Cara Mengatasi Perut Kembung Dijamin Ampuh dan Mudah

Primaradio.co.id – Mengetahui cara mengatasi perut kembung akan sangat membantu kalian ketika berada dalam kondisi ini. Meskipun demikian, kalian tidak perlu khawatir karena penyebab perut kembung kebanyakan tidak berbahaya.

Baca Juga : Pahami Penyebab Kehamilan Ektopik dan Pengobatannya

Meskipun tidak berbahaya, rasa tidak nyaman akan membuat kondisi tubuh menjadi tidak enak. Karena itulah jika kalian mengalami kondisi ini perlu memiliki pengetahuan tentang hal yang harus dilakukan.

Kondisi perut kembung bisa terjadi salah satunya dikarenakan adanya sejumlah gas yang menumpuk pada saluran pencernaan. Misalnya kondisi ini terjadi pada usus dan lambung seseorang.

Kondisi ini bisa disebabkan karena adanya udara masuk dari luar atau meningkatnya produk gas di dalam usus. Tidak hanya menggunakan obat medis, kalian juga mengatasi perut kembung dengan cara sederhana. 

3 Cara Mengatasi Perut Kembung

Sebagai seorang yang tiba-tiba mengalami perut kembung, kalian tidak perlu khawatir untuk mengatasinya. Berikut ini beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegah perut kembung dengan mudah.

Sengaja Kentut atau Bersendawa

Kebiasaan yang bisa kalian lakukan untuk mencegah perut kembung adalah kentut atau bersendawa. Cara ini adalah yang paling mudah dan alami dialami tubuh untuk meredakan perut kembung.

Karena itulah, jika perut mulai terasa tidak nyaman, maka segeralah menjauh dan coba membuang gas. Untuk rasa perut yang lebih lega kalian bisa sambil buang air besar saat mengeluarkan gas.

Kompres Air Hangat

Cara mengatasi perut kembung berikutnya adalah dengan menggunakan air hangat. Kalian bisa mencoba mengompres perut dengan air hangat untuk meredakan perut kembung yang dialami saat itu.

Kalian hanya perlu menyiapkan kain bersih atau waslap, air hangat dan baskom sebagai wadahnya. Proses kompres bisa dilakukan selama 10 – 15 menit di atas perut untuk meredakan nyeri dan kram.

Banyak Bergerak

Cara lain yang juga dapat dilakukan adalah dengan menggerakkan tubuh. Jangan hanya duduk diam dan membiarkan kondisi perut menjadi kembung berlarut-larut yang membuat kalian menjadi tidak nyaman. 

3 Solusi Perut Kembung 

Selain beberapa cara mengatasi perut kembung yang telah dijelaskan, terdapat beberapa cara lain yang bisa dilakukan. Berikut ini beberapa solusi untuk mengatasi perut kembung yang mengganggu kenyamanan kalian.

Beri Pijatan pada Perut

Jika kalian sedang mengalami perut kembung maupun begah maka coba atasi dengan memijat perut. Adanya pijatan pada perut dapat membantu kalian untuk pergerakan sistem pencernaan.

Tidak hanya itu, juga bisa untuk menghilangkan gas yang ada di dalam perut. Pijatan pada perut memang dapat meredakan ketidaknyamanan karena adanya kondisi perut kembung.

Makan dengan Perlahan

Solusi lain untuk menghindari perut kembung adalah dengan makan secara perlahan. Hal ini bisa dilakukan untuk menghindari perut kembung yang semakin bertambah parah dan bisa menjadi lebih baik.

Cara mengatasi perut kembung ini bisa dilakukan untuk mencegah kondisi perut kembung. Memiliki kebiasaan yang terlalu cepat bisa membuat banyak udara masuk ke dalam saluran pencernaan.

Tidak Merokok

Jika kalian memiliki kebiasaan merokok, maka cara ini perlu diperhatikan. Hal ini dikarenakan merokok dapat memperparah kondisi perut kembung sehingga dapat menambah gas di dalam tubuh.

Semakin banyak kalian menghirup udara dan asap rokok ke dalam tubuh, gas akan semakin menumpuk. Hal ini bisa membuat saluran pencernaan menjadi tidak lancar dan bisa menyebabkan iritasi. 

3 Langkah Hilangkan Perut Kembung

Cara mengatasi perut kembung tidak hanya dapat dilakukan dengan beberapa cara tersebut. Berikut ini beberapa hal yang bisa dilakukan untuk dapat menghilangkan kondisi perut kembung yang dialami.

Menghindari Minuman Bersoda

Beberapa jenis minuman seperti bir, soda maupun minuman berkarbonasi dapat memperparah tumbukan gas dalam tubuh. Hal ini dikarenakan kandungan pada minuman tersebut mengandung gas karbon dioksida.

Karbon dioksida di dalam tubuh bisa menimbulkan gelembung pada saluran pencernaan kalian. Adanya kandungan pemanis buatan bisa membuat perut semakin terasa tidak nyaman saat kondisi kembung.

Memperhatikan Asupan Makanan

Cara mengatasi perut kembung lainnya adalah dengan memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsi. Beberapa jenis makanan yang bisa membuat perut kembung seperti biji-bijian dan makanan berlemak.

Selain itu, makanan seperti kacang-kacangan, susu, produk olahan susu dan makanan tinggi serat bisa membuat perut kembung. Kalian bisa memperhatikan porsi yang dimakan agar tidak berlebihan.

Membatasi Porsi Makan

Tanpa disadari kalian juga bisa mengalami perut begah atau kembung karena makan dalam jumlah yang banyak. Karena hal itulah kalian bisa memperhatikan porsi yang dikonsumsi setiap makan.

Porsi makan yang besar bisa membuat kalian menjadi lebih kenyang, tetapi bisa berpengaruh pada perut. Hal ini juga menjadi salah satu penyebab perut menjadi kembung atau begah.  

3 Cara Hentikan Perut Kembung

Cara mengatasi perut kembung tidak hanya bisa dilakukan dengan hal yang sudah dijelaskan. Berikut ini beberapa cara agar perut kembung bisa teratasi dengan lebih cepat dan lebih mudah.

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini