Asisten Browser Cerdas Aria Inovasi Terbaru di Era AI

Seiring dengan berkembangnya teknologi yang semakin pesat, kini perusahaan mulai saling berlomba menghadirkan AI atau Artificial Intelligence, seperti asisten browser cerdas Aria. Basisnya adalah Chat GPT. 

Baca juga: Kenalan dengan Boneka Termal ANDI yang Bisa Berkeringat

Hadirnya teknologi seperti ini diharapkan mampu membantu para pengguna untuk menemukan berbagai macam informasi di website. Selain itu juga mampu menghasilkan teks maupun kode serta menjawab berbagai pertanyaan pengguna. 

Aria sendiri dirancang dengan dasar infrastruktur “Komposer”. Sehingga akan semakin memudahkan kalian dan para pengguna lain dalam mencari informasi. Seperti yang disampaikan Juru Bicara Opera. 

Apa Itu Asisten Browser Cerdas Aria dari Opera?

Sebelum berbicara lebih jauh sebaiknya pahami terlebih dahulu apa itu Aria sebagai salah satu terobosan baru. Aria sendiri adalah asisten browser AI dari perusahaan Opera Software. Bertujuan mengoptimalkan hasil pencarian.

Terutama pada browser Opera. Jika kalian masih bingung letaknya di mana maka bisa mencarinya pada sisi sidebar Opera yakni di sebelah kiri layar. Setelah itu segera klik ikon dan tunggu beberapa saat. 

Maka browser Opera akan segera menampilkan panel. Panel ini dapat digunakan untuk berinteraksi bersama AI bernama Aria. Pelayanannya sangat mirip Chat GPT. Pengguna dapat mengajukan berbagai pertanyaan sesuai kebutuhan.

Sebelumnya memang browser Opera Software sudah mengusung berbagai macam fitur AI. Misalnya saja di Februari 2023 lalu, sudah ada layanan Chat aGPT di bagian sidebar browser. 

Keberadaannya sangat memungkinkan kalian dan pengguna lain memperoleh hasil berupa ringkasan berdasarkan hasil pencarian artikel. Tidak sampai disitu saja, ternyata Opera juga meluncurkan fitur AI prompts dengan berbagai pintasan tools AI. 

Dengan adanya fitur AI prompts maka para pengguna bisa melakukan beberapa macam hal. Diantaranya adalah meringkas sebuah teks, membuat tweet berdasarkan artikel yang sudah dibaca, dan memperoleh pengertian konsep tertentu. 

Dari penjelasan di atas kalian dapat menyimpulkan jika asisten browser cerdas Aria merupakan fitur lanjutan dari pihak Opera. Sistem operasinya akan memanfaatkan dukungan dari adanya teknologi AI.

2 Kelebihan Aria sebagai AI Browser di Opera

Kehadirannya memang berhasil menjadi terobosan baru bagi para pengguna internet. Pasalnya perolehan informasi pada website jadi lebih mudah. Selain itu ternyata ada beberapa kelebihannya seperti:

Mampu Memberikan Informasi Terbaru

Seperti yang sudah diungkap pada penjelasan awal tadi. Bahwasanya Opera telah mengklaim jika asisten browser cerdas Aria dibangun menggunakan arsitektur “Komposer” yang inovatif. Jadi ada banyak fungsi yang ditawarkan di dalamnya.

Beberapa diantaranya adalah mencari informasi terkait produk tertentu, menulis teks, menelusuri browser dan lainnya. Bahkan digadang-gadang teknologi AI ini juga sudah berhasil dikembangan dengan bagus.

Buktinya karena sudah mampu berinteraksi dengan mulus bersama para pengguna Opera. Salah satu contoh fungsinya adalah ChatGPT dari OpenAI. Meskipun begitu, ternyata Aria mampu menyajikan informasi yang real time. 

Apalagi jika melakukan perbandingan dengan beberapa versi standar Chat GPT lainnya. Dengan kata lain, asisten browser cerdas Aria bisa mengakses berbagai macam konten di internet yang real time.

Kemungkinan seperti ini tentunya tetap bisa terjadi. Mengingat browser Opera Aria sudah didukung dengan kumpulan informasi dari data base yangs sebelumnya sudah tersimpan dengan baik di browser Opera.

Belum lagi dengan dukungan infrastruktur “Komposer” yang akan menentukan desain dari pengembangan asisten browser cerdas Aria. Sehingga membuka peluang konektivitasnya dengan beberapa model AI lainnya. Tentu banyak hal terasa makin mudah. 

Hanya saja Opera menyebut jika hal tersebut ternyata masih jadi bagian rencana dalam pengembangan layanan AI pada masa yang akan datang. Tidak heran karena prosesnya memang membutuhkan kolaborasi.

Menjadi Tanda Peningkatan Pesat dari Teknologi AI Generatif

Kehadirannya terlihat memang menjadi tadi jika ada peningkatan yang luar biasa. Terutama dalam penerapan teknologi berbasis AI generatif ke layanan ternama. Jika sebelumnya ada Microsoft dengan teknologi AI generatif.

Teknologi tersebut sudah terintegrasi di layanan Edge dan Bing. Selain itu Microsoft juga telah mengumumkan adanya peluncuran dari asisten browser. Namanya adalah Windows Copilot dengan beberapa kelebihannya.

Melihat dari sejumlah perkembangan yang ada saat ini , Opera Software seperti tidak mau tertinggal dengan lainnya. Asisten browser cerdas Aria bahkan akan memungkinkan pengguna untuk akses AI secara free alias gratis.

Meskipun untuk saat ini masih dalam proses tahapan awal pengembangan. Namun tidak dipungkiri kedepannya Opera akan melengkapinya dengan berbagai macam jenis fitur tambahan yang tentunya inovatif. 

Cara untuk Menggunakan Asisten Browser Cerdas Aria

Kehadirannya menjadi salah satu langkah baru dan lanjutan dari Opera untuk mengembangkan layanan AI secara generatif. Salah satu tujuannya adalah mengoptimalkan layanan browsernya. Walau masih awal ternyata sudah bisa digunakan.

Setidaknya sudah bisa digunakan pada lebih dari 180 negara. Pengumuman ini sudah disampaikan sejak bulan April 2023 lalu. Jadi kalian bisa mencobanya. Cara menggunakannya pada perangkat sangat mudah yakni:

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini