Bisa Menjadi Opsi Olahraga Air

Apabila Anda tidak bisa berenang salah satu opsi yang bagus adalah melakukan aqua aerobik. Di Indonesia sekarang jenis latihan seperti ini sudah mulai meningkat popularitasnya karena menjadi opsi tepat bagi orang yang tidak bisa berenang.

Pada dasarnya aqua aerobik itu sama seperti aerobik biasa hanya saja kita melakukannya di kolam. Biasanya aktivitas ini membutuhkan kolam dengan kedalaman setinggi pinggang orang dewasa.

Alasan melakukan olahraga air seperti ini sebenarnya sederhana yaitu lebih ringan. Distribusi beban pada otot bagian bawah juga rata sehingga cocok bagi penderita obesitas baik ringan maupun berat.

Dalam satu sesi aqua aerobik akan terdiri dari pemanasan, kardio, beban, dan pendinginan. Instruktur jelsa sudah mengatur menu tersebut sehingga Anda tinggal mengikutinya saja secara mudah.

Bagi kaum sedentari jelas ini menjadi opsi ideal karena otot tidak akan langsung terforsir secara berat. Sehingga potensi terjadinya cedera saat berolahraga jelas jauh lebih minim apabila kita bandingkan dengan lainnya.

Anda bisa mulai mencari instruktur aqua aerobik terdekat untuk menjaga olahraga air ini. Karena olahraganya ringan jelas waktu regenerasi kembali otot akan menjadi jauh lebih pendek.

Sehingga tidak masalah jika Anda melakukannya langsung rutin dua sampai tiga kali dalam satu minggu. Justru ini akan membuat badan semakin bugar meskipun sebelumnya gaya hidup masih sedentari.

Bagaimana Menjaga Konsistensi Jadwal Berolahraga 

Bagi orang yang sebelumnya memiliki gaya hidup sedentari tentu mencoba mengubah lebih aktif itu akan sangat sulit. Karena kita sudah terbiasa dengan kehidupan santai dan tenang tanpa melakukan aktivitas fisik berat.

Ada beberapa cara agar seseorang mampu melakukan olahraga air secara konsisten. Berikut ini akan kami jelaskan sehingga Anda mampu merubah secara perlahan kebiasaan sedentari menjadi lebih aktif.

  1. Temukan Alasan yang Kuat 

Pertama kita harus menemukan alasan kuat untuk mencoba keluar dari gaya hidup sedentari. Apapun alasannya dapat menjadi sebuah pemicu meskipun itu kedengarannya sepele.

Misalnya Anda ingin memiliki penampilan lebih menarik dengan mengurangi berat badan sehingga ideal. Ini bisa menjadi salah satu motivasi kuat bagi seseorang agar mereka mau merubah gaya hidupnya.

  1. Cari Seorang Partner 

Terkadang berolahraga sendirian jelas akan cukup membosankan terutama jika tidak terbiasa. Oleh sebab itu cari seorang partner yang memiliki visi sama sehingga mampu saling mengingatkan saat konsistensi mulai goyah.

  1. Jadwalkan Secara Rapi 

Salah satu alasan rutinitas olahraga air terganggu adalah karena jadwalnya kurang tepat. Pastikan menentukan waktu agar tidak mengganggu pekerjaan atau kegiatan harian lainnya.

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini