Beberapa Jenis Ras Anjing Paling Pintar di Dunia

Apakah ada ras anjing paling pintar? Jika ada, nama rasnya apa dan apa kelebihannya? Dua pertanyaan yang jawabannya sangat membuat penasaran banyak orang terutama para pecinta anjing.

Baca juga : 4 Turnamen Anjing Unik Ini Bikin Geleng-geleng Kepala

Kalian mungkin salah satunya yang begitu suka dengan hewan berbulu ini hingga sekarang memeliharanya di rumah. Tentu saja jenis anjing yang tidak galak dan bisa berteman dengan banyak orang. Namun demikian, belum tentu anjing milik kalian masuk kategori cerdas atau pintar.

Ternyata ada ras anjing yang masuk kategori terpintar di dunia. Ras anjing dengan kelebihan seperti itu pasti sangat membanggakan pemiliknya. Kepintarannya tersebut sangat mungkin bermanfaat untuk kehidupan manusia.

3 Macam Kecerdasan Ras Anjing Paling Pintar

Tentu saja anjing yang bersangkutan benar-benar patuh khususnya kepada pemiliknya. Dengan begitu, anjing akan menuruti setiap perintah dari majikannya dalam melakukan suatu hal atau kegiatan. 

Misalnya, menyuruh anjing menjaga rumah, menggembala hewan ternak, menangkap pencuri, dan lain sebagainya. Pastinya semua itu tidak bisa langsung terjadi dan anjing segera mengikuti perintahnya. 

Namun, ada proses latihan dalam kurun waktu tertentu hingga anjingnya mau menuruti perintah majikannya. Selain itu, kebiasaan dengan melakukannya berulang kali juga dapat menjadikan anjing memahami.

Namun jika dilihat lebih mendetail, kepintaran anjing dapat dibedakan menjadi 3 jenis. Hal tersebut berdasarkan interaksi antara anjing dengan manusia. Stanley PhD yang merupakan peneliti anjing menyebutkannya dalam sebuah buku berjudul The Intelligence of Dogs sebagai berikut.

Kecerdasan Naluri 

Salah satu penyebab kemunculan ras anjing paling pintar di dunia, yaitu hewan tersebut mempunyai naluri kuat terhadap majikannya. Orang yang memiliki anjing tersebut mengajarkan beragam aktivitas, gerakan, serta contoh perilaku kepada hewan peliharaannya.

Jadi, memang sengaja melatih dan mengajarkan anjing agar lebih pintar. Salah satu tujuannya, yaitu dapat memanfaatkannya dalam kehidupan keseharian. Tentu saja melatih yang positif sesuai keinginan pemiliknya.

Namun demikian, tidak mudah melatih anjing hingga menjadi lebih pintar dan penurut. Ada metode atau cara khusus melatih anjing dan kalian harus mengenalinya dulu lebih detail agar bisa melatihnya.

Kecerdasan Adaptif

Untuk jenis kecerdasan yang satu ini, anjing mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan tempat tinggalnya. Jika benar-benar mampu melakukannya, berarti memang masuk kategori ras anjing paling pintar. Namun demikian, tidak semua jenis anjing bisa melakukannya.

Mungkin hanya jenis tertentu yang memang dari keturunan anjing hebat. Selain pintar, anjingnya juga lebih kuat dan mampu bertahan hidup di cuaca ekstrem. Beruntung anjing tersebut ada pemiliknya, sehingga majikannya bisa melindunginya.

Berbeda dengan anjing jalanan yang nomaden atau sering berpindah-pindah rumah. Anjing tersebut terpaksa bertahan hidup sendiri atau bersama kelompoknya di luar sana. Dengan beragam masalah dan tempaan hidup, anjingnya dapat lebih pintar dan kuat.

Kecerdasan Naluri dan Adaptif

Kecerdasan ketiga yang bisa memunculkan ras anjing paling pintar, yaitu gabungan dari jenis naluri dan adaptif. Anjing tersebut mau bekerja keras mematuhi semua perintah, latihan, dan larangan dari pemiliknya. Selain itu, anjingnya juga dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan tempat tinggalnya.

Jenis kecerdasan ini begitu kompleks dan mungkin menjadi faktor dominan bagi banyak anjing lebih cerdas. Bahkan, tidak menutup kemungkinan ada orang atau pihak yang sengaja membuat lebih cerdas anjing-anjing miliknya.

Salah satu motifnya, yaitu ekonomi karena anjing yang lebih pintar akan cepat laku di pasaran. Dengan begitu, pemilik yang sudah melatihnya bisa mendapatkan keuntungan uang. Sementara itu, pemilik barunya bisa segera menggunakan dan memanfaatkan anjing pintar tersebut untuk kepentingannya.

5 Ras Anjing Paling Pintar di Dunia

Sekarang, kalian juga perlu mengenal dan mengetahui ras anjing paling cerdas yang ada di dunia hingga sekarang. Siapa tahu anjing yang kalian pelihara di rumah saat ini salah satu jenisnya, sehingga dapat segera melatihnya agar bisa lebih cerdas lagi.

Memang benar, sangat mungkin satu atau lebih jenis anjing cerdas ada di Indonesia. Bahkan, tidak sedikit orang memilikinya untuk memeliharanya di rumah. Selanjutnya, anjing tersebut dikembangbiakkan dengan ras lokal, sehingga dapat menjadi jenis baru.

Lalu, apa saja ras anjing paling pintar yang ada di dunia? Silahkan menyimak informasi berikut yang semoga bermanfaat.

Border Collie

Salah satu jenis anjing dengan kecerdasan tinggi yang banyak pemiliknya sudah membuktikannya sendiri. Anjing ini mampu hidup dan berkembang biak di lingkungan yang ekstrem. Oleh karenanya, tubuhnya lebih kuat karena sudah terbiasa beraktivitas di tempat kurang nyaman, seperti peternakan, perbukitan, hingga pegunungan.

Kalian yang memiliki ras anjing tersebut sebaiknya memberikan rangsangan fisik serta mental. Dengan beragam pelatihan yang benar, jenis Border Collie dapat menjadi anjing hebat.

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini