Sekilas Asal Usul Agama Hindu Pertama Kali Ada

Primaradio.co.id – Mengetahui asal usul agama Hindu ternyata mempunyai perjalanan panjang di seluruh dunia ataupun Indonesia. Perkembangannya dari awal hingga sekarang tentunya mempunyai banyak lika liku prosesnya. Mulai dari pembawaan sampai pada memiliki pengikut yang setia taat mempelajarinya. 

Baca juga : 6 Daftar Agama dengan Pengikut Terbanyak di Dunia

Di seluruh dunia ataupun Indonesia mempunyai kepercayaan yang sangat banyak jenisnya. Maka tidak heran, apabila kalian perlu mengetahuinya sebagai bekal pengetahuan akademis ataupun non akademis. Pada wilayah Indonesia sendiri, Bali sangat kental dengan pemeluk kepercayaan tersebut. 

Maka tidak heran apabila daerah tersebut banyak penduduknya pemeluk agama ini dengan tempat ibadahnya. Tentunya, dibalik itu semua mempunyai banyak sejarah yang terjadi sebelumnya. Untuk itu, simaklah ulasan berikut ini untuk membantu pemahaman kalian mengenai hal tersebut. 

Sejarah dari Asal Usul Agama Hindu 

Memahami asal usul agama Hindu mungkin sangat kental kaitannya dengan negara India sebagai ciri khasnya. Berkembang sangat pesat dalam kurun waktu yang sangat panjang di seluruh dunia. 

Namun, bisa kalian pahami bahwa kepercayaannya terhadap Brahmana yang mengacu pada konsep realitas alam semesta. Sehingga, kata Hindu sendiri berasal dari kata Sindhu bahasa Sansekerta mempunyai arti sebuah sungai di sebelah barat daya wilayah India. 

Awalnya istilah tersebut muncul sebagai istilah wilayah saja gunanya merujuk untuk menyebut suatu suku yang tinggal di seberang sungai terdekatnya. Bagi para sejarawan sendiri menjelaskan para suku tersebut sebagai istilah wilayahnya saja tidak mengacu pada segi suatu agama.

Hinduisme sebagai sebuah kepercayaan yang sangat dominan pemeluknya di Asia Selatan, yakni Negara India dan Nepal. Bahkan, mempunyai banyak aneka ragam tradisi dan alirannya di antaranya Saiwa, Waisnawa, dan Sakta. 

Bukan hanya itu saja, asal usul agama Hindu melainkan pada suatu pandangan luas akan hukum dan aturan tentang moralitas sehari – harinya. Moralitas sehari – harinya ini berdasarkan pada karma, darma dan norma kemasyarakatan di dalamnya. 

Bahkan, ajarannya ini dalam perkembangannya banyak mempercayainya sebagai agama tertua di dunia yang masih bertahan sampai sekarang. Sehingga, dalam praktiknya sendiri meliputi bentuk ritual, yaitu puja sembahyangan, pembacaan doa dan perayaan suci hari tertentu atau penting. 

Praktiknya juga ada penziarahan, kaum petapa dengan sebutan sadu sebagai orang suci. Sadu ini akan melakukan tindakan melepaskan diri dari kesibukan duniawi demi mencapai Moksa. Terdapat kelompok besar bernama Sruti (apa yang terdengar saja) dan bernama Smerti (apa yang diingat saja) menurut Susastra Hindu. 

Asal Usul Agama Hindu sebagai Agama Tertua 

Mengenai asal usulnya, para ahli menyebutnya sebagai agama tertua di muka bumi. Akarnya sendiri orang – orang meyakini sudah ada semenjak 7.000 tahun sebelum masehi. Hal tersebut terbukti oleh adanya penemuan para arkeolog yang sudah ada sejak tahun tersebut. 

Arkeolog, seperti sapi dan banteng yang telah menjadi salah satu hewan suci bagi umat Hindu. Pada kitab sucinya juga bernama Weda berusia hampir 3.500 tahun dan memulai perkembangannya sekitar 4.000 tahun lalu. 

Melalui bukti yang para ahli temukan di bukit lembah sungai Indus, Pakistan. Bermula dari orang – orang di Indo – Arya yang bermigrasi ke daerah Lembah Indus sampai mempengaruhi bahasa dan kebudayaannya. 

Sehingga, periode ini menyebutnya sebagai periode Weda dengan teks kuno mulai ditulis. Pada titik inilah kepercayaan ini mulai menyebar ke seluruh belahan dunia. 

Asal usul agama Hindu terjadi pada abad ke-19 dan awal abad ke-20 para imigran dari India membawa ajaran dan mempraktikkannya ke dalam negara lain. Negara ini, yaitu Guyana, Suriname, Trinidad, sampai Amerika Latin. 

Negara Asia mulai ada praktik agama itu pada zaman kuno melalui perdagangan dan hubungan budaya. Penyebaran di dunia juga tidak hanya sampai Asia saja melainkan pada bagian seluruh belahan dunia lainnya. 

Seperti halnya negara Sri Lanka, Fiji, Afrika Selatan, dan beberapa negara lainnya dengan praktik ajarannya. Melalui praktik spiritual ini penyebarannya sangat efektif untuk membentuk kelompok. 

Bagaimana Asal Usul Agama Hindu di Indonesia

Selain asal usul agama Hindu pada belahan dunia, terdapat perkembangan sendiri di negara Indonesia. Terdapat beberapa poin penting untuk kalian ketahui bagaimana saja sejarah sampai perkembangannya. Untuk itu, ulasan berikut ini akan membahasnya mengenai topik tersebut secara rinci. 

Melalui Jalur Perdagangan dan Pelayanan

Pertama, masuknya agama ini bermula dari jalur lalu lintas perdagangan dan pelayanan sejak awal abad 1 Masehi. Alasannya adalah, sejak masa itu Indonesia telah menjalin hubungan dagang dengan negara lain karena letak geografis yang sangat strategis. Sehingga, sangat memungkinkan jalur masuknya kepercayaan ini dengan mudah. 

Letaknya yang berada di sebelah Timur India itu membuat para pelayan dari negara tersebut lebih mudah mencapai sampai Indonesia. Melalui perdagangan inilah mulai masuk kebudayaan asing beserta ajaran keagamaannya. Ajaran ini kemudian dianut oleh para raja – raja yang mempengaruhi masyarakatnya. 

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini