Daftar 10 Negara Paling Religius di Dunia

primaradio.co.id – Penasaran apa saja 10 negara paling religius di dunia pada tahun 2023 ini jangan kemana-mana. Kami sudah menyiapkan ulasan terkait data survey sehingga dapat Anda jadikan sebagai referensi.

Baca juga : Inilah Wanita Satu-satunya yang Namanya Disebut di Al Quran

Selain itu Kami juga akan membahas pola teisme dari masyarakat dunia selama ini. Mengapa belakangan semakin banyak orang meyakini jalan agama apabila kita bandingkan dengan tahun sebelumnya.

Lalu bagaimana dengan Indonesia sendiri, simak saja ulasan Kami sampai habis agar tahu jawabannya. Sebagai sebuah negara besar tentu pola pikir dari masyarakat akan semakin terdiversifikasi.

Kami juga sudah menyediakan sebuah segmen unik terkait trend atheisme di benua asia. Meskipun tingkat religiusitasnya tinggi namun kenapa jumlah atheis dari benua tersebut semakin tinggi.

List 10 Negara Paling Religius di Dunia 2023

List 10 Negara Paling Religius di Dunia 2023

Langsung saja mari kita simak apa saja negara dengan tingkat religiusitas tertinggi di dunia 2023. Data ini kami sadur dari GIA sebuah lembaga pers global yang memang selalu melakukan survey terkait humanitarian.

  1. Kenya 97%

Bertengger di angka 97 persen Kenya masuk 10 negara paling religius di dunia pada tahun 2023. Mayoritas pemeluknya beragama Kristen Protestan dengan persentase mencapai hampir 40 persen.

  1. Senegal 97%

Hampir semua masyarakat Senegal memiliki keimanan pada tuhan dengan persentase 97 persen. Kemudian 97 persen orang beragama di Senegal memeluk agama Islam jadi hampir seluruh negaranya orang muslim.

  1. Pakistan 95%

Sebanyak 95 persen masyarakat Pakistan memiliki keyakinan pada tuhan jadi termasuk sebagai wilayah religius. Kemudian persentase dari pemeluk agamanya sendiri mayoritas Islam dengan persentase 96 persen.

  1. Ethiopia 94%

Hampir semua masyarakat Ethiopia itu memeluk sebuah kepercayaan pada ketuhanan. Persentase terbesar pemeluknya berasal dari Ethiopian Orthodox dengan penganut melebih setengah populasi.

  1. Kosovo 94%

Kosovo juga masuk ke dalam list 10 negara paling religius di dunia pada tahun 2023. Dengan mayoritasnya pemeluk Islam persentase 95% jadi jangan salah Kosovo adalah salah satu wilayah yang hampir semuanya muslim.

  1. Georgia 91%

Georgia sendiri juga masuk sebagai kategori dengan wilayah berpenduduk pemegang kepercayaan tertinggi. Bahkan lebih separuh penduduknya memeluk agama Georgian Orthodox sebagai kepercayaannya.

  1. Macedonia Utara 89%

Mayoritas masyarakat Macedonia memeluk kepercayaan Eastern Orthodox yang telah menjadi tradisi leluhurnya. Dari skala nasional sendiri hampir semua masyarakatnya memiliki kepercayaan terhadap ketuhanan.

  1. Armenia 88%

Sebanyak 97 persen masyarakat Armenia memeluk kepercayaan Armenian Apostle Church. Ini juga menjadikannya sebagai salah satu wilayah dengan populasi umat Kristiani tertinggi di dunia.

  1. Ghana 88%

Ternyata Ghana juga masuk dalam list 10 negara paling religius di dunia pada tahun 2023. Dengan persentase 70% lebih masyarakatnya memeluk kepercayaan Kristiani berbagai macam aliran.

  1. Sierra Leone 87%

Dari namanya pasti banyak orang menganggap bahwa negaranya mayoritas pemeluk kepercayaan Kristiani. Namun pada faktanya Islam menjadi salah satu kepercayaan tertinggi dengan 78% lebih.

Mengapa Semakin Banyak Orang Menjadi Religius?

Mengapa Semakin Banyak Orang Menjadi Religius?

Meskipun banyak propaganda yang menyebutkan bahwa semakin banyak orang menjauh dari sisi keimanan pada faktanya justru sebaliknya. GIA melakukan sebuah survey dengan populasi sekitar 62 persen penduduk dunia.

Hasilnya mereka menemukan bahwa trend menjadi atheis itu hanya terjadi pada beberapa wilayah saja. Tidak semua orang memilih untuk melenceng dari jalan tuhan seperti banyak terlihat di media mainstream.

Justru antara tahun 2022 sampai 2023 terjadi trend peningkatan pada tingkat keimanan masyarakat dunia. Oleh sebab itu Anda tidak perlu khawatir dengan berbagai propaganda negatif yang terkesan menyudutkan para pemeluk agama.

Dari list 10 negara paling religius di dunia tadi kita bisa melihat bagaimana persentase mereka. Jika Anda meluangkan waktu untuk menggali informasi sedikit lebih banyak maka jumlah pemeluknya dapat kita lihat ikut meningkat juga.

Namun dari sisi positif tersebut ada sebuah fakta cukup menyedihkan mengapa orang kembali ke jalan tuhan. Rata-rata banyak orang menjadi pemeluk agama karena keputusasaan mereka terhadap kehidupan.

Pada saat tidak mampu lagi menopang beban dunia akhirnya kembalilah mereka mengikuti keimanan. Bukankah ini sebuah ironi, masyarakat dunia kembali melihat tuhan hanya karena kehidupan dunia mereka sudah mulai sulit.

Dari 10 negara paling religius di dunia tadi tentu dapat Anda lihat sendiri bahwa rata-rata memiliki pendapatan perkapita rendah. Taraf hidup masyarakatnya juga relatif berada di bawah garis kemiskinan.

Sebuah ironi bahwa tingkat kesejahteraan justru berbanding terbalik pada tingkat keimanan seseorang. Semakin kaya sebuah negara maka tendensi mereka untuk meninggalkan jalan tuhan ikut naik.

Kenapa Asia Religius Namun Banyak Atheis?

Kenapa Asia Religius Namun Banyak Atheis?

Banyak wilayah asia menjadi salah satu kawasan masuk 10 negara paling religius di dunia. Apabila kita bandingkan dengan benua lainnya tentu saja asia masih menjadi peringkat teratas.

Namun ada sebuah ironi dari fakta tersebut, mengapa semakin banyak orang namun banyak juga orang atheis. Dari 20 besar peringkat paling beriman rata-rata penghuninya adalah negara kawasan asia.

Kita lihat pada list 10 negara paling religius di dunia tadi ada Pakistan sebagai penghuninya. Namun saat kita melihat survei dari GIA asia juga ada Hongkong dan Republik Korea memiliki tingkat atheisme sangat tinggi.

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini