Inilah 5 Kopi Paling Pahit di Dunia yang Wajib Kalian Tahu

Primaradio.co.idTercatat ada 5 kopi paling pahit di dunia. Bagi penikmat kopi, rasa pahitnya memang membuat kalian merasa candu. Sebab, kopi ini mengandung kafein yang membuat rasanya pahit namun tetap membuat kalian menikmatinya.

Baca juga : Mutu Kopi yang Disimpan Lama Wajib Anda Ketahui

Namun tahukah kalian bahwa ada beberapa jenis kopi yang memiliki cita rasa pahit. Dan pahitnya pun berbeda dengan jenis kopi pada umumnya. Tentu saja, kopi paling pahit ini hanya disukai oleh orang-orang tertentu.

Pasalnya, beberapa orang yang mengkonsumsi kopi terlalu pahit dapat meningkatkan kadar asam lambung. Bagi yang penasaran, maka kalian dapat mengetahui atau mencoba salah satu kopi paling pahit di dunia.

Faktor-faktor yang Menyebabkan Rasa Kopi Pahit

Faktor-faktor yang Menyebabkan Rasa Kopi Pahit
Faktor-faktor yang Menyebabkan Rasa Kopi Pahit

Bukan rahasia lagi jika rasa kopi ini didominasi oleh pahit. Akan tetapi, setiap jenis kopi memiliki tingkat pahit dan asam yang berbeda-beda. Tercatat ada beberapa faktor yang membuat rasa kopi terasa pahit.

Faktor pertama adalah senyawa dari biji kopi. Dalam biji kopi, terdapat senyawa asam klorogenat yang membuat rasanya pahit dan sedikit asam. Dan kopi paling pahit di dunia ini mengandung zat yang meningkatkan asam lambung pada perut.

Faktor kedua yakni jenis biji kopi. Ya, rasa pahit juga dipengaruhi oleh jenis biji kopi yang ditanam. Sebab, kopi yang ditanam di lereng gunung berapi akan berbeda dengan jenis kopi yang ditanam di dataran tinggi.

Umumnya, kopi dari lereng gunung berapi ini memiliki karakteristik rasa pahit dan asam yang lebih tinggi. Sehingga kopi paling pahit di dunia ini rata-rata menggunakan biji kopi dari perkebunan di sekitar lereng gunung berapi.

Faktor ketiga yaitu proses pemanggangan biji kopi. Ya, proses pengolahan juga mempengaruhi kadar kepahitan dari rasa kopi tersebut. Ada dua jenis proses pemanggangan biji kopi.

Jenis yang pertama adalah medium roast dengan kadar pahit kelas medium. Sedangkan jenis yang kedua adalah dark roast dengan kadar pahit kelas high. Jadi, kalian bisa memilih jenis pemanggangan biji kopi sesuai dengan selera.

5 Rekomendasi Kopi Paling Pahit di Dunia

5 Rekomendasi Kopi Paling Pahit di Dunia
5 Rekomendasi Kopi Paling Pahit di Dunia

Umumnya, orang-orang ingin menikmati kopi pahit. Sebab, rasa pahit tersebut membuat kalian merasa ketagihan. Rasa pahit dan ketagihan ini disebabkan karena kandungan kafein dalam setiap seduhan kopi.

Sebagai penikmat kopi, terdapat 5 kopi paling pahit di dunia yang wajib untuk kalian coba. Diantaranya adalah sebagai berikut ini :

Kopi Hitam

Rekomendasi yang pertama adalah kopi hitam. Jenis kopi ini merupakan salah satu minuman tradisional di Indonesia. Mengkonsumsi kopi hitam setiap hari dengan kadar pas dapat meningkatkan imunitas tubuh, meningkatkan daya ingat, dan menjaga stamina bagi pengkonsumsinya.

Kopi Espresso

Rekomendasi yang kedua adalah kopi espresso. Bukan rahasia lagi jika kopi espresso menjadi salah satu favorit. Sebab, kopi ini memiliki cita rasa yang sangat pahit. Yang membuat rasa kopi ini terasa pahit adalah cara pengolahannya.

Sebab, biji kopi dimasukkan ke dalam alat espresso. Sehingga tetesan biji kopi mengandung kadar asam dan pahit yang sangat tinggi. Bagi kalian yang memiliki riwayat penyakit asam lambung tidak diperkenankan mengkonsumsinya.

Espresso Lungo

Rekomendasi yang ketiga adalah espresso lungo. Jenis ini termasuk dalam kopi paling pahit di dunia. Cara penyajiannya sama dengan kopi espresso. Hanya saja, espresso lungo akan di press dalam alat espresso sekitar 1 menit. Sehingga menghasilkan kopi yang lebih pahit.

Ristretto

Rekomendasi yang keempat yakni ristretto. Jenis kopi ristretto juga di press menggunakan alat khusus. Hanya saja, durasi pressing menggunakan alat khusus ini hanya 20 detik. Sehingga menghasilkan kopi yang tidak sepahit kopi espresso.

Torrefacto

Dan rekomendasi yang kelima yaitu torrefacto. Jenis kopi torrefacto ini sangat populer di Spanyol, Portugal, hingga Negara di Benua Amerika Latin. Kopi ini dibuat dengan cara dipanggang dengan taburan gula.

Sehingga kopi torrefacto memiliki cita rasa yang sangat unik. Selain didominasi rasa pahit, kopi torrefacto ini memiliki cita rasa asam, sedikit manis, dan harum. Sehingga kopi ini menjadi minuman tradisional oleh orang Amerika Latin.

Keuntungan Mengkonsumsi Kopi Pahit di Dunia

Keuntungan Mengkonsumsi Kopi Pahit di Dunia
Keuntungan Mengkonsumsi Kopi Pahit di Dunia

Tercatat, ada berbagai keuntungan yang bisa kalian rasakan dengan mengkonsumsi kopi pahit sesuai dengan takaran wajar. Sebab, kebanyakan mengkonsumsi kopi pahit juga tidak baik untuk tubuh.

Namun jika mengkonsumsi sesuai kadar dan takaran normal, maka ada beragam manfaat yang bisa kalian rasakan tentunya. Jadi sangat penting bagi kalian untuk mengenal kopi paling pahit di dunia.

Keuntungan yang pertama adalah merelaksasi otak agar tidak mengalami stres. Ya, aroma dan rasa kopi ini dapat mengendurkan otot pada otak. Sehingga kalian merasa lebih rileks dan dapat berpikir terkait kesulitan yang sedang dialami.

Keuntungan yang kedua yaitu meningkatkan fungsi otak. Kandungan senyawa dalam kopi ini ternyata mampu meningkatkan fungsi otak dari segi pengingat. Kalian akan mudah mengingat sesuatu dengan mengkonsumsi kopi secara rutin sesuai takaran.

Sehingga kopi ini sangat pas untuk orang lanjut usia agar otak tetap terlatih mengingat sesuatu. Keuntungan yang ketiga yakni meningkatkan kesehatan jantung. Ya, senyawa dalam minuman kopi ini mampu melindungi jantung dari toxic atau radikal bebas.

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini