Berikut Manfaat Bawang Putih yang Perlu Diketahui

Tidak banyak orang yang benar-benar mengetahui manfaat bawang putih. Padahal manfaatnya sendiri sangat banyak untuk kesehatan, sehingga tidak berlebihan jika menyebut bawang putih perlu dikonsumsi secara rutin.

Baca juga: Mengenal Apa Itu Polidipsia dalam Bidang Kesehatan

Namun pada kenyataannya, bawang putih sendiri sering disepelekan oleh masyarakat. Kebanyakan hanya menganggap kalau ini adalah bumbu masak untuk menambah cita rasa. Bahkan ada beberapa orang yang sangat menghindari penambahan bawang putih.

Mengenal 8 Daftar Manfaat Bawang Putih

Mengenal 8 Daftar Manfaat Bawang Putih
Mengenal 8 Daftar Manfaat Bawang Putih

Jika ingin mengenal lebih jauh manfaatnya, kalian ada di ulasan yang tepat. Di kesempatan kali ini, manfaat lengkapnya akan diberikan khusus untuk kalian.

Efek Antibakteri dan Antivirus

Efek Antibakteri dan Antivirus
Efek Antibakteri dan Antivirus

Manfaat bawang putih telah lama diakui karena khasiat antibakteri dan antivirusnya yang berasal dari senyawa utamanya, alisin. Alisin adalah senyawa sulfur yang terbentuk ketika bawang putih diiris atau dihancurkan. 

Senyawa ini telah terbukti memiliki sifat antimikroba yang dapat membantu melawan berbagai jenis bakteri dan virus. Dalam penggunaan tradisional, bawang putih sering digunakan untuk membantu melawan infeksi saluran pernapasan dan infeksi lainnya.

Menurunkan Kolesterol

Menurunkan Kolesterol
Menurunkan Kolesterol

Studi ilmiah menunjukkan bahwa bawang putih dapat memberikan kontribusi positif terhadap manajemen kolesterol. Alisin dalam bawang putih diyakini dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL (jahat) dalam darah. 

Alisin bekerja dengan cara menghambat enzim yang terlibat dalam produksi kolesterol di hati. Pengurangan kadar kolesterol LDL dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan masalah kardiovaskular lainnya. 

Selain itu, manfaat bawang putih juga dapat meningkatkan kadar kolesterol HDL (baik), memberikan dampak positif pada profil lipid keseluruhan. 

Meskipun manfaat ini terdengar menggembirakan, perlu dicatat bahwa efek bawang putih pada kolesterol mungkin bervariasi antar individu dan faktor-faktor lain seperti pola makan secara keseluruhan juga memainkan peran penting dalam kesehatan kardiovaskular.

Tekanan Darah

Tekanan Darah
Tekanan Darah

Salah satu manfaat paling signifikan adalah kemampuannya untuk mendukung pengendalian tekanan darah. Komponen aktif utama dalam bawang putih, seperti alisin dapat berperan dalam melebarkan pembuluh darah dan meningkatkan aliran darah. 

Dengan merelaksasi pembuluh darah, bawang putih membantu mengurangi resistensi aliran darah dan oleh karena itu, dapat menurunkan tekanan darah. Hal ini memberikan dampak positif pada kesehatan jantung dan dapat membantu mengurangi risiko hipertensi.

Antioksidan

Antioksidan
Antioksidan

Manfaat bawang putih kaya akan antioksidan, termasuk flavonoid yang membantu melawan efek merusak radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas dapat menyebabkan stres oksidatif, yang dikaitkan dengan berbagai penyakit degeneratif, penuaan dan peradangan. 

Dengan menangkap radikal bebas, antioksidan dalam bawang putih membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan dan mempromosikan kesehatan selular yang optimal. Antioksidan juga dapat berkontribusi pada peningkatan sistem kekebalan tubuh, membantu melawan infeksi dan mempercepat proses penyembuhan.

Sistem Kekebalan Tubuh

Sistem Kekebalan Tubuh
Sistem Kekebalan Tubuh

Bawang putih memiliki potensi untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Komponen utamanya, alisin, telah menunjukkan sifat antimikroba dan antibakteri yang membantu tubuh melawan infeksi. 

Bawang putih juga dapat merangsang produksi dan aktivitas sel-sel kekebalan, seperti makrofag dan limfosit yang berperan dalam mendeteksi dan menghancurkan patogen yang masuk ke dalam tubuh. 

Dengan demikian, konsumsi bawang putih secara teratur dapat mendukung respons kekebalan tubuh terhadap berbagai penyakit dan infeksi.

Manfaat untuk Kesehatan Pencernaan

Manfaat untuk Kesehatan Pencernaan
Manfaat untuk Kesehatan Pencernaan

Manfaat bawang putih telah lama diakui karena potensi manfaatnya terhadap kesehatan pencernaan. Senyawa alisin dalam bawang putih diketahui memiliki sifat prebiotik, yaitu makanan untuk bakteri baik dalam usus. 

Bakteri baik ini, seperti lactobacillus, memainkan peran penting dalam kesehatan usus dan pencernaan. Mereka membantu menjaga keseimbangan mikrobiota usus, meningkatkan penyerapan nutrisi dan melindungi usus dari patogen berbahaya.

Selain itu, manfaat bawang putih juga dapat merangsang produksi enzim pencernaan seperti lipase dan amilase yang membantu dalam pemecahan lemak dan karbohidrat. 

Ini mendukung proses pencernaan secara keseluruhan. Efek prebiotik dan peningkatan enzim pencernaan ini dapat membantu mengurangi gejala gangguan pencernaan seperti gas, kembung dan masalah pencernaan lainnya.

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini