Sekilas Asal Usul Agama Hindu Pertama Kali Ada

Melalui Beberapa Teori dari Para Ahli

Asal usul agama Hindu juga bisa memahaminya dari teori para ahli yang menjelaskannya. Teori pertama, Teori Sudra yang intinya adalah berkembangnya agama tersebut ke Indonesia dibawa oleh orang – orang India sendiri berkasta Sudra. 

Pendapat Van Feber menyebutkan, bahwa kasta Sudra menginginkan kehidupan lebih baik dari pada menetap di negara sendiri. Kedua, teori Waisya yang isinya menyatakan berkembangnya agama ini dari kasta Waisya golongan pedagang. 

Perdagangan ini melalui interaksi menyebabkan ajarannya mulai menyebar ke daerah Indonesia. Interaksi ini, menyebabkan mereka menetapkan pemukiman sampai menetap dan menyebarkannya. 

Ketiga, teori Ksatria sebagai salah satu asal usul agama Hindu dari golongan bangsawan atau ksatria. Golongan bangsawan ini membawa ajarannya setelah kalah perang dengan negara lain secara perlahan. 

Tujuannya juga untuk menaklukkan daerah baru dan membentuk pemerintahan baru seperti dalam negara asalnya. Teori Brahmana, dari golongan Brahmana yang paling mengetahui tentang kepercayaannya. 

Bahkan kaum Brahmana sangat mengerti bahasa Sansekerta hingga memudahkan mereka menyebarkan kepada orang asing. Hal ini juga terkuak dengan salah satu prasasti Indonesia pertama memakai bahasa Sansekerta. 

Baca juga : Larangan bagi Penganut Agama Hindu: Sejarah, dan Keyakinan.

Beberapa poin di atas bisa menjadi bekal pengetahuan ketika ingin mengetahui bagaimana perjalanan agama tersebut. Perkembangannya dari belahan dunia sampai pada Indonesia mempunyai jalurnya masing – masing. Adanya informasi mengenai asal usul agama Hindu memberi pengetahuan lebih pada bidang ini. 

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini