3 Tahap Cara Kerja Komputer Serta Penjelasan Lengkapnya

CPU sendiri sering dianggap menjadi otak dalam dunia perkomputeran, sehingga sangat penting untuk memperhatikan bagaimana kualitas CPU terlebih dahulu. Karena jika kalian memiliki CPU dengan kualitas mumpuni, bisa digunakan untuk mengolah banyak data besar sekaligus secara lebih cepat dan efisien.

Dalam 3 tahap cara kerja komputer bagian processing ini CPU memiliki peranan penting, karena CPU akan menjalankan proses perhitungan secara matematis dari data digital yang sudah kalian masukkan melalui perangkat input sebelumnya. Dari proses perhitungan ini akan dilanjutkan ke dalam tahapan perbandingan.

Setelah tahapan perbandingan selesai CPU lalu akan mengurutkan berbagai data melalui proses algoritma, biasanya memanfaatkan arithmetic logic unit. Semua pemrosesan ini nanti akan disimpan kedalam memori, dimana umumnya terdapat dua jenis memori berbeda yaitu ROM dan RAM dengan tujuan penggunaan yang beda.

  1.  Tahapan Output

3 tahap cara kerja komputer paling akhir merupakan tahapan output, dimana tahapan ini terjadi setelah perangkat berhasil mengolah dan memproses data digital kedalam bentuk biner.

Inti dari tahapan ini adalah merupakan hasil tindakan atau output, dimana proses dalam tahapan processing atau pengolahan sebelumnya nanti akan ditransmisikan menjadi sebuah tindakan baru tertentu.

Tindakan ini merupakan hasil penampilan setelah dilalui proses pemrosesan, kalian bisa melihatnya menggunakan beberapa alat output seperti monitor, speaker, serta printer

Umumnya ketika kalian menggunakan keyboard ketika melakukan tahap tersebut berupa input, kalian akan mengetikkan tombol huruf tertentu. Nantinya setelah terjadi processing, dalam layar monitor akan timbul huruf A dan berlangsung selama beberapa detik.

Semakin cepat proses processingnya, kalian akan bisa melihat hasil outputnya dengan cepat pula dan hal ini tergantung bagaimana kondisi serta kualitas dari CPU yang kalian gunakan.

Baca juga : Mengenal Istilah Jaringan Komputer dan Pengertiannya

Seiring berkembangnya zaman penggunaan komputer sudah menjadi hal umum, namun kalian perlu mengetahui 3 tahap cara kerja komputer untuk memahaminya.

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini