9 Rekomendasi Objek Wisata Indonesia yang Bersejarah

Menemukan objek wisata Indonesia memang tidaklah sulit seperti di bayangan karena hampir setiap daerah mempunyai keunikan. Hal itu mungkin karena kondisi geografis Indonesia yang terdiri dari kepulauan maka membuat banyak destinasi wisata disini.

Baca Juga : Rekomendasi Tempat Wisata Jogja Idaman Pengunjung

Bahkan bisa kita bilang apapun dapat kita temukan selama berada di Indonesia mulai dari wisata sejarah, wisata kuliner, wisata alam hingga wisata dengan konsep modern. Salah satu cara menghabiskan liburan kalian adalah berkunjung ke tempat bersejarah. 

Mulai dari Sabang hingga Merauke, kalian dapat menemukan banyak peninggalan penuh dengan cerita bersejarah. Baik dalam bentuk tempat ataupun bangunan bersejarah dapat kalian jadikan sebagai destinasi liburan tahun ini. 

Tidak hanya menikmati keindahannya dari tempat atau bangunan sejarah, tetapi juga bisa menjadi sarana edukatif bagi para wisatawan. Sebab selama berwisata, kalian pasti akan memperoleh banyak informasi penting. 

Termasuk juga informasi mengenai perjuangan bangsa Indonesia di waktu lampau. Apabila kalian tertarik buat berkunjung ke objek wisata di Indonesia bersejarah, maka dapat menyimak penjelasannya di bawah. 

9 Daftar Objek Wisata Indonesia Bersejarah

Objek Wisata Indonesia

Kalau berbicara mengenai destinasi liburan di Indonesia memang sangat banyak dan seakan tidak ada habisnya. Bahkan mungkin membutuhkan waktu hingga bertahun-tahun untuk mengeksplorasi keindahan Indonesia secara menyeluruh. 

Dari sekian banyaknya pilihan objek wisata, maka objek wisata Indonesia bersejarah dapat menjadi referensi liburan kali ini. Berikut kita sudah siapkan informasi terkait dengan tempat liburan bersejarah paling populer di Indonesia. 

Candi Borobudur 

Kalau berbicara mengenai tempat kaya akan sejarah di Indonesia, maka Candi Borobudur adalah jawabannya. Destinasi ini tidak hanya populer bagi kalangan wisatawan lokal saja tetapi juga mancanegara. 

Ini merupakan Candi Buddha terbesar di Asia Tenggara yang berada di kota Magelang, Jawa Tengah. Bahkan karena kemegahan dari arsitektur bangunannya, membuat Candi tersebut masuk ke dalam warisan budaya oleh UNESCO. 

Candi Prambanan

Opsi objek wisata Indonesia bersejarah selanjutnya adalah Candi Prambanan yang berada di daerah Kranggan, Bokoharjo di Kecamatan Prambanan, Sleman. Bangunan dari Candi Prambanan sangat megah serta menceritakan mengenai Ramayana dan Kresnayana. 

Tidak heran apabila dalam momen tertentu, Candi Prambanan sering dijadikan sebagai tempat pagelaran dari sendratari. Tempat ini pun juga mempunyai keterkaitan erat dengan kisah Roro Jonggrang di mana menjadi legenda paling populer. 

Lawang Sewu 

Lawang Sewu adalah sebuah bangunan peninggalan Belanda yang berada di Semarang, Jawa Tengah. Dulu bangunan tersebut berfungsi sebagai kantor perusahaan kereta api swasta milik Belanda. 

Salah satu daya tarik dari bangunan tersebut adalah adanya sejarah kelam sehingga membuatnya terkesan mistis dan menyeramkan. Bahkan tidak jarang banyak orang menyebutkan kalau ada sejumlah makhluk gaib sering menampakkan diri. 

Istana Maimun

Objek wisata Indonesia ini berlokasi di daerah Medan dan menjadi saksi sejarah dari kesultanan Deli dengan kisahnya yang unik. Walaupun sudah ada sejak lama, tetapi ornamen dari bangunan masih terlihat mewah sekaligus kokoh. 

Dominasi warna kuning keemasan juga akan memenuhi bangunan bersejarah, lengkap dengan perabotan istana. Apabila kalian datang kesini, maka bisa belajar mengenai kisah Kesultanan Deli yang pernah berjaya di masa lampau. 

Benteng Fort Rotterdam 

Ketika datang ke Benteng Fort Rotterdam, kalian akan melihat deretan benteng pertahanan yang sudah ada sejak masa Kerajaan Gowa Tallo 1545. Pada awal berdirinya, benteng ini mempunyai nama Benteng Ujung Padang, tetapi berubah karena adanya kolonial Belanda. 

Namun sesudah itu, tempat tersebut berhasil pihak Sultan Hasanudin rebut kembali. Terdapat sejumlah fakta dari benteng tersebut, tetapi yang paling populer adalah pernah menjadi tempat penahanan Pangeran Diponegoro. 

Benteng Vredeburg 

Selain ada benteng Fort Rotterdam, objek wisata Indonesia kaya akan sejarah berikutnya adalah benteng Vredeburg yang berada di Yogyakarta. Keberadaan dari benteng ini pun menjadi saksi bagaimana masyarakat memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. 

Disinilah, para pengunjung bisa belajar mengenai sejarah Indonesia pada masa penjajahan Belanda. Untuk lokasinya sendiri tidak jauh dari kawasan Keraton dan dekat dengan jalan raya sehingga sangat strategis. 

Gedung Sate 

Bukan hanya sebuah bangunan di mana sering masyarakat gunakan untuk bersantai di depannya, tetapi Gedung Sate Bandung juga termasuk salah satu tempat bersejarah. Sesuai dengan namanya, kalian akan menemukan bentuk tusuk sate di bagian paling puncak. 

Bangunan ini sebenarnya mempunyai arsitek asal Belanda yakni Ir Johan Gerber pada masa Belanda. Tidak heran kalau arsitektur bangunan tersebut sangat khas akan nuansa Hindia Belandanya. 

Istana Gebang 

Apabila kalian ingin melihat bagaimana kehidupan dari Ir Soekarno ketika masih kecil, maka datanglah ke objek wisata Indonesia bersejarah satu ini. Kendati hanya menjadi tempat masa kecil, tetapi bangunan masih terjaga dan terawat hingga sekarang. 

Keberadaannya sering menjadi tempat favorit bagi masyarakat untuk menghabiskan waktu liburan. Disini, kalian juga dapat melihat pertunjukan kesenian ataupun melakukan kegiatan berfoto. 

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini