7 Desain Ruang Makan Minimalis yang Nyaman

Pilih Tema sesuai Style

Tentukan tema seperti apa sesuai keinginan, bergaya klasik, modern, minimalis, elegan, atau kombinasi beberapa jenis. Dengan demikian, akan membantu kalian ketika ingin memilih warna background dinding, furniture, serta aksesoris lainnya.

Cari Warna yang Cocok

Memilih warna dengan tepat ternyata memberikan efek yang besar dalam dunia interior. Misalnya penggunaan warna-warna netral seperti putih, beige, dan abu-abu memberikan kesan suasana bersih serta elegan. 

Selain itu, penambahan warna cerah juga dapat menjadi paduan sempurna. Tujuannya yaitu agar terdapat sentuhan hidup dan keceriaan yang tercipta dalam satu ruang makan tersebut.

Perhatikan Tingkat Pencahayaan

Pencahayaan termasuk salah satu faktor penting untuk membuat suasana menjadi lebih menyenangkan dan nyaman ditempati. Kombinasi pencahayaan alami menciptakan efek yang diinginkan oleh pemilik rumah.

Manfaatkan Penggunaan Aksesoris

Pilih aksesoris berdasarkan tema yang kalian tetapkan, tentunya sesuai keinginan seperti karpet, hiasan dinding, atau tirai sebagai sentuhan akhirnya. Namun, jangan banyak menggunakannya karena dikhawatirkan membuat ruangan justru tampak berantakan.

Ciptakan Suasana Hangat

Jangan lupa untuk menciptakan suasana yang hangat untuk desain ruang makan. Berikan sentuhan alami terbaik dan menyenangkan pada ruangannya. Pastikan memiliki ventilasi dengan baik supaya udara bisa mengalir mudah keluar.

Pertimbangan Tata Letaknya

Tata letak ruangan juga menjadi bagian terpenting yang tidak boleh terlewatkan. Mengapa demikian? Karena agar enak ketika memandangnya, peletakan meja, furniture, serta aksesoris menuju dapur termasuk hal yang harus diperhatikan.

Makan Bersama Keluarga Memberikan Manfaat

desain ruang makan
Sumber gambar: .imagekit.io

Selain menciptakan desain ruang makan yang indah, nyatanya kegiatan menyantap bersama memiliki manfaat tersendiri. Ingin tahu apa saja manfaatnya? Simak informasi berikut ini untuk mencari tahu manfaatnya:

Komunikasi Lebih Meningkat

Momen penting bersama keluarga di meja yang sama mampu menciptakan suasana hangat, sehingga memberikan peluang untuk mudah berinteraksi. Siapa sangka jika berkomunikasi di meja menjadi penghubung erat antar anggota lainnya.

Hal tersebut pastinya membuat orang tua maupun si anak semakin mudah untuk melakukan diskusi terkait topik yang dibicarakan. Sehingga, momentum ini memang paling cocok dijadikan sarana berinteraksi.

Kembangkan Keterampilan Sosial

Aktivitas makan bersama membantu seseorang untuk mengembangkan keterampilan sosialnya. Karena antar anggota keluarga akan belajar bagaimana cara mendengarkan seseorang dan sabar untuk menunggu ketika ingin memberikan respon.

Tingkatkan Hubungan Baik 

Hubungan baik yang terjalin antar anggota keluarga menjadi meningkat. Sebab, anak-anak biasanya bisa memakai momentum tersebut untuk membahas hal-hal penting atau meminta orang tua menanggapi pertanyaannya.

Mengingatkan Pola Makan

Ketika setiap anggota keluarga saling berkumpul dalam satu meja, masing-masing dapat mengingatkan bagaimana pola makan yang baik. Karena menciptakan komunikasi dengan mudah, bentuk mengontrol jadi lebih efektif.

Ajarkan Sikap Sopan 

Menjadi kesempatan terbaik bagi orang tua dalam memberikan pengajaran terkait tata krama kepada anak-anaknya. Misalnya saja dengan mengawalinya lewat belajar table manner, sehingga anak akan terbiasa.

Bentuk Rutinitas yang Baik

Rutinitas sebagai kebiasaan sehari-hari yang kerap dilakukan oleh setiap anggota keluarga. Bila makna bersama ini menjadi rutinitas, maka bisa membantu dalam menemukan tatanan serta stabilitas pada kehidupannya.

3 Perabotan Penting yang Harus Ada di Tempat Makan

desain ruang makan
Sumber gambar: amazonaws.com

Desain ruang makan memang menjadi hal paling penting yang tidak boleh terlewatkan oleh pemilik rumah. Namun, tahukah kalian ada juga perabotan yang harus ada dalam ruang makan minimalis, di antaranya yakni:

Kursi

Perabotan kursi pastinya harus dimiliki untuk tempat duduk saat makan. Tidak hanya membuat kalian merasa nyaman, namun memilih kursi juga berkaitan dengan penataan ruangan makan minimalis di rumah impian kalian.

Kursi makan berkonsep minimalis memang paling pas dipakai. Terdapat kursi bar dengan desain tidak rumit pada kaki-kakinya, kemudian kursi stool dilengkapi sandaran sehingga terkesan lebih kecil.

Meja Makan

Kehadiran meja makan tentunya menjadi bagian paling vital yang harus kalian perhatikan bersama. Baik itu, menggunakan konsep desain ruang makan lesehan maupun tidak, semuanya sama-sama memakai meja.

Perabotan satu ini tentunya ada banyak jenisnya, bahkan terdapat varian yang bisa dilipat. Tujuannya supaya menghemat ruangan lebih baik karena dapat dilipat menjadi lebih kecil lagi.

Kabinet Multifungsi

Sebagai bagian dari perabotan paling penting lainnya, kabinet dipakai untuk menyimpan peralatan makan. Contohnya seperti gelas, pitcher, pisau, piring, sendok, garpu, mangkok, dan lain sebagainya.

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini