Daftar Windows Shortcut untuk Mempercepat Pekerjaan Sehari-Hari

Primaradio.co.id – Windows shortcut penting untuk diketahui dan dipelajari, terutama bagi mereka yang pekerjaan sehari-harinya banyak menggunakan PC atau laptop. Dengan mengetahui berbagai shortcut pekerjaan dapat diselesaikan dengan mudah dan lebih cepat.

Baca juga: Cara Screenshot di Laptop Windows & Macbook Tanpa Aplikasi

Keberadaan Windows sangat membantu dalam menyelesaikan pekerjaan dengan dilengkapi jalan pintas atau shortcut. Shortcut pada keyboard merupakan kombinasi dua atau lebih tombol pada keyboard yang memiliki fungsi untuk memunculkan berbagai perintah tertentu.

Daftar Windows Shortcut untuk Mempercepat Pekerjaan

Kebanyakan Windows shortcut, selain dapat mempercepat pekerjaan juga kombinasinya mudah untuk diingat, sehingga efektivitas serta produktivitas pekerjaan dapat maksimal. 

Biasanya, shortcut diawali dengan tombol Ctrl, Alt, Shift, atau Fn dan dikombinasikan dengan tombol lainnya.

Dengan mengingat beberapa shortcut keyboard yang biasa digunakan dalam pekerjaan sehari-hari mampu meningkatkan keefektifitasan kerja, menghemat waktu, dan membantu tetap fokus. Berikut ini beberapa shortcut yang penting untuk diingat beserta fungsinya.

  1. Shift + Panah

Tombol Shift dengan panah baik atas, bawah, kiri maupun kanan dapat digunakan untuk menyorot text tertentu. Setelah teks disorot, berbagai perintah dapat dilakukan dengan tetap menggunakan shortcut lainnya seperti: 

  • Ctrl + B / Bold untuk menebalkan teks
  • Ctrl + I / Italic untuk membuat teks menjadi miring
  • Ctrl + U / Underline untuk membuat garis di bagian bawah teks
  • Ctrl + X / Cut untuk mengambil teks dari sumber lain
  • Ctrl + C / Copy untuk menyalin teks dari sumber lain
  1. Ctrl + A

Hampir sama dengan kombinasi Shift + Panah, Windows shortcut kombinasi kunci Ctrl + A juga dapat digunakan untuk menyorot teks. Hanya saja, kombinasi ini dapat menyorot teks secara keseluruhan sekaligus.

  1. Ctrl + V

Shortcut kombinasi ini dapat digunakan untuk menempelkan teks yang sudah disalin atau dipotong. Kombinasi ini biasanya digunakan setelah melakukan Ctrl + C atau Ctrl + X.

  1. Ctrl + Z

Kombinasi Ctrl + Z dapat digunakan saat melakukan kesalahan dan ingin mengembalikannya ke awal. Kombinasi ini sama dengan perintah Undo yang berfungsi untuk membatalkan perintah sebelumnya.

  1. Ctrl + Y

Ctrl + Y merupakan kebalikan dari Ctrl + Z yaitu untuk membatalkan perintah Undo yang telah dilakukan sebelumnya.

  1. Alt + Tab

Kombinasi Alt + Tab pada Windows shortcut dapat digunakan ketika sedang membuka banyak jendela dan kesulitan untuk mencari kendala yang dituju. Kunci ini dapat memunculkan semua jendela yang sedang dibuka dengan cepat. 

Ketika semua jendela sudah terbuka, maka dapat menekan Tab untuk memilih jendela yang diinginkan.

  1. Alt + F4

Shortcut Alt + F4 dapat digunakan untuk menutup jendela program yang sedang dibuka atau dijalankan. Sehingga tidak perlu menekan tanda silang dengan menggunakan mouse.

  1. Ctrl + W

Kombinasi ini pada dasarnya memiliki fungsi yang sama dengan Alt + F4 hanya saja digunakan untuk menutup tab pada Google Chrome. 

  1. Ctrl + Shift + Esc

Saat membuka sebuah jendela program yang not responding dan tidak bisa ditutup meskipun sudah menekan tanda X atau silang, maka alternatif lainnya yaitu dengan menggunakan Windows shortcut kombinasi Ctrl + Shift + Esc.

Dengan menekan Ctrl + Shift + Esc secara bersamaan dapat membuka Task Manager yang memuat semua program yang sedang dibuka. Setelah itu dapat memilih salah satu program untuk menutupnya secara paksa dengan mengklik tombol End Task.

  1.  Ctrl + F

Jika Anda akan mencari kata tertentu dalam sebuah dokumen ataupun halaman, bisa dengan menekan tombol Ctrl + F. Kemudian akan muncul kolom untuk mengetik kata yang sedang dicari. 

Setelah itu sistem akan secara otomatis mencari kata yang diketikkan tersebut dan menampilkannya meskipun hurufnya kapital, miring, tebal, dan sebagainya.

  1. Ctrl + S

Windows shortcut kombinasi Ctrl + S dapat digunakan ketika akan menyimpan dokumen dengan cepat dan praktis tanpa harus menggunakan dan mencari perintah Save. Perintah ini juga dapat digunakan untuk menyimpan halaman di Chrome.

  1. Ctrl + P

Kombinasi ini dapat digunakan untuk melihat tampilan dokumen sebelum mencetaknya. Kombinasi Ctrl + P merupakan perintah untuk memunculkan Print Preview, sehingga dokumen yang akan dicetak dapat ditinjau. 

Pada Chrome kombinasi ini dapat digunakan untuk menyimpan berbagai halaman dengan format penyimpanan dalam bentuk PDF.

  1.  Ctrl + D (Delete)

Windows shortcut yang satu ini dapat digunakan untuk menghapus folder atau item dan dimasukkan ke dalam Recycle Bin.

  1.  Shift + Delete

Sementara kombinasi ini dapat berfungsi untuk menghapus folder atau item yang dipilih secara permanen, tanpa dimasukkan pada Recycle Bin.

  1.  Ctrl + Shift + N

Kombinasi kunci ini dapat digunakan untuk membuat folder baru di desktop maupun di File Explorer.

  1.  Tombol Windows + I

Kunci kombinasi Tombol Windows + I dapat digunakan untuk membuka aplikasi pengaturan atau pengaturan.

  1.  Tombol Windows + E

Kombinasi tombol shortcut ini dapat digunakan untuk membuka File Explorer dengan cepat

  1.  Tombol Windows + A

Untuk menampilkan atau membuka Action Center dapat menggunakan Windows shortcut dengan kombinasi windows + A. 

  1.  Tombol Windows + D

Dengan menekan kombinasi tombol ini secara bersamaan dapat memberikan perintah untuk menampilkan serta menyembunyikan desktop.

  1.  Tombol Windows + L

Jika komputer Anda memiliki berbagai dokumen atau folder rahasia yang tidak ingin diketahui atau dibuka oleh orang lain, maka dapat menguncinya dengan menggunakan kombinasi tombol Windows + L.

  1.  Tombol Windows + V

Untuk dapat membuka tempat clipboard dengan cepat dapat menggunakan Windows shortcut kombinasi ini.

  1.  Tombol Windows + titik (.) atau titik koma (;)

Ingin membuka panel emoji dapat menggunakan kombinasi shortcut ini yang ditekan secara bersamaan.

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini