Efek Kurang Tidur Malam yang Berbahaya dan Jangan Disepelekan

Terdapat banyak sekali efek kurang tidur malam, yang perlu masyarakat perhatian. Umumnya kondisi tersebut cukup banyak masyarakat alami. Sehingga bagi kalian yang mengalaminya tentu perlu memperhatikan beberapa dampaknya di bawah ini.

Baca juga: Dampak Negatif Game Online Hingga Menyebabkan Kecanduan

Kondisi ini memberikan banyak efek samping bagi tubuh. Sehingga ketika kalian mengalaminya pastikan untuk mengatasinya lebih dini. Tujuannya agar kita terhindar dari beberapa dampak buruk seperti penjelasan berikut:

Daftar Efek Kurang Tidur Malam Bagi Kesehatan Tubuh

Daftar Efek Kurang Tidur Malam Bagi Kesehatan Tubuh
Sumber gambar: res.cloudinary.com

Secara umum permasalahan sulit tidur ini menjadi kondisi, yang banyak masyarakat kita alami. Umumnya bagi beberapa individu, yang memiliki gaya hidup serta tuntutan pekerjaan tertentu. Namun meski sibuk tidur menjadi salah satu kebutuhan penting bagi tubuh.

Tidur adalah kebutuhan utama bagi tubuh manusia. Hal ini sama dengan kebutuhan minum atau makan. Maka dari itu ada banyak sekali efek kurang tidur malam, yang nantinya bisa manusia alami, seperti:

Mudah Lupa

Mudah Lupa
Sumber gambar: .sonora.id

Salah satu permasalahan cukup serius, yang banyak individu alami adalah penurunan fungsi otak. Kebiasaan buruk tersebut bisa membuat fungsi otak menjadi kurang optimal. Sehingga mampu menurunkan daya ingat dan membuat kalian mudah lupa.

Umumnya mudah lupa atau pikun erat kaitannya pada orang tua. Namun sayangnya kondisi tersebut bisa cepat kalian dapatkan ketika membiasakan gaya hidup tidak sehat. Hal ini menjadi salah satu dampak buruk saat kalian kurang porsi tidurnya.

Sulit istirahat yang menjadi kebiasaan akan mengganggu kinerja serta fungsi otak. Sehingga bagian otak dengan fungsi mengingat juga turut menurun. Hal ini menjadi salah satu efek kurang tidur malam, yang pastinya mengganggu produktivitas sehari-hari.

Dampak tersebut bisa membuat individu kesulitan, untuk memfokuskan diri sekaligus memahami sesuatu. Akibatnya bisa membuat individu menjadi lebih lambat dalam berpikir.

Di lain sisi kondisinya juga mampu membuat seseorang kesulitan mengambil keputusan serta problem solving. Hal tersebut dapat membuat individu lebih sering melakukan kesalahan. Bahkan proses penyelesaian tugas menjadi lebih lama.

Obesitas

Obesitas
Sumber gambar: doktersehat.com

Bagi kalian yang tidak ingin mengalami penambahan berat badan secara signifikan tentunya perlu menghindari kebiasaan ini. Salah satu efek kurang tidur malam adalah mampu membuat peningkatan berat badan, yang membuat kalian terkena obesitas.

Peningkatan berat badan secara signifikan ternyata erat kaitannya pada kebiasaan tidur buruk. Sebab durasi istirahat tidak cukup bisa memberikan perubahan negative terhadap metabolisme tubuh.

Secara umum jatah porsi istirahat bagi orang dewasa cenderung lebih banyak. Sehingga ketika kalian hanya tidur 4 jam sehari, maka bisa meningkatkan nafsu makan, rasa lapar. Sehingga konsumsi terhadap makanan berkarbohidrat tinggi akan semakin meningkat.

Kondisi ini juga banyak kita temukan pada remaja serta anak-anak. Bahkan penelitian juga menyebutkan bahwa efek kurang tidur malam bisa mempengaruhi hormon ghrelin. Hormon leptin dan ghrelin memiliki tugas sebagai pengontrol rasa lapar sampai nafsu makan.

Dari sini bisa dikatakan bahwa peningkatan nafsu makan juga disebabkan oleh buruknya pola tidur. Sehingga ketika istirahat kurang, maka tubuh bisa memiliki nafsu makan besar. Hal tersebut akan mempengaruhi produktivitas tubuh dan membatasi gerak fisik seseorang.

Pemicu Kanker

Pemicu Kanker
Sumber gambar: www.bodrex.com

Faktanya dampak buruk dari istirahat kurang tidak hanya menimbulkan masalah sepele seperti rasa lelah atau mengantuk. Bahkan kondisinya dapat memicu penyakit kanker. Sebab salah satu manfaat istirahat adalah meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Ketika seseorang kurang tidur maka sistem kekebalan tubuh seseorang akan semakin melemah. Efek kurang tidur malam tersebut mampu membuat perlindungan juga semakin lemah. Sehingga tubuh jauh lebih mudah terkena infeksi pada berbagai penyakit.

Penelitian menyebutkan bahwa porsi tidur malam mulai dari 4 sampai 6 jam setiap harinya dapat menurunkan antibodi sebanyak 50%. Di mana antibodi tersebut umumnya berperan dalam melawan virus influenza.

Dari sini bisa kalian simpulkan bahwa porsi istirahat kurang membuat seseorang juga lebih mudah terkena flu. Sementara menurut AASM atau American Academy of Sleep Medicine menyebutkan kondisi tersebut mampu memicu tumbuhnya sel kanker di dalam tubuh.

Tubuh yang kurang istirahat mampu mengurangi sekitar 72% sel NK. Natural Killer atau NK sendiri adalah sel, yang penting bagi tubuh manusia. Salah satunya adalah membunuh sel abnormal penyebab sakit kanker. Kurang istirahat menurunkan kekebalan terhadap: 

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini