Manfaat Buka Puasa dengan Air Putih Hangat, Apa Saja?

Primaradio.co.id – Bagi Anda yang menjalankan ibadah puasa perlu mengetahui manfaat buka puasa dengan air putih hangat, manfaatnya sendiri sangatlah besar. Meskipun terkadang, beberapa orang mengabaikan untuk mengonsumsi air putih tersebut.

Baca juga : Tata Cara Membayar Utang Puasa Ramadan Lengkap

Mungkin semua orang menyadari bahwa mengonsumsi air putih memang memiliki manfaat sangat besar bagi para pengonsumsinya. Hanya saja, banyak orang kerap melupakannya setelah mereka menjalankan ibadah puasa.

Kebanyakan dari orang-orang menjalani ibadah hanya berpikir untuk segera meminum minuman manis yang dingin setelah berpuasa seharian. Meskipun hal tersebut bukan menjadi sebuah masalah, namun air putih hangat juga sangatlah diperlukan.

Di bulan Ramadan, seluruh umat Islam diwajibkan untuk menjalani puasa, kecuali mereka yang mendapatkan halangan tidak bisa melakukannya. Sedangkan, puasa diwajibkan apabila seseorang tersebut telah memenuhi syarat yang sudah ditentukan.

Puasa adalah tindakan yang dilakukan secara sukarela agar seseorang dapat menahan hawa nafsu dengan memakan, meminum, dan lain sebagainya. Tentunya termasuk dengan pembuatan buruk dapat membatalkan puasa yang dilakukan.

Sedang bagi mereka yang beragama Islam diharuskan untuk menjalankan puasa selama 1 bulan penuh, menurut tanggalan Islam. Oleh sebab itu, banyak dari umat Islam merayakannya berbuka puasa dengan meminum atau memakan makanan lezat.

Manfaat buka puasa dengan air putih hangat tentunya lebih besar manfaatnya dari pada minuman dengan kandungan gula yang besar. Setidaknya seseorang perlu menyeimbangkan makanan dan minumannya selama menjalani ibadah puasa tersebut.

Apa Saja Manfaat Buka Puasa dengan Air Putih Hangat?

Tentunya banyak orang yang penasaran secara detail tentang manfaat dari berbuka puasa dengan menggunakan air putih hangat. Untuk beberapa penjelasan tentang manfaatnya tersebut bisa Anda lihat sebagai berikut ini.

  1. Sistem Pencernaan Sehat

Salah satu manfaat buka puasa dengan air putih hangat yaitu dapat memperlancar sistem pencernaan, sehingga sistem pencernaan tersebut menjadi lebih sehat. Terlebih sebelumnya Anda melakukan ibadah puasa seharian.

Air putih hanya mampu membantu menenangkan serta mengaktifkan saluran pencernaan karena air fungsi ini berfungsi sebagai penghidrasi kulit. Tubuh seorang yang puasa pastinya akan kering karena ion dalam tubuh berkurang.

Sedangkan dengan mengonsumsi air hangat ini mampu memperlancarnya, sehingga sistem pencernaan bisa lebih lancar. Air tersebut menjadi pelumas, sehingga makanan yang masuk bisa lebih lancar yaitu saat mengalir di usus.

  1. Sistem Saraf Terjaga

Sistem saraf pada tubuh juga bisa lebih terjaga dengan mengonsumsi air hangat saat berbuka puasa. Memang manfaat buka puasa dengan air putih hangat ini jarang diketahui oleh beberapa orang awam, sehingga informasi ini terbilang cukup penting.

Pada dasarnya air putih tersebut membantu dalam memberikan ketenangan sistem saraf, sekaligus melumasi tubuh setelah seharian berpuasa. Pada saat puasa, sistem saraf juga mengalami dehidrasi dan dapat memberikan dampak peradangan.

Hal yang terkadang menjadi masalah seseorang saat menjalani puasa dan kekurangan air di tubuhnya mendapatkan masalah seperti migrain atau sakit kepala. Dengan meminum air hangat ketika berbuka mampu melawan masalah tersebut secara efektif.

  1. Mencegah Terjadinya Sembelit

Manfaat buka puasa dengan air putih hangat berikutnya adalah mencegah Anda mengalami sembelit. Tentunya, masalah seringkali mengganggu aktivitas seharian, sehingga seseorang ingin segera mengatasinya sebelum menjadi lebih parah.

Mencegah memang selalu menjadi solusi terbaik dibandingkan dengan mengobati, sehingga mengonsumsi air hangat tersebut bisa menjadi solusi untuk Anda. Air putih hangat mampu memperlancar sistem pencernaan, sehingga mengantisipasi terjadi sembelit.

Dengan meminum air hangat ketika perut sedang kosong mampu mengatasi akumulasi limbah yang ada di dalam tubuh. Air hangat juga dapat membantu dalam penyerapan nutrisi lebih cepat daripada air dingin.

  1. Mencegah Dehidrasi

Dehidrasi memang menjadi salah satu hal yang paling sering terjadi ketika tubuh kehilangan cairan. Sedangkan, dalam berpuasa hal ini kerap terjadi apabila sebelum menunaikan ibadah puasa, Anda tidak banyak mengonsumsi air atau banyak mengonsumsi gula.

Nah, untuk manfaat buka puasa dengan air putih hangat berikutnya yaitu dapat mengatasi atau mencegah tubuh mengalami dehidrasi. Dengan air putih tersebut, maka cairan di dalam tubuh menjadi lebih terjaga keseimbangannya.

Dengan membiasakan diri mengonsumsi air hanya ketika perut sedang kosong mempercepat tubuh untuk menyerap cairan tersebut. Pasti tubuh akan mengatasi masalah dehidrasi tersebut, sehingga mampu mencegah dari serangan penyakit.

  1. Menurunkan Berat Badan
Apa Saja Manfaat Buka Puasa dengan Air Putih Hangat?
Apa Saja Manfaat Buka Puasa dengan Air Putih Hangat?

Dalam menjalani puasa dan ketika berbuka seseorang seringkali berbuka dengan minuman manis. Selain mengonsumsi minuman manis, seseorang juga cenderung berlebihan dalam mengonsumsi makanan berminyak maupun makanan dengan kolesterol tinggi.

Hal ini membuat berat tubuh semakin cepat bertambah, sehingga perlu mengurangi masalah tersebut. Ternyata manfaat buka puasa dengan air putih hangat mampu mengurangi masalah berat badan berlebih.

Banyak dari sebagian orang saat menjalani puasa menjadikannya kesempatan dalam menurunkan berat badan. Dengan adanya air di dalam tubuh, maka suhu tubuh bisa terkontrol dengan baik, sehingga metabolisme tubuh menjadi aktif.

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini