Begini Cara Cek BPJS Kesehatan, Aktif atau Sudah Off?

Tidak membayar iuran wajib

Penyebab BPJS Kesehatan yang tidak aktif lagi bisa saja karena kalian telat atau tidak membayaran iuran wajib. Hal ini jelas saja mewajibkan kalian melunasi iuran tersebut. kadang, alasan inilah yang membuat status keanggotaan BPJS Kesehatan dinonaktifkan.

Perlu dipahami juga, status BPJS Kesehatan tidak aktif karena keterlambatan pembayaran iuran dapat terjadi dan dibagi menjadi dua kelompok peserta, seperti halnya peserta mandiri dan juga peserta penerima upah atau PPU.

PHK atau resign

Jika kalian termasuk kelompok peserta BPJS Kesehatan PPU, maka pembayaran iuran bakal menjadi tanggung jawab pihak perusahaan. Namun, bagaimana jika kalian sudah keluar atau tidak lagi bekerja di perusahaan tersebut? Mungkin bisa saja kalian memutuskan untuk resign mengundurkan diri ataupun korban PHK.

Khusus dalam situasi seperti ini, maka kalian pun perlu mengetahui cara cek BPJS Kesehatan dengan status tidak aktif lagi. Alasannya un disebabkan perusahaan yang tidak lagi menanggung beban pembayaran iuran bulanan BPJS Kesehatan kalian.

Sudah berumur 21 tahun

Selanjutnya, penyebab status kepesertaan BPJS Kesehatan tidak aktifkan lagi karena anggota sudah berusia 21 tahun. Hal ini bisa saja terjadi pada saat iuran pembayaran anggota yang sebelumnya menjadi tanggungan dari orang tua.

Walaupun demikian, tidak semua anggota yang sudah berusia 21 tahun ini mengalami penonaktifan keanggotaan BPJS Kesehatan. Sebagai contohnya ketika ada seseorang yang masih berstatus sebagai pelajar atau mahasiswa, maka keanggotaannya pun masih ditanggung penuh oleh orang tuanya sampai berumur 25 tahun.

Sudah berkemampuan membayar iuran

Terakhir, penyebab status keanggotaan BPJS Kesehatan tidak aktif lagi karena kalian dianggap sudah mampu untuk membayar iuran secara mandiri. Dalam hal ini, maka kalian akan masuk ke dalam kelompok peserta BPJS Penerima Bantuan Iuran (PBI).

Bagi peserta BPJS PBI ini tidak perlu lagi membayar iuran bulanan. Sebagai penggantinya, iuran tersebut sudah menjadi tanggungan pemerintah, baik daerah maupun pusat. Akan tetapi, keringanan ini pun hanya akan berlaku bagi kalian yang sudah terdaftar sebagai penerima bantuan pemerintah yang berada di bawah Kementerian Sosial.

Baca juga: Perawatan Kesehatan Ibu Hamil untuk Pencegahan Bayi Prematur

Cara cek BPJS Kesehatan sangat penting dilakukan karena agar mengetahui status kepesertaan dan supaya tidak ada kendala ketika kalian hendak menggunakan pelayanan kesehatan di rumah sakit.

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini