Begini Cara Cek BPJS Kesehatan, Aktif atau Sudah Off?

Cara cek BPJS Kesehatan kini sudah bisa dilakukan oleh siapa saja melalui perangkat smartphone berbasis android maupun iOS. Kesehatan adalah hal paling penting yang mesti diperhatikan oleh semua orang sehingga layak untuk kalian menjaganya sedari disini.

Baca juga: Asuransi Kesehatan Terbaik yang akan Melindungi Keluarga

Ketika kalian sedang memilih layanan kesehatan, maka BPJS Kesehatan adalah salah satu dari sekian banyaknya program yang bisa memastikan pesertanya memperoleh pelayanan kesehatan yang layak dan terjangkau. Kadang, banyak orang yang masih bingung terkait kepesertaan BPJS Kesehatan dapat kalian ketahui disini.

Panduan dan Cara Cek BPJS Kesehatan via Ponsel

Cara Cek BPJS Kesehatan
Sumber gambar: googleusercontent.com

Status keanggotaan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan penting sekali diketahui oleh masyarakat supaya bisa meminimalisir kendala ketika hendak menggunakannya. Cara cek BPJS Kesehatan yang masih aktif maupun off cukup mudah sekali dilakukan dengan menggunakan smartphone kalian.

Untuk pengecekan status keanggotaan, kalian bisa berkunjung secara langsung ke kantor BPJS Kesehatan terdekat. Akan tetapi, sekarang ini ada banyak pilihan cara tanpa perlu lagi kalian ke kantor BPJS dengan beberapa panduan menggunakan perangkat smartphone seperti berikut ini:

Cek BPJS Kesehatan via Apk Mobile JKN

Cara Cek BPJS Kesehatan
Sumber Gambar: .theconversation.com

Untuk cara cek BPJS Kesehatan yang pertama dapat kalian coba dengan menggunakan aplikasi mobile JKN. Untuk bisa menggunakan apk tersebut, pastikan terlebih dahulu kalian sudah mendownload dan install ke dalam perangkat ponsel. Lanjut dengan ikuti beberapa langkah seperti di bawah ini:

  • Buka aplikasi Mobile JKN di ponsel
  • Login dengan nomor kartu BPJS atau NIK dan juga password
  • Input captcha pada bagian kolom yang sudah tersedia di dalam aplikasi, klik Login
  • Pada halaman utama, kalian bisa pilih Info Peserta
  • Halaman akan segera menampilkan informasi status BPJS Kesehatan aktif atau off dan juga identitas pesertanya.

Cek BPJS Kesehatan via Care Center 165

Cara Cek BPJS Kesehatan
Sumber Gambar: kabarpali.com

Berikutnya cara cek BPJS Kesehatan yang dapat kalian lakukan menggunakan ponsel dengan hubungi Care Center 165. Namun sebelum melakukannya, pastikan kalian mempunyai pulsa terlebih dahulu, mengingat jenis layanan satu ini bersifat berbayar. Lanjut dengan kalian ikuti beberapa panduan di bawah ini:

  • Bisa langsung hubungi BPJS Kesehatan Care Center pada nomor 165
  • Pilih layanan angka 1
  • Pilih layanan status kepesertaan BPJS Kesehatan
  • Ketik NIK/nomor peserta BPJS Kesehatan
  • Input tanggal lahir
  • Tunggu beberapa saat hingga tertera informasi status keaktifan keanggotaan BPJS Kesehatan.

Cek BPJS Kesehatan via Chat Assistant JKN ‘’Chika’’

Cara Cek BPJS Kesehatan
Sumber Gambar: voi.id

Cara cek BPJS Kesehatan via chat assistant JKN ‘’Chika’’ ini dapat kalian coba melalui Telegram ataupun Whatsapp. Untuk Telegram bisa langsung kalian add di @Chika_BPJSKesehatan_bot) dan Whatsapp di 0811-8750-400, lanjut dengan panduan seperti di bawah ini:

  • Ketik angka 1 pada kolom chat, dan kirimkan
  • Setelah itu, bakalan muncul balasan dari Chika, kalian bisa klik Informasi dan pilih menu cek status kepesertaan BPJS Kesehatan
  • Ketik NIK/nomor peserta keanggotaan BPJS Kesehatan
  • Input tanggal lahir kalian menyesuaikan dengan format yang telah ditentukan
  • Kemudian, Chika bakal menampilkan informasi seputar status keaktifan kepesertaan dari JKN-KIS milik kalian.

Minta bantuan ke petugas BPJS Kesehatan di rumah sakit

Cara cek BPJS Kesehatan
Sumber Gambar: .voi.id

Terakhir, cara mudah cek BPJS Kesehatan yang dapat kalian lakukan pengecekannya dengan meminta bantuan kepada petugas di rumah sakit rujukan. Adapun tugas dari BPJS SATU ini memiliki peran dalam pemberian informasi beserta juga penanganan pengaduan (PIPP) BPJS Kesehatan di rumah sakit setiap daerah kalian.

Sebagai informasi tambahan, ketika cara cek BPJS Kesehatan dan muncul notifikasi registrasi ulang, maka kalian mesti melakukan pembaruan data NIK. Hal ini berguna sekali untuk mengurangi hak para peserta guna memperoleh jaminan pelayanan kesehatannya. Proses ini pun bisa disampaikan pembaruan NIK Dukcapil dengan ketentuan yang berlaku.

Cari Tahu Penyebab BPJS Kesehatan Tidak Aktif Lagi

Cara Cek BPJS Kesehatan
Sumber Gambar: kompas.com

Setelah mengetahui cara cek BPJS Kesehatan, ada banyak sekali manfaat yang bisa kalian rasakan saat memiliki BPJS Kesehatan seperti mendapatkan pelayanan kesehatan secara gratis tanpa harus membayar biaya di rumah sakit. Namun ternyata ada beberapa penyebab BPJS Kesehatan tidak aktif lagi yang perlu kalian ketahui agar dapat mengantisipasinya seperti:

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini