Mengenal Apa Itu Polidipsia dalam Bidang Kesehatan

Primaradio.co.id – Beberapa orang memang belum mengetahui tentang apa itu polidipsia. Ya, istilah ini bisa kalian temukan di bidang klinis atau kesehatan. Sebab, istilah penyakit ini merujuk pada salah satu jenis gangguan kesehatan.

Baca Juga : 5 Cara Meredakan Kecemasan di Tempat Kerja yang Bisa Dicoba

Polidipsia ini merupakan suatu gangguan yang mana penderita akan merasa kehausan berat. Memang rasa haus adalah hal yang sangat wajar. Namun bagaimana jika kalian merasa haus, meskipun telah minum dalam jumlah yang banyak.

Tentu saja penyakit ini dapat memicu penyakit berbahaya yang bisa saja merenggut nyawa penderitanya. Salah satu jenis penyakit berbahaya yang disebabkan oleh polidipsia ini seperti diabetes melitus atau diabetes insipidus.

Sebab kedua penyakit diabetes ini disebabkan karena mengkonsumsi minuman manis dalam jumlah banyak. Maka dari itu, ketahui tentang apa itu penyakit polidipsia. Dan pelajari apa saja risiko terberat serta cara mengatasi gangguan tersebut agar kalian tetap sehat.

Mengenal Lebih dalam tentang Apa Itu Polidipsia

Ketika merasa haus, tentu kalian akan mengkonsumsi air untuk menghilangkan rasa dahaga. Sebab, kerongkongan akan terasa kering karena kalian merasa kehausan. Setelah mengkonsumsi air, maka kalian merasa lega dan cairan dalam tubuh kembali normal.

Namun pernahkah kalian tetap merasa haus meskipun mengkonsumsi air yang cukup. Tentu saja hal tersebut menjadi tidak normal. Dalam istilah kesehatan, orang yang tetap merasa haus meskipun telah meminum cukup air ini disebut polidipsia.

Memang masih banyak orang yang bertanya tentang apa itu polidipsia. Polidipsia adalah suatu kondisi dimana penderita tetap merasa kehausan meskipun telah mengkonsumsi cukup air. Penderitanya kerap mengeluarkan rasa sakit seperti dehidrasi di bagian kerongkongan.

Tentu saja penderita ini dalam kondisi bahaya. Jika tidak segera dibawa ke dokter spesialis, maka dapat menyebabkan berbagai penyakit bawaan berbahaya. Bahkan, bahaya dari penyakit ini dapat merenggut nyawa seseorang.

Oleh karena itu, ketahui juga gejala-gejala dari seseorang didiagnosis menderita penyakit polidipsia. Dan ketahui juga bagaimana cara mengatasi dan tips mengontrol diri agar tidak terkena penyakit ini.

5 Faktor Penyebab dari Seseorang Mengidap Gangguan Polidipsia

Setelah membahas tentang apa itu polidipsia, maka ketahui juga dari penyebab penderita penyakit tersebut. Sebab masih banyak orang yang belum mengetahui dan merasakan bahwa telah terdeteksi pengidap penyakit polidipsia. Oleh karena itu, kalian wajib tahu polidipsia dari beragam faktor penyebabnya. Diantaranya adalah sebagai berikut ini :

Mengkonsumsi Makanan Pedas

Penyebab pertama adalah terlalu banyak mengkonsumsi makanan pedas. Ya, makanan pedas memang membuat kalian merasa cepat haus. Sebab rasa pedas bisa membuat tenggorokan terasa panas. Sehingga kalian terasa haus dan ingin minum terus.

Sering Mengkonsumsi Minuman Beralkohol atau Berkafein

Penyebab kedua yakni terlalu sering mengkonsumsi minuman beralkohol maupun berkafein. Ya, kandungan alkohol maupun kafein ini membuat lidah terasa pahit. Sehingga kalian sering minum untuk menghilangkan rasa pahit tersebut.

Terlalu Capek Berolahraga

Penyebab ketiga yaitu terlalu capek berolahraga. Ya, beberapa orang yang belum mengetahui tentang apa itu polidipsia tentu sering berolahraga tanpa mengenal waktu. Padahal, berolahraga terlalu capek dapat menyebabkan kalian mudah haus.

Kehamilan

Penyebab keempat bisa saja disebabkan karena kondisi hamil. Memang para ibu hamil merasa mudah haus. Hal tersebut disebabkan karena ibu hamil harus memperhatikan nutrisi sang buah hati. Sehingga ibu hamil kerap minum minimal 8 gelas air per hari.

Menderita Penyakit 

Dan penyebab kelima adalah menderita berbagai jenis penyakit. Untuk penyakit ringan seperti demam atau pilek, tentu kalian juga dapat menderita gejala-gejalanya. Kalian akan merasakan haus meskipun telah mengkonsumsi cukup air.

Selain itu, penderita penyakit diabetes melitus atau hiperglikemia atau kelebihan gula darah juga bisa saja mengalami gejala tersebut. 

Ciri-Ciri Seseorang yang Mengidap Gangguan Polidipsia

Mungkin beberapa orang memang belum mengetahui bahwa sedang mengalami gejala polidipsia. Sebab ciri utama dari gangguan-gangguan ini hanya merasakan haus secara terus menerus meskipun telah mengkonsumsi banyak air.

Namun tahukah kalian bahwa ada ciri lainnya ketika seseorang mengidap gangguan dari polidipsia ini. Nah ciri yang pertama adalah terlalu sering buang air kecil ke toilet. Hal tersebut disebabkan karena kalian terlalu banyak mengkonsumsi air minum.

Sehingga intensitas untuk buang air kecil ke toilet semakin tinggi. Dan tentu saja, kalian tetap merasa haus meskipun telah berulang kali minum air hingga buang air kecil dalam jumlah banyak.

Ciri yang kedua adalah bibir terasa kering hingga pecah-pecah. Hal tersebut disebabkan karena faktor kehausan yang cukup hebat. Jadi, perlu kalian ketahui tentang apa itu polidipsia yang dapat menyebabkan bibir kering hingga pecah-pecah.

Ciri yang ketiga yakni kurang bertenaga. Ya, mengkonsumsi air yang cukup dapat memberikan energi ekstra untuk menjalankan kesibukan sehari-hari. Jika kalian mengidap gejala tersebut, maka tubuh terasa lemas hingga merasa malas untuk mengerjakan sesuatu.

Ciri yang keempat yaitu mudah merasa lapar. Rasa lapar tersebut ditimbulkan karena tubuh merespon bahwa kadar air terasa kurang. Sehingga kalian terus merasa lapar meskipun telah mengkonsumsi cukup air dalam satu hari.

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini