3 Tahap Cara Kerja Komputer Serta Penjelasan Lengkapnya

Setidaknya terdapat 3 tahap cara kerja komputer yang perlu kalian pahami, terlebih jika kalian berminat untuk mempelajari ilmu tentang sistem pemrograman dalam dunia komputasi. Hal ini dikarenakan komputer sudah menjadi salah satu perangkat paling penting dalam menunjang aktivitas sehari-hari.

Baca juga : Semua yang Perlu Kalian Tahu tentang Cloud Xbox

Mulai dari aktivitas formal seperti digunakan untuk bekerja dan mencatat materi penting pada bangku perkuliahan, hingga kegiatan yang bersifat memberikan hiburan seperti menonton film serta bermain game

Selain itu aktivitas untuk pengolahan gambar serta video juga sudah menjadi bagian dalam kehidupan sehari-hari, sehingga kehadiran perangkat ini sudah menjadi salah satu kewajiban dalam kehidupan modern. Oleh sebab itu dari waktu ke waktu perangkat tersebut mengalami sebuah perkembangan, sehingga menjadi lebih canggih setiap tahunnya.

Namun walaupun mengalami perkembangan yang berbeda, secara umum hanya terdapat 3 tahap cara kerja komputer yang perlu kalian ketahui. Dengan mengetahui bagaimana tahapan dalam bekerja, kalian bisa memahami serta mengetahui bagaimana perangkat tersebut mampu digunakan untuk mengolah berbagai data secara spesifik.

Walaupun perangkat tersebut diproduksi dan dijual menggunakan merk yang berbeda, tahapan cara kerja sistem didalamnya tetaplah sama. Hal ini termasuk dalam dasar yang perlu kalian pahami jika ingin memperdalam ilmu dalam bidang perkomputeran.

Berikut 3 Tahap Cara Kerja Komputer

Berikut 3 Tahap Cara Kerja Komputer

Komputer sendiri dikenal sebagai salah satu perangkat elektronik yang sudah umum dipakai oleh masyarakat luas, di Indonesia sendiri penggunaan perangkat elektronik tersebut sudah menjadi bagian dalam kehidupan sehari-hari. Mulai dari digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan kantor hingga sebagai tempat hiburan bermain game.

Seluruh kegiatan tersebut dapat terjadi karena sistem di dalam perangkat ini mengolah ribuan hingga jutaan data, sehingga pengguna bisa menggunakannya untuk menonton hiburan serta menyelesaikan pekerjaan. Proses olah data tersebut umumnya dilakukan melalui 3 tahap cara kerja komputer menggunakan format tertentu.

Umumnya format yang digunakan merupakan format berasal dari informasi digital, informasi ini nantinya akan diolah dan diubah bentuknya ke dalam format bit. Format bit sendiri terdiri dari dua jenis bilangan saja atau disebut biner, biasanya berisikan angka 1 dan 0 supaya dapat mempermudah sistem dalam mengolah data tersebut.

Data sendiri merupakan sekumpulan informasi yang diperoleh oleh sistem, bisa berupa simbol, huruf, maupun angka namun juga bisa terdiri dari kombinasi dari beberapa hal tersebut. Nantinya beberapa data tersebut akan diolah oleh sistem sehingga bisa ditampilkan kepada pengguna, umumnya melalui 3 tahap cara kerja komputer.

Beberapa tahapan yang akan kita singgung selanjutnya adalah mengenai input, proses, serta output. Dimana ketiga hal tersebut tidak dapat dipisahkan dalam berjalannya program sebuah komputer, jika salah satu dari ketiga hal dasar ini hilang atau rusak bisa menyebabkan error dalam perangkat yang sedang kalian gunakan tersebut.

  1. Tahapan Input

3 tahap cara kerja komputer paling pertama merupakan input, dimana tahap ini merupakan hal paling awal ketika kalian ingin mengolah sebuah data sehingga bisa digunakan oleh pengguna. Biasanya untuk menggunakan tahapan ini cukup mudah, karena kalian hanya perlu untuk memasukkan beberapa data kedalam sistem terlebih dahulu.

Dalam tahapan input pengguna bisa memasukkan berbagai macam jenis data baik seperti teks audio, hingga video dan gambar sebelum nantinya akan mengalami proses. Namun semua data ini harus dalam bentuk digital terlebih dahulu, karena jika kalian memasukkan data berbentuk bit akan mengalami beberapa kendala yaitu program tidak terbaca.

Terdapat beberapa sumber yang bisa kalian gunakan untuk memasukkan data tersebut, data berjenis bit ini umumnya mudah untuk dimasukkan asalkan melalui perangkat input yang terhubung kedalam komputer. Biasanya untuk memulai 3 tahap cara kerja komputer tersebut kalian akan membutuhkan beberapa perangkat input untuk memasukkan data.

Umumnya perangkat input ini terdiri dari keyboard, microphone, serta mouse sehingga data berupa suara, ketikan, serta gambar nanti bisa diproses oleh program didalam komputer. Seperti contoh keyboard nantinya bisa kalian gunakan untuk memasukkan data berupa huruf sebelum nanti akan diproses lebih lanjut.

Selain keyboard juga terdapat beberapa perangkat lain yang biasa digunakan untuk melakukan awal dari 3 tahap cara kerja komputer ini nantinya, biasanya banyak orang memanfaatkan scanner untuk memasukkan data berupa gambar. Selain itu juga bisa menggunakan microphone untuk memasukkan data berupa suara sebelum proses dimulai.

  1. Tahapan Processing

Setelah berhasil memasukkan data melalui tahapan input, maka tahapan selanjutnya adalah mengolah data yang berhasil dimasukkan tersebut. Hal ini perlu dilakukan oleh komputer, sehingga nantinya pengguna dapat mengetahui hasil yang dikeluarkan setelah data tersebut diolah lebih lanjut oleh sistem didalamnya.

Biasanya dalam 3 tahap cara kerja komputer bagian processing, data nantinya akan melalui proses pemrosesan menggunakan perangkat CPU atau merupakan singkatan dari Central Processing Unit. Oleh sebab itu jika kalian ingin mengolah banyak data, sebaiknya memiliki CPU dengan kapasitas tinggi sehingga bisa lancar mengolahnya.

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini