Aplikasi Cek Bansos 2023 Online PKH, Prakerja, BLT, BPNT

Primaradio.co.id – Simak aplikasi cek bansos 2023 online, untuk cek bansos PKH, Prakerja, BLT, dan BPNT. Jika ingin mengetahui apakah terdaftar dalam bansos atau bantuan sosial pemerintah, cukup dengan mendonwload aplikasi cek bansos.

Untuk memeriksa siapa saja masyarakat yang berhak mendapatkan bansos, bisa melalui aplikasi yang diakses secara online. Jika belum terdaftar, masyarakat bisa melakukan pendaftaram melalui aplikasi tersebut.

Pemerintah bersama Kementerian Sosial atau Kemensos membuat program bantuan sosial kepada masyarakat, untuk membantu perekonomian yang terganggu karena pandemi Covid-19. Dampak Covid-19 sangat dirasakan dari semua kalangan yang membuat sektor ekonomi Indonesia melemah.

Banyak karyawan, pengusaha, hingga pedagang kecil gulung tikar karena tak bisa bertahan di masa pandemi. Oleh karena itu, untuk menyiasati agar ekonomi bisa perlahan pulih, pemerintah memberikan beragam bantuan sosial kepada masyarakat.

Tentang Aplikasi Cek Bansos Kemensos

Kemensos telah merilis aplikasi cek bansos yang digunakan masyarakat untuk mendaftar dan memeriksa, apakah berhak mendapatkan bantuan sosial atau tidak. Selain itu, masyarakat bisa dengan mudah memeriksa apakah bantuan uang yang diberikan sudah bisa dicairkan atau belum.

Di aplikasi tersebut, bisa memeriksa beberapa jenis bantuan sosial dari pemerintah. Di antaranya yakni PKH, BLT Dana Desa, BLT minyak goreng, Prakerja, Bantuan Pangan BPNT, dan lainnya.

aplikasi-cekbansos

Diluncurkannya aplikasi ini juga diharapkan bisa mengurangi kecurangan yang dilakukan oleh beberapa oknum dan lebih transparansi. Pasalnya, sebelum aplikasi dirilis, banyak sekali kecurangan oleh sejumlah oknum, yang tidak memasukkan warga yang berhak mendapatkan bantuan sosial.

Saat ini, masyarakat bisa langsung memeriksa sendiri apakah menjadi penerima bantuan sosial atau tidak melalui aplikasi yang diluncurkan Kemensos. Jika tidak termasuk, masyarakat bisa mendaftar atau melakukan sanggah jika ada nama seseorang yang sebenarnya tidak pantas menerima bansos.

Namun pemerintah mengingatkan untuk tidak asal mendaftarkan diri sebagai penerima bansos, jika memiliki penghasilan yang cukup. Aplikasi ini diharapkan bisa menjadi solusi agar bantuan dari pemerintah bisa tepat sasaran.

Jenis Bantuan Sosial Kemensos

Aplikasi cek bansos yang diluncurkan oleh Kemensos ini bisa untuk memeriksa berbagai jenis bantuan sosial. Mulai dari PKH, BLT Dana Desa, BLT minyak goreng, Prakerja, Bantuan Pangan BPNT, dan lainnya.

1. Aplikasi Cek Bansos Program Keluarga Harapan (PKH)

Bansos PKH ini diberikan kepada keluarga miskin dengan syarat-syarat tertentu. Nominal bansos PKH memiliki besaran yang berbeda dari keluarga satu dengan yang lainnya.

Hal tersebut dilihat dari berbagai faktor, di antaranya disabilitas, ibu hamil, anak usia dini, orang lanjut usia, anak sekolah SD hingg SMA. Nominal uang yang diterima mulai dari Rp 900 ribu hingga Rp 2,4 juta. Bantuan ini digelontorkan setiap tahun, dengan periode pencairan satu atau bisa sampai tiga bulan sekali. Bansos PKH dihitung untuk satu keluarga dengan maksimal 4 anggota keluarga

2. Aplikasi Cek Bansos Kartu Prakerja

Nominal uang yang disalurkan dalam bansos kartu Prakerja in sebesar Rp 2,4 juta. Dana tersebut akan dicairkan selama 4 bulan, dimulai setelah menyelesaikan pelatihan skill yang dipilih. Program kartu Prakerja ini telah diluncurkan sebelum pandemi masuk ke Indonesia, yang bertujuan untuk meningkatkan skill SDM Indonesia.

Program ini sebenarnya menyasar kepada masyarakat yang belum memiliki pekerjaan atau menganggur. Pemerintah berharap dengan adanya pelatihan skill di Prakerja, akan meningkatkan kemampuan masyarakat sehingga lebih mudah untuk mencari pekerjaan.

Tidak semua masyarakat bisa lolos dalam program ini, karena memiliki syarat-syarat tertentu. Di antaranya adalah tidak menerima manfaat bansos lainnya, belum bekerja, terdampak Covid-19, memiliki tanggungan keluarga, atau belum mendapat pekerjaan.

Masyarakat yang memenuhi syarat-syarat program Prakerja seperti yang dijelaskan di atas, bisa mendaftarkan diri.

3. Aplikasi Cek Bansos Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT)

Bansos BPNT ini diperuntukkan kepada masyarakat miskin dan terdampak Covid-19. Bansos yang disalurkan tidak berupa uang, melainkan bahan-bahan sembako seperti telur, minyak goreng, beras, buah, dan lainnya.

Bantuan sembako yang diberikan itu setara dengan Rp 200 ribu setiap pencairannya. Atau sebanyak Rp 2,4 juta per tahun.

4. Aplikasi Cek Bansos Bantuan Langsung Tunai Minyak Goreng

Bansos BLT minyak goreng diperuntukkan kepada masyarakat mulai dari libur lebaran tahun 2022. Sasaran bansos BLT minyak goreng adalah penerima bansos PKH, Pedagang Kaki Lima dan Warung (PKLW) bidang makanan, dan Kartu Sembako.

Bansos ini diharapkan dapat membantu masyarakat yang rentan terhadap kenaikkan harga minyak dan masyarakat miskin. Sehingga diharapkan pemulihan ekonomi bisa berjalan dengan baik.

5. Aplikasi Cek Bansos BLT Dana Desa

Bantuan ini diberikan secara tunai dan diterima langsung oleh masyarakat miskin Indonesia yang telah terdaftar. Besar bansos BLT Dana Desa yang akan diterima masyarakat adalah Rp 300 ribu per keluarga, untuk bulan pertama hingga dengan bulan kedua belas.

Cara Daftar di Aplikasi Cek Bansos

Sebelumnya, dipastikan sudah mendownload aplikasi cek bansos melalui Google Play Store atau App Store di smartphone masing-masing. Jika telah diunduh, bisa simak langkah-langkah cara daftar aplikasi cek bansos di bawah ini.

  • Buka Aplikasi Cek Bansos.
  • Pilih ‘Buat Akun’ terlebih dahulu.
  • Isi ‘No KTP’, ‘No KK’, dan data diri secara lengkap.
  • Lakukan ‘Swafoto’ atau ‘Selfie’ sambil memegang KTP.
  • Lalu pilih ‘Buat Akun’ untuk registrasi akun.
  • Pendaftaran akan diverifikasi paling lambat Tiga Hari sejak pendaftaran, yang akan dikirimkan melalui e-mail yang aktif.
  • Setelah ‘Tervalidasi’, bisa langsung masuk ke aplikasi.
  • Masuk kembali ke aplikasi untuk mengusulkan bansos.
  • Klik ‘Daftar Usulan’ lalu pilih antara ‘BPNT’ atau ‘PKH’.
  • Lalu Input Data Diri.
  • Unggah foto rumah tampak depan dan foto KTP.
  • Pilih ‘Tambah Usulan’.

Cara Cek Penerima Bansos

cara-cek-penerima-bansos

Berikut di bawah ini cara cek penerima bansos:

  • Masuk ke situs resmi https://cekbansos.kemensos.go.id/ atau ke Aplikasi Cek Bansos
  • Masukkan nama Provinsi, Kabupaten, Kecamatan, hingga Desa/Kelurahan
  • Masukkan nama Penerima Manfaat atau PM
  • Masukkan 4 huruf kode yang terdapat di kotak kode
  • Pilih ‘Cari Data’.
Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini