Aplikasi Edit Foto Kekinian Aesthetic di iPhone dan Android

Primaradio.co.id – Jadikan fotomu lebih menarik dengan aplikasi edit foto kekinian aesthetic di iPhone dan Android. Saat ini banyak aplikasi edit foto terbaik di HP, yang bisa membuat jepretan foto dan selfie lebih menarik dan berbeda.

Saat ini, banyak sekali orang yang gemar mengambil gambar atau selfie dan mengunggahnya di media sosial, seperti Instagram, Twitter, hingga Facebook. Tak jarang foto yang diunggah pun terlihat sangat menarik dan membuat decak kagum orang yang melihat.

Hasil foto yang dibagikan orang-orang ke media sosial, biasanya telah melewati proses editing melalui aplikasi edit foto. Fitur yang diberikan oleh aplikasi edit foto yakni memberikan peningkatan terkait kecerahan, tingkat exposure, penyesuaian warna, hingga efek. Sehingga foto yang dihasilkan pun terlihat jauh berbeda dari hasil jepretan aslinya.

Tak perlu bingung, aplikasi edit foto tidak hanya bisa dilakukan di PC, namun bisa mengunduhnya di HP iPhone dan Android. Beberapa aplikasi edit foto di HP kekinian banyak yang telah populer. Mulai dari Adobe Lightroom, Photoshop Express, VSCO Cam, PiscArt, hingga Afterlight.

Daftar Aplikasi Edit Foto Terbaik 2023

Primaradio telah merangkum beberapa aplikasi edit foto kekinian terbaik yang bisa membuat foto menjadi aesthetic di HP iPhone dan Android. Simak ulasannya di bawah ini.

1. Aplikasi Adobe Lightroom

aplikasi-lightroom
Aplikasi Edit Foto Lightroom.

Aplikasi edit foto terbaik 2023 adalah Adobe Lightroom. Aplikasi ini sudah terbukti unggul dan populer sebagai editing foto. Adobe Lightroom ini selalu diandalkan oleh kalangan anak muda untuk mengedit foto melalui smartphone.

Namun, aplikasi ini juga bisa digunakan di PC. Banyak fotografer profesional menggunakan aplikasi Adobe Photosop Lightroom untuk memoles hasil foto klien mereka. Anak-anak muda juga ramai menggunakan aplikasi Lightroom di HP mereka, untuk memberikan sentuhan yang berbeda di foto mereka.

Aplikasi ini dilengkapi dengan berbagai fitur edit foto, mulai dari Masking, Colour Grading, Setting Cahaya, Detailing, hingga beberapa fitur preset yang bisa digunakan. Jika ingin menghilangkan objek yang mengganggu di dalam foto, bisa menggunakan aplikasi ini.

Aplikasi ini gratis dan bisa diunduh melalui Google Play Store dan App Store untuk HP. Namun ada beberapa fitur berbayar yang bisa diakses jika upgrade ke premium.

Tampilan Lightroom yang sederhana memudahkan pengguna untuk mengedit foto. Pengelompokkan tools editing pun bisa mudah dipahami. Jika ingin merubah tingkat kecerahan foto, bisa langsung masuk ke menu pencahayaan saja. Dan mulai atur kecerahan yang diinginkan. Begitu pun dengan hal yang lainnya.

2. Aplikasi VSCO Cam

VSCO Cam adalah aplikasi edit foto yang cocok dan mudah digunakan di HP. Aplikasi ini sudah cukup lama diandalkan oleh kalangan anak muda.

Di aplikasi ini akan ditemui banyak filter menarik dengan keunikan masing-masing. Fitur yang tersedia ditampilkan sesuai abjad, sehingga bisa mempermudah pengguna untuk mengigat filter apa yang sudah diterapkan.

VSCO Cam juga bisa digunakan untuk mengubah tone warna foto, sehingga foto terasa lebih hidup dan menarik dilihat. Banyak yang menganggap jika aplikasi ini lebih artistik dari aplikasi lainnya. Pasalnya, aplikasi ini mendukung pengguna yang suka dengan tampilan foto vintage atau hand dirty.

Tools-tools yang dapat menonjolkan warna tertentu di antaranya ada highlight, exposure, shadow yang bisa membuat foto terkesan kuno dan gelap, namu terlihat mewah. Tak hanya tempat edit foto, VSCO Cam memiliki komunitas kuat dari penggunanya.

Para pengguna bisa berbagai foto secara langsung melalui aplikasi tersebut. Aplikasi ini bisa diunduh secara gratis di Google Play Store dan App Store. Namun, ada beberapa fitur filter yang tidak bisa diakses. Untuk mengakses filter tersebut harus upgrade ke VSCO Cam premium dengan biaya tertentu.

3. Aplikasi Snapseed

Aplikasi edit foto kekinian selanjutnya adalah Snapseed. Snapseed masih menjadi andalan sebagai editing foto dari Google. Terdapat 28 jenis fitur yang gratis tersedia di aplikasi Snapseed. Banyak filter menarik yang bisa diaplikasikan ke dalam foto.

Pengguna bisa dengan mudah melakukan pengaturan warna foto sesuai dengan yang diinginkan. Beberapa filter andalan dari Snapseed yakni Vintage, Retrolux, Tilt Shift, Grunge, drama, dan beberapa filter keren lainnya. Di aplikasi ini bisa dengan mudah mengatur tingkat warna atau tone.

Kelebihan dari aplikasi ini adalah pengguna bisa mengakses fitur secara gratis, tanpa takut terganggu dengan kemunculan iklan atau ads. Pengguna bisa mengedit foto dengan format DNG dan RAW. Dan hasil fotonya bisa dikonversi menjadi format JPG, meski kualitasnya akan menurun.

Setelah selesai mengedit foto di Snapseed, pengguna bisa langsung membagikannya ke media sosial atau menyimpannya ke galeri.

4. Aplikasi Pixlr

Jika menyukai keindahan visual bisa menggunakan Pixlr sebagai aplikasi edit foto. Selain mudah untuk digunakan, Pixlr memiliki berbagai efek dan filter artistik yang melimpah. Aplikasi ini hanya fokus kepada foto. Aplikasi ini bisa mengedit foto dengan format JPEG, PXD, PSD, PNG, dan lainnya.

Pixlr menawarkan berbagai fitur menarik, di antaranya yakni efek, overlay, border, dan masih banyak yang lainnya. Kekurangannya adalah banyak iklan pop-up yang bermunculan, sehingga mengganggu pengguna dalam proses pengeditan. Jika tidak ingin terganggu dengan iklan yang muncul, bisa mengupgrade aplikasi tersebut ke versi premium.

Sama seperti aplikasi sebelumnya, usai mengedit foto, hasilnya bisa langsung dibagikan ke media sosial melalui aplikasi Pixlr. Aplikasi ini bisa diunduh secara gratis melalui Google Play Store dan App Store.

5. Aplikasi PicsArt Photo Studio

Salah satu tempat edit foto terbaik kekinian dan paling banyak diunduh adalah PicsArt. Tak hanya fokus untuk tempat edit foto, aplikasi ini memiliki berbagai template untuk memudahkan pengguna membuat kolase foto yang menarik. Bahkan, memberi keleluasaan pengguna untuk berkreasi dengan men-desain gambar yang akan dibuat.

PiscArt juga dibekali dengan berbagai filter dan tools yang bisa digunakan pengguna. Aplikasi ini dibuat dengan tujuan membuat penggunanya bebas untuk mengeksplorasi dalam pengeditan foto. Jika ingin menikmati fitur khusus lainnya, bisa mengupgrade PiscArt ke versi premium. Aplikasi ini bisa diunduh secara gratis di Google Play Store dan App Store.

6. Aplikasi Afterlight

Aplikasi edit foto kekinian populer lainnya adalah Afterlight. Afterlight menyediakan berbagai jenis filter dan efek dengan tampilan yang minimalis. Untuk mengedit foto di aplikasi ini pun sangat mudah karena tools yang disediakan mudah dimengerti, bahkan oleh pengguna baru.

Di aplikasi ini pengguna bisa bebas mengedit foto dengan beragam filter dan efek, yang bisa mempercantik foto.

7. Aplikasi Unfold

Aplikasi ini menjadi alternatif bagi pengguna yang suka membuat berbagai story atau reels di Instagram agar terlihat aesthetic dan Instagramable. Unfold memang dibuat untuk mendukung pengguna Instagram yang kerap membagikan momen di Instastorie.

Setelah munculnya reels Instagram, pengguna bisa dengan mudah melakukan edit foto dan video. Hasil edit foto atau video di Unfold memiliki format yang hampir sama di Instagram. Hasil foto dari Unfold ini terlihat menarik dan artsy.

Selain itu, tersedia fitur yang membuat hasil editan ke dalam format GIF. Aplikasi ini sangat cocok untuk orang yang memiliki kreativitas tinggi.

Itulah beberapa aplikasi edit foto terbaik yang kekinian di HP iPhone dan Android. Jika ingin membuat hasil foto lebih menarik dan aesthetic, bisa mencoba beberapa aplikasi edit foto terbaik di atas, ya. Semoga bisa membantu.

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini