Apa Itu ChatGPT? Berikut Manfaat dan Efek ChatGPT 

Primaradio.co.id – ChatGPT merupakan fitur chatbot yang dibuat oleh Open AI dan sangat terkenal belakangan ini. Dianggap dapat menggantikan pekerjaan manusia, ChatGPT memang dapat melakukan berbagai pekerjaan dalam waktu yang singkat. ChatGPT bisa menjawab pertanyaan matematika, menyarankan jawaban atas pertanyaan pengguna sampai memberikan jokes sesuai tema yang Anda minta. 

Baca juga: Berkenalan dengan ChatGPT Teknologi AI Viral dan Manfaatnya

Apakah Anda pernah mencobanya? Apabila belum, di bawah ini kita akan mengulas pengertian Open AI, efek ChatGPT, cara kerja dan cara menggunakan, serta kekurangan dan kelebihannya. Penasaran? Simak uraian lengkapnya hingga habis berikut ini. 

Apa Itu Open AI? 

Sebelum mengulas lebih jauh mengenai ChatGPT, pastinya kita perlu mengetahui pengertian Open AI lebih dulu. Open AI merupakan perusahaan milik Elon Musk dan Altman yang telah berdiri dari tahun 2015 silam. Terlepas dari semua fiturnya yang canggih, perusahaan riset tersebut bersifat nonprofit.

Tentu saja tujuannya guna menyediakan AI atau Artificial Intelligence yang bisa memberikan banyak manfaat pada manusia. Perusahaan tersebut juga berdiri karena keprihatinan foundernya terhadap potensi AI yang sangat membahayakan. Sesudah itu, hadirlah Open AI 8 tahun yang lalu. 

Apabila Anda belum tahu, Open AI merupakan perusahaan yang mengenalkan ChatGPT, sehingga kita semua dapat memakainya. 

Apa Itu ChatGPT? 

Mempunyai kepanjangan dari A Generative Pre-trained Transformer, ChatGPT menyediakan berbagai fitur menarik yang bisa Anda kulit. Semua fitur pada ChatGPT ini berasal dari Open AI dan dapat memudahkan pekerjaan Anda asal mengetahui cara memakainya. 

Tetapi, sebelum mengulas hal tersebut, ada baiknya Anda ketahui lebih dahulu efek ChatGPT ini. Benarkah ia dapat menghilangkan pekerjaan manusia? 

Efek Negatif dari ChatGPT untuk Kehidupan Manusia 

ChatGPT bisa dipakai guna memahami dan menghasilkan teks alami dalam bahasa Inggris, bahasa Indonesia hingga beberapa bahasa lainnya. ChatGPT sudah dilatih pada jutaan berkas teks dan bisa dipakai untuk tugas-tugas seperti penerjemahan, pembuatan ringkasan, generasi teks dan masih banyak lagi. 

Pada tugas penerjemahan, ChatGPT tidak sebaik penerjemahan yang dilakukan oleh manusia namun bisa memberikan terjemahan yang baik. ChatGPT pun dipakai menjadi dasar untuk berbagai aplikasi AI yang dipakai secara luas, seperti asisten virtual dan chatbot

Namun, ada pula efek buruk yang membuat ChatGPT ini dilarang untuk digunakan. Beberapa efek ChatGPT untuk kehidupan manusia, beberapa diantaranya yaitu: 

  1. Membuat Kepercayaan Diri Menurun 

Sebagian murid akan mengalami penurunan kepercayaan diri saat mengerjakan soal-soal ujian sebab telah ketergantungan dengan bantuan jawab dari teknologi yang satu ini. Akhirnya, rasa kepercayaan diri tersebut hilang dan berpengaruh pada kehidupannya nanti. 

  1. Malas Berpikir 

Efek ChatGPT berikutnya yang tidak bagus yaitu pastinya para siswa akan semakin malas untuk memikirkan jawaban untuk menjawab soal ujian sebab seluruh jawaban dapat dilakukan oleh ChatGPT. 

  1. Tidak Disiplin 

Umumnya para siswa mempunyai manajemen waktu untuk belajar. Seperti, hari ini wajib belajar matematika selama 2 jam di pagi hari dan biologi selama 3 jam di siang hari. Karena adanya bantuan dari ChatGPT ini, segalanya bisa menjadi mudah. Hal tersebut menjadikan para siswa malas belajar dan tidak memerlukan waktu lama sehingga bisa menghilangkan rasa disiplin dalam dirinya. 

Cara Kerja ChatGPT 

Setelah mengulas efek ChatGPT, rasanya masih kurang jika kita tidak membahas cara kerja dari teknologi yang satu ini. Jadi, cara kerja dari ChatGPT ini dengan mempelajari sebagian besar teks yang ada di internet. Model bahasa ini memakai teknologi AI terbaru guna memahami konteks dan menghasilkan teks yang relevan. 

Selain itu, ChatGPT bisa dipakai untuk berbagai jenis tujuan, misalnya menerjemahkan bahasa, membuat teks yang asli dan menjawab semua pertanyaan yang rumit. 

Cara Memakai ChatGPT 

Untuk tutorial cara memakainya, Anda tidak harus melakukan instalasi seperti halnya mengunduh aplikasi. Anda hanya perlu kunjungi websitenya dan masukkan kata kunci yang Anda inginkan. Tetapi, ChatGPT mewajibkan Anda untuk melakukan registrasi sebelum memulai pencarian. Caranya, Anda dapat memakai pilihan login mudah menggunakan Google Account. 

Sesudah itu, masukkan nomor telepon. Di tahap ini, Anda akan memperoleh kode konfirmasi yang perlu dimasukkan pada halaman selanjutnya. Berikutnya, fitur ChatGPT ini dapat Anda gunakan. 

Kelebihan dan Kelemahan ChatGPT 

Ada berbagai kelebihan dan kelemahan yang dimiliki ChatGPT ini, jika Anda penasaran, maka bisa simak uraian di bawah. 

  1. Kelebihan ChatGPT

Setelah mengetahui cara kerja dan cara memakai ChatGPT maka perlu diketahui juga mengenai kelebihan dari ChatGPT. Berikut kelebihan dari ChatGPT:

  1. Peka Terhadap Penyesuaian Kueri 

Kepekaan terhadap perubahan kueri ini dapat Anda rasakan manfaatnya khususnya saat tidak memperoleh jawaban dari pernyataan tertentu. Dalam keadaan tersebut, Anda dapat menginput pertanyaan berbeda-beda dengan arti sama supaya AI memahami pertanyaan. 

  1. Gaya Bahasa Tidak Kaku 

Tidak hanya memberikan berbagai jawaban terhadap pertanyaan pengguna, AI pun bisa membuat jawaban yang sangat human friendly yaitu dengan mengikuti gaya bahasa manusia. 

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini