Gajah Gemar Ganti Menu Makanan dan Ini Penjelasannya

Tahukah kalian jika gajah gemar ganti menu makanan? Jadi tidak hanya manusia saja yang merasa bosan dengan menu makan yang sama setiap harinya. Mungkin beberapa dari kalian pernah berpikir jika makanan yang hewan konsumsi setiap harinya selalu sama.

Baca juga : Beberapa Jenis Ras Anjing Paling Pintar di Dunia

Seperti halnya singa yang termasuk hewan karnivora hanya memakan daging terus setiap hari, padahal tidak semua hewan berperilaku sama. Gajah adalah salah satu contohnya, jika kalian berkunjung ke kebun binatang, biasanya pengunjung mendapatkan izin untuk memberi makan.

Buah adalah salah satu makanan yang diberikan kepada hewan berbadan besar ini, namun perlu kalian ketahui bahwa gajah gemar ganti menu makanan sesuai dengan seleranya. Namun ada saat-saat tertentu, gajah tetap mengonsumsi makanan apa saja yang disiapkan.

Tetapi berbeda halnya jika hewan bertumbuh besar ini hidup di alam liar, gajah bisa dengan bebas memilih menu apa saja yang ada dihadapannya. Mari kita ulik lebih dalam, bagaimana kehidupan hewan bertubuh besar ini dengan pola makan cukup unik.

4 Menu Makanan Favorit Gajah

Setiap hewan biasanya memiliki makanan utama paling sering dikonsumsi, ada ciri khas tersendiri yang dimiliki oleh setiap binatang. Misalnya kelinci gemar makan wortel atau kucing gemar makan ikan, namun tahukah kalian apa makanan kesukaan gajah?

Daun dan Ranting

Salah satu menu favoritnya adalah daun dan ranting, mayoritas tempat tinggal hewan ini dikelilingi oleh pepohonan. Oleh karena itu, daun dan ranting menjadi makanan utamanya. Jika kita lihat di alam liar, hewan satu ini sering mengambil langsung daun dan ranting dari pohon.

Tentu saja sebagai binatang herbivora, daun menjadi makanan utama karena mengandung zat dan nutrisi dibutuhkan oleh tubuhnya. Di kebun binatang sendiri, kalian bisa melihat jika binatang satu ini selalu diberi dedaunan dan ranting sebagai makanan.

Rumput

Meskipun gajah gemar ganti menu makanan, tapi rumput juga menjadi menu favoritnya. Karena mudah didapatkan di alam liar, tentu gajah senang mengonsumsinya. Biasanya gajah akan mengganti menu makan sesuai dengan selera atau kondisi tubuhnya.

Seperti halnya jika gajah sedang hamil, mungkin akan mengubah pola makan dan telah disesuaikan dengan kebutuhan tubuh. Sama halnya seperti manusia, pola makan makhluk hidup satu ini juga sering berubah-ubah karena menyesuaikan dengan kondisi tubuh.

Buah-buahan

Buah-buahan seperti papaya, pisang, atau bahkan kelapa menjadi buah kesukaan gajah, dan kita bisa melihat di kebun binatang, bahwa banyak gajah diberi makanan dengan buah-buahan tersebut, karena menu tersebut juga mudah untuk kita temukan di Indonesia.

Umbi-umbian

Gajah gemar ganti menu makanan dan salah satu menu disukainya adalah umbi-umbian, pada dasarnya proses pengunyahan pada hewan satu ini memang tidak berlangsung lama. Jadi makanan bertekstur lembut seperti umbi, sangat cocok untuk dikonsumsi.

Umbi-umbian juga kaya akan nutrisi dan gizi, sehingga sangat baik dalam menjaga kondisi tubuh dan kesehatan hewan satu ini. Dari sekian banyak menu dapat gajah konsumsi, tentu saja ada beberapa menu yang tidak aman bagi kesehatannya. 

3 Makanan yang Dihindari oleh Gajah

Gajah termasuk ke dalam binatang herbivora atau pemakan tumbuhan, meski begitu terdapat beberapa jenis tumbuhan dan jenis makanan lain yang hewan besar ini hindari. Sehingga jika kalian melihat gajah, jangan coba-coba untuk memberikan makanan berikut ini.

Rumput Kering

Kebiasaan gajah gemar ganti menu makanan memang cukup unik bukan, ternyata tidak hanya kita saja sebagai manusia senang mengganti menu. Namun ada juga makanan tidak mau dikonsumsi, karena dinilai kurang bermanfaat seperti rumput kering.

Hewan bertubuh besar ini lebih memilih mengonsumsi daun atau rumput masih segar, jika kita bisa perhatikan kehidupan gajah di alam liar, maka kalian akan menyadari bahwa gajah tidak akan memakan daun atau rumput kering jika masih ada daun atau rumput kehijauan.

Tanaman Beracun

Menu selanjutnya adalah tanaman beracun, meskipun gajah termasuk hewan herbivora yang mengonsumsi tumbuh-tumbuhan. Namun tidak semua tumbuhan dapat dikonsumsi, seperti halnya tanaman beracun dan hewan ini tergolong cerdas.

Karena mampu mendeteksi mana tanaman aman untuk dikonsumsi dan mana yang tidak, seakan-akan memiliki radar yang mampu memberi tau mana tanaman beracun dan berbahaya, inilah salah satu keistimewaan dari hewan cerdas tersebut.

Daging

Gajah gemar ganti menu makanan namun bukan berarti senang mengonsumsi daging, karena termasuk ke dalam hewan pemakan tumbuhan tentu saja daging adalah salah satu menu yang hewan ini hindari, meskipun kita memberikannya secara langsung.

Pasti hewan satu ini akan menolak untuk mengonsumsinya, di alam liar tempat gajah tinggal, hewan satu ini juga bukan tipe hewan pencari mangsa. Sehingga mengonsumsi daging bukanlah termasuk cara gajah bertahan hidup, tumbuhan tetaplah makanan utama.

Gajah Lebih Sering Mengubah Menu Makanan di Malam Hari

Setiap makhluk hidup memang memiliki ciri khas atau kebiasaan unik, seperti halnya gajah yang mungkin baru kalian ketahui jika gajah memiliki kebiasaan diet. Ternyata hewan berbadan besar ini memiliki cara dietnya sendiri, dan tentunya menarik untuk kalian ketahui.

Gajah gemar ganti menu makanan sebagai salah satu cara bagi gajah untuk diet, seperti halnya hanya memakan tipe tumbuhan tertentu, serta mengganti menu di malam hari. Pola ini terjadi pada saat-saat tertentu, dan menarik jika kita bisa mengetahui tingkah lakunya.

Kehidupan makhluk hidup lain memang menarik untuk kita cari tau, seperti halnya hewan dengan badan besar ini. Mungkin bagi orang awam tidak akan menyadari, bahwa ada pola makan pada gajah yang berbeda dan sepertinya tidak jauh berbeda dengan manusia.

Pola makan berubah saat malam hari ini juga berasal dari faktor cuaca, menurut penelitian diketahui bahwa pada saat hujan, gajah lebih memilih makan rumput segar, sedangkan pada musim kemarau panjang, gajah lebih memilih mengonsumsi daun dari pohon.

Kebiasaan gajah gemar ganti menu makanan ini memang tergolong unik, tentu saja ada faktor yang mempengaruhi kebiasaan tersebut. Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa cuaca menjadi salah satu faktor penyebabnya, namun kondisi fisik dari hewan ini juga menjadi pengaruh.

Seperti halnya saat gajah sedang hamil, tentu gajah bisa merasakan dan mengetahui sendiri mana makanan yang aman dan dibutuhkan tubuh. Memang menarik kehidupan hewan berbadan besar ini, dan tentunya masih banyak lagi hal baru yang menarik untuk kita ulas.

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini