4 Tools Berbasis AI Gratis yang Bisa Kalian Pakai

AI (Artificial Intelligence) merupakan salah satu topik terhangat beberapa waktu belakangan ini, sehingga mengetahui paling tidak 4 tools Berbasis AI gratis merupakan informasi yang cukup penting, karena banyaknya tools berbayar tengah beredar.

Baca juga: Kenali Apa Itu Kesiapan Teknologi 6G dan Keuntungan

Mengetahui tools gratis tersebut tentu akan sangat membantu, terutama bagi kalian yang masih pemula dan ingin menjajal dunia AI. Tidak hanya itu, mengetahui informasi dasar tentang AI juga akan mempermudah dalam memahami berbagai tools gratis saat ini.

Agar kalian mengerti konsep hingga rekomendasi 4 tools Berbasis AI gratis untuk berbagai kebutuhan, silakan simak ulasan lengkapnya melalui artikel di bawah!

Pentingnya Mengenal tentang Konsep AI

Sebelum mengetahui 4 tools Berbasis AI gratis, ketahuilah beberapa konsep dasar mengenai Artificial Intelligence melalui penjelasan berikut ini:

Pengertian

AI (Artificial Intelligence) adalah suatu sistem komputer yang mempunyai karakteristik menyerupai otak manusia, seperti kemampuan berpikir kritis, meningkatkan produktivitas, hingga membuat keputusan untuk membantu penggunanya.

Pondasi dari tools berbayar maupun rekomendasi dari 4 tools Berbasis AI gratis adalah pandangan manusia mengenai aturan permesinan dalam aspek pekerjaan sederhana sampai rumit.

Pandangan tersebut kemudian menyatu menjadi hasil dari rangkaian proses intelektual, logika, studi analisis, logika, hingga pengamatan. 

Sedangkan pemanfaatan atau penugasan AI berada pada aspek robotika, kendali, komputasi, mekanisme kontrol, penjadwalan, serta data mining.

Untuk menyederhanakan pengertiannya, Alan Turing kemudian mendefinisikannya menjadi sistem yang berperilaku seperti manusia, yang menjadi sarana dalam penggabungan computer science dan datasets agar mampu menyelesaikan masalah.

Tujuan

Beberapa tujuan Artificial Intelligence yang mencakup 4 tools berbasis AI gratis nantinya adalah:

Membantu Menaikkan Kemampuan Membuat Keputusan

Tujuan mendasarnya ialah sebagai penyedia berbagai mekanisme pengambilan keputusan, yang mana keputusan tersebut bersumber pada data mentah yang sudah kita kumpulkan. 

AI tersebut nantinya akan membuat keputusan otomatis yang cukup baik, sehingga mampu dapat menghemat tenaga dan waktu kita untuk berpikir.

Mengoptimasi Proses Bisnis

Seperti yang kita ketahui bahwa peran bisnis dalam perekonomian negara sangat vital, di mana optimasi tersebut akan berawal pada perampungan pekerjaan serta menghilangkan redudansi agar bisa meningkatkan bisnis. 

Optimalisasi menggunakan kecerdasan buatan tersebut kemudian sangat perlu agar bisa meminimalisir pekerjaan rutinitas dan berganti dengan pemanfaatan algoritma berbeda.

Singularitas

Tujuan akhir dari 4 tools berbasis AI gratis maupun berbayar adalah mampu menolong bahkan menggantikan pekerjaan manusia karena semuanya bisa lebih sederhana dan efisien, sehingga inilah yang kemudian bernama singularitas.

Tingkatkan Produktivitas Pekerjaan

Kehadiran kecerdasan buatan kemudian membuat berbagai teknologi untuk mempermudah pekerjaan manusia sehingga lebih produktif dapat terlahir. Beberapa contohnya adalah aplikasi live streaming, virtual reality, drones, predictive analytic, serta animasi bergerak.

Rekomendasi 4 Tools Berbasis AI Gratis

Beberapa rekomendasi tools gratis yang bisa kalian manfaatkan untuk menunjang berbagai bidang pekerjaan di antaranya adalah:

Hotpot.ai

Hotpot.ai merupakan tools yang dapat berguna dalam proses pembuatan grafik maupun gambar profesional secara mudah, karena kalian bisa memanfaatkannya membuat berbagai jenis desain grafis. 

Kalian juga dapat menghasilkan berbagai template untuk keperluan banyak hal, seperti postingan media sosial, ikon aplikasi, poster, dan sebagainya.

Copy.ai

Jika kalian merupakan blogger atau konten kreator, maka memanfaatkan Copy.ai adalah langkah paling tepat, karena kehadirannya memang khusus untuk mempermudah dalam pembuatan konten secara gratis dan online.

Dengan kecerdasan buatan pada tools tersebut, Copy.ai mampu melakukan generate terhadap konten agar sesuai dengan keinginan atau preferensi kalian sebagai pengguna.

Bukan hanya gratis, salah satu dari 4 tools berbasis AI gratis ini juga sangat mudah untuk kalian operasikan demi berbagai keperluan konten ataupun bisnis.

AutoDraw

AutoDraw ialah proyek rintisan dari Google sejak tahun 2017, di mana pembuatannya menggunakan yang sama dengan eksperimen Google sebelumnya, QuickDraw. 

Dengannya, kalian dapat mengubah gambar yang tak beraturan supaya menjadi gambar lebih baik. Di sana akan terdapat beberapa tawaran atau saran saran gambar yang menyerupai dengan gambar preferensi kalian.

Jika ingin bisa menggambar dengan mudah dan cepat, maka AutoDraw sangat cocok bagi kalian. AutoDraw juga telah mendukung banyak jenis perangkat atau gadget, misalnya PC, smartphone, serta tablet.

DALL-E

Seperti AutoDraw, Dall-E juga merupakan salah satu jenis kecerdasan buatan dengan kemampuan untuk bisa membuat gambar agar menjadi lebih realistis serta sesuai deskripsi tulisan yang kalian tulis sebelumnya.

Karena merupakan pengembangan oleh OpenAI, perusahaan yang turut menjadi pengembang ChatGPT, maka kalian dapat berekspektasi cukup tinggi pada kinerja tools satu ini.

Cara memakai Dall-E juga relatif cukup mudah dan cepat, karena kita cukup mengetikkan mengenai apa pun yang dikehendaki. Setelah itu, Dall-E pun akan akan menghasilkan gambar menarik dengan nilai seni cukup bagus.

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini