Bahaya Modus Catfishing Online Berkedok Hubungan Asmara

  1. Postingan yang Professional 

Jika kamu memperhatikan bagaimana pelaku memposting fotonya, cobalah untuk melihat apakah foto-foto mereka terlihat seperti diambil secara profesional? Jika benar, kemungkinan dia adalah pelaku catfishing karena tampilan yang diperlihatkan sangat menarik perhatian banyak orang. 

  1. Anti Sosial 

Biasanya pelaku catfishing tidak memiliki banyak foto dengan teman-teman di akun media sosialnya. Bahkan hampir semua foto adalah foto mereka sendiri. 

  1. Tidak Ada Komentar 

Jika kamu perhatikan postingan di akun media sosialnya, mereka pasti jarang mendapat komentar di postingan mereka, atau orang yang komentar di akun media sosialnya seringkali orang yang sama. 

Hal yang Harus Dilakukan Jika Kamu Merasa Sedang Ditipu Catfishing

Tidak ada cara yang pasti dan terbukti paling ampuh untuk terhindar dari pelaku catfishing. Mungkin beberapa langkah yang bisa kamu lakukan adalah sebagai berikut. 

  1. Kumpulkan Informasi 

Kumpulkan semua informasi yang kamu miliki tentang orang tersebut. Misalnya kamu bisa menemukan identitas aslinya seperti nama depan, nama belakang, nama panggilan, usia, tanggal lahir, tempat tinggal, pekerjaan, foto, dan mulai perhatikan baik-baik profil mereka dan catat apapun yang menurut kamu aneh. Selain itu, catat beberapa ucapan yang tidak konsisten berupa informasi yang mereka berikan kepadamu. 

  1. Ceritakan 

Berbicaralah dengan teman dan keluarga mengenai kekhawatiranmu dan dengarkan baik-baik pendapat mereka tentang situasi tersebut. 

Baca juga : Kenali Bahaya Rokok Elektrik Bagi Tubuh

  1. Persiapkan Mental 

Mulailah untuk memikirkan dan menetapkan setiap hasil yang kamu dapatkan. Pikirkan perbedaan antara pelaku catfishing dengan yang bukan dan mulailah mempersiapkan diri secara emosional. Demikianlah beberapa pembahasan mengenai bahaya modus catfishing online berkedok hubungan asmara. Mengetahui sejak awal bahwa kamu termasuk orang yang ditipu akan jauh lebih baik daripada kamu sudah terlanjur melangkah pada hubungan asmara yang lebih serius. Waspada dan cegahlah diri kamu dari berbagai tindak kejahatan di media sosial.

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini