Islam di Turki Sejarah Perkembangan hingga Peninggalan Bersejarah

Benteng Konstantinopel

Benteng Konstantinopel
Benteng Konstantinopel

Benteng Konstantinopel ini berada di kota Istanbul dan telah dibangung pada abad ke 5 Masehi oleh kaisar Theodosius II. Benteng tersebut juga dikenal sebagai tembok Theodosius, merupakan sistem pertahanan kota yang sangat luar biasa agar dapat melindungi ibu kota kekaisaran Romawi Timur atau Byzantium hampir selama seribu tahun.

Benteng tersebut juga menjadi salah satu struktur pertahanan paling hebat yang pernah dibuat oleh umat manusia. Benteng yang dilengkapi dengan tembok pada bagian dalam dan luar, menara pengawas hingga parit pertahanan. Bentuk desain dan konstruksi bangunan yang mampu bertahan saat adanya upaya pengepungan.

Kegagahan dari benteng tersebut pun diuji pada saat pasukan Kesultanan Utsmaniyah yang berhasil menaklukkan Konstantinopel pada tahun 1453 Masehi. Di mana menjadi tanda berakhirnya era Bizantium dan digantikan Kesultanan Utsmaniyah. Hingga sekarang, benteng tersebut masih tetap kokoh berdiri sebagai saksi dari kebesaran Bizantium dan Islam di Turki.

Topkapi Palace

Topkapi Palace
Topkapi Palace

Topkapi Palace ini merupakan sebuah istana yang menjadi kediaman dan pusat pemerintahan Kesultanan Utsmaniyah Islam di Turki selama hampir 4 abad lamanya. Istana tersebut memiliki pemandangan yang begitu menakjubkan ke arah Laut Marmara dan Selat Bosporus.

Istana yang didirikan oleh Sultan Mehmed II ini menjadi simbol kekuasaan dan kemegahan Kesultanan Utsmaniyah. Ketika kalian berada di dalam istana, maka bisa menemukan sejumlah barang-barang bersejarah, termasuk juga mantel milik Nabi Muhammad SAW tersimpan dan terawat disini.

Baca juga: Persiapan Lebaran Haji 2023, Ini Tips Memilih Hewan Kurban

Sejarah panjang Islam di Turki memang menjadi salah satu informasi paling menarik dan layak kalian ketahui, ada banyak pula peninggalan bersejarah yang masih berdiri kokoh dapat kalian jumpai di sana.

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini