Bagaimana Hukum Menggunakan Nail Arts atau Kutek Saat Shalat?

Primaradio.co.id – Penasarankah Anda tentang bagaimana hukum menggunakan nail arts atau kutek saat shalat? Perempuan mungkin telah terbiasa menghias kukunya agar semakin cantik. Islam sama sekali wanita tidak melarang memperindah diri sendiri.

Baca juga: Doa Qunut Sholat Subuh & Witir (Arab, Latin & Terjemahan)

Penting Anda pahami gaya hidup menjadi salah satu alasan perempuan menggunakannya. Meski begitu pada dasarnya bukan menjadi hal baru dalam kehidupan. Melainkan tetap banyak memakainya para wanita pada zaman dahulu.

Dulunya masih menggunakan bahan alami dan sederhana. Beda dengan sekarang di mana terdapat cat kuku yang punya berbagai macam bahan. Tidak heran jika memunculkan permasalahan jika memakainya tapi ingin salat.

Anda umumnya bisa menemukan bentuk atau warna menarik. Wajar apabila tertarik dan kemudian tanpa memikirkan bagaimana efeknya untuk beribadah. Jadi, penting untuk memahami tentang hukumnya sehingga tepat dalam pemakaian.

Bagaimana Hukum Menggunakan Nail Arts atau Kutek Saat Salat?

Tangan wajib terbasuh dan terkena air ketika wudhu sebelum salat. Dalam beberapa ayat tersebutkan saat berwudhu, tangan harus membasuh sampai siku. Hal ini menandakan kuku termasuk anggota tubuh terkena air.

Lalu bagaimana hukum menggunakan nail arts atau kutek saat shalat? Apabila ada seorang perempuan memakaikan kutek pada kukunya, kemungkinan dapat menghalangi aliran air. Artinya sulit menyebutkan kalau Anda mencuci tangan.

Dalam urusan berwudhu, pastinya wajib membasuh tangan dengan air mengalir. Bahkan sela jari hingga kuku sekalipun harus terkenai dengan baik. Jika menghalangi masuk air pada pori-pori, menandakan wudhu tidak sah.

Hal ini sebenarnya menjadi alasan salat tersebut selanjutnya tidak sah. Pendapat semacam ini tepat melihat beberapa sifat dari kutek tersebut. Keabsahan menjadi lebih kecil sehingga tidak bisa sembarangan memakainya.

Bagi perempuan, selalu wajib untuk mengetahui tipe atau jenis hiasan kukunya. Sebelum hendak berwudhu, harus memastikan jenisnya itu menyerap pori-pori. Apabila kedap air, menandakan Anda harus segera membersihkannya.

Sudahkah Anda paham tentang bagaimana hukum menggunakan nail arts atau kutek saat salat? Selain untuk perempuan, tentunya hal ini juga berlaku pada laki-laki. Artinya harus selalu berhati-hati menggunakan hiasan apapun.

Apalagi umat Muslim harus melaksanakan ibadah salat 5 waktu setiap harinya. Pastinya merepotkan apabila telah memasang dan mencopotnya secara berulang. Tidak heran harus pintar-pintar untuk memilih produk kutek kuku halal.

Anjuran Penggunaan Kutek atau Nail Arts yang Benar

Pentingkah pemahaman tentang bagaimana hukum menggunakan nail arts atau kutek saat salat? Jawabannya penting karena menjadi aturan dan ketentuan. Meski begitu karena boleh, Anda tetap harus mengikuti anjurannya.

  1. Memilih Kutek Halal

Salah satu anjuran penting yakni penggunaan jenis kutek halal. Bukan hanya itu, melainkan kutek yang tidak memiliki kandungan alkohol ternyata lebih baik. Untuk sifatnya tidak menggumpal sehingga cocok bagi muslim.

  1. Perhatikan Bahan

Selain itu sebelumnya bisa mencobanya dahulu apakah bahannya cepat kering atau tidak. Hal ini penting untuk memperhatikan kondisi pori-pori. Jika terbilang cepat kering, artinya menyerap air dan udara sehingga bagus.

Kemudian saat Anda pakai pada kuku, rasakanlah sejenak. Apabila terasa cukup sejuk, menandakan terdapat teknologi berupa micropore. Hal ini penting supaya bahannya setelah terpasang mudah melewati air maupun udara.

Muslim wajib mengetahui bagaimana hukum menggunakan nail arts atau kutek saat salat? Karena menjadi kewajiban, pastikan anjuran ini Anda ingat. Terutama agar bisa sesuai dengan ketentuan agama dan sholatnya sah.

  1. Peel Off

Anjuran selanjutnya yang perlu Anda ingat yakni tipe peel off. Pastinya sulit menemukan pada hiasan kuku terutama jika memakai lem kuat. Ada baiknya mudah Anda lepas apabila ingin melakukan ibadah.

Apabila ingin menghias tangan, tidak ada salahnya memakai pacar Arab atau henna. Terutama aman dan halal serta bisa menyerap air. Bukan hanya itu, kecantikan tangan juga tetap terjaga sehingga boleh.

Pastikan Memilih Kutek Halal agar Sah Waktu Salat

Anda sering repot dengan bagaimana hukum menggunakan nail arts atau kutek saat shalat? Menurut anjuran, diperbolehkan apabila memenuhi ketentuan. Misalnya menyerap dan tidak menghalangi aliran air.

Selain itu ketentuan halal tidak kalah pentingnya bagi muslim. Umumnya tipe jenis yakni punya bahan dasar berupa polimer. Jenis satu ini bagus karena bisa melewati air maupun oksigen dengan baik.

Artinya walaupun sudah memakainya tapi berwudhu, bukan masalah. Lalu selanjutnya menjalankan ibadah salat juga menjadi sah. Penting Anda ketahui tipe kutek ini punya formulasi khusus dari bahan tidak haram.

Apakah Anda tahu bagaimana hukum menggunakan nail arts atau kutek saat salat? Memahami penggunaan tipe halal penting dan terlihat dari baunya saat terpakai. Umumnya halus aromanya dan tidak berbau tajam.

Sementara itu bahannya ringan serta tidak menyebabkan gumpalan. Keuntungan menggunakan tipe ini adalah lebih mudah untuk Anda bersihkan. Artinya ibadah berjalan dengan lancar, jika ingin membersihkan juga terjamin cepat.

Hukum Memasang Nail Arts dan Kutek Saat Berwudhu

Apakah Anda memahami bagaimana hukum menggunakan nail arts atau kutek saat shalat? Jika sudah artinya dapat mengetahui juga tentang ketentuan untuk wudhu. Ternyata punya aturan dan ketentuan yang cukup sama. 

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini