Jalur Air Penting Terkenal di Dunia yang Perlu Diketahui

Konflik 

Konflik yang pernah terjadi dan paling terkenal adalah menjadi choke point pada era perang dunia kedua. Lokasi tersebut jadi salah satu titik pembantaian kapal selam pasukan aliansi oleh tentara nazi.

Pasca perang dunia kedua titik tersebut juga menjadi salah satu surganya para penyelundup dari afrika. Mulai dari kasus human trafficking sampai narkoba sempat parah terutama pada tahun 2000 – 2010.

Jalur Air Penting Terkenal di Dunia, Terusan Panama

Jalur Air Penting Terkenal di Dunia, Terusan Panama
Jalur Air Penting Terkenal di Dunia, Terusan Panama

Selain Suez ada juga terusan Panama yang memisahkan antara benua Amerika Utara dengan Selatan. Terusan ini menjadi salah satu jalur yang cukup ramai untuk menopang perdagangan Amerika Latin.

Negara seperti Ecuador, Peru, dan Chile sangat menggantungkan jalur tersebut sebagai tulang punggung perdagangan maritim. Apalagi ketika harus mengekspor komoditi ke negara-negara Eropa.

Tanpa adanya terusan Panama otomatis perdagangan maritim harus melalui laut Ushuaia yang notabene memutar cukup jauh. Oleh sebab itu efektivitas terusan Panama memberikan edge tersendiri bagi ketiga negara tersebut.

Selain itu negara Amerika Tengah seperti El Salvador juga sangat bergantung terhadap terusannya. Bahkan negara-negara di kepulauan mikronesia ketika ingin menjalin perdagangan dengan Eropa melalui jalur laut juga harus lewat Panama.

Pembangunan terusannya sebenarnya sudah sejak tahun 1904 namun di tahun 2016 terjadi perluasan. Tujuannya adalah untuk meningkatkan efisiensi sehingga jalur perdagangannya semakin optimal.

Baca juga: Misteri Segitiga Bermuda, Konspirasi yang Tidak Ada Habisnya

Informasi mengenai jalur perdagangan maritim tadi tentu dapat kalian jadikan sebagai insight. Tidak ada salahnya kita menggali lebih dalam seperti apa potensi dari masing-masing jalur air penting terkenal di dunia.

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini