Yuk Kenali Jenis-jenis Pariwisata Supaya Tidak Keliru

Setiap orang pasti paham apa itu perjalanan wisata, namun tidak banyak orang tahu tentang beberapa jenis-jenis pariwisata yang ada saat ini. Ternyata ada banyak jenis pariwisata dan semuanya harus kalian ketahui jenisnya.

Baca juga: Fakta unik Negara Vatikan yang Wajib Diketahui

Berwisata merupakan salah satu kegiatan yang banyak peminatnya, mulai dari anak-anak sampai usia dewasa. Selain itu, ada banyak manfaat dari kegiatan tersebut, sehingga banyak orang tidak mau menyia-nyiakannya apabila memiliki waktu senggang.

Secara umum, banyak orang hanya memahami bahwa melakukan kegiatan pariwisata hanya sebatas mengunjungi tempat indah. Namun, ternyata melakukan perjalanan pariwisata tidak hanya sekadar melakukan perjalan semacam itu saja, melainkan ada banyak jenis-jenis pariwisata.

Beberapa manfaat yang bisa diperoleh para wisatawan saat melakukan perjalanan pariwisata antara lain menambah pengetahuan, menenangkan diri, mengembangkan bisnis, dan lain sebagainya. Tidak, apabila mereka yang kerap berwisata wawasannya cukup luas.

Biasanya kegiatan ini tidak memberikan paksaan kepada para pelakunya, melainkan atas minat diri sendiri setiap ada kesempatan. Sedangkan untuk tujuannya sendiri sudah menjadi hak dari para wisatawan itu sendiri.

Kebanyakan orang yang melakukan perjalanan pariwisata merasa senang, bahkan tidak ingin cepat-cepat kembali dari perjalanannya tersebut. Bisa dilihat dari bagaimana para turis asing melakukan pariwisata di negara kita, bahkan sebagian ada yang menetap.

7 Jenis Pariwisata yang Perlu Kalian Ketahui

Nah, bagi kalian yang belum mengetahui apa saja jenis-jenis dari pariwisata setidaknya mulai dari sekarang kalian akan mengetahui. Lalu, apa saja sih jenis-jenis wisata tersebut, simak penjelasannya di bawah ini:

Pariwisata Rekreasi

Pariwisata rekreasi merupakan salah satu dari jenis-jenis pariwisata yang hampir seluruh umat manusia pernah melakukannya. Sifatnya, jenis pariwisata rekreasi ini, para pelakunya hanya bertujuan untuk bersenang-senang saja bersama orang terdekat.

Meskipun begitu, bukan berarti tidak ada pengetahuan bisa didapatkan dari jenis pariwisata ini, hanya hanya hal tersebut bukan menjadi tujuan utama. Lokasi tujuan dari jenis pariwisata yaitu seperti taman hiburan atau taman bermain.

Pariwisata Alam

Berikutnya adalah pariwisata alam yang juga banyak peminatnya, entah itu dari kalangan anak-anak maupun orang dewasa. Bahkan kegiatan yang menjadi salah satu jenis-jenis pariwisata ini lebih sering dilakukan oleh masyarakat daripada pariwisata rekreasi.

Namun, di balik semua itu, tujuan dari kegiatan ini hampir mirip seperti pariwisata rekreasi yaitu untuk menghibur diri dengan melihat alam sekitar. Biasa tempat tujuan dari kegiatan tersebut seperti gunung, sungai, pantai, dan tempat-tempat indah yang berhubungan dengan alam.

Manfaat dari kegiatan pariwisata ini yaitu mampu memberikan ketenangan setelah melakukan rutinitas yang menjemukan sebelumnya. Sangat cocok kegiatan tersebut untuk kalian yang setiap harinya selalu sibuk dengan pekerjaannya masing-masing.

Pariwisata Kota

Pariwisata kota merupakan salah satu perjalanan yang menjadi salah satu jenis-jenis pariwisata yang banyak pelakunya dari orang-orang desa. Namun, bukan berarti orang-orang kota tidak pernah melakukan kegiatan seperti ini sebelumnya.

Tujuan dari perjalanan ini yaitu untuk mengamati bagaimana seluk-beluk kota dan kebudayaan masyarakat di lokasi tujuan tersebut. Sedangkan setiap kota kunjungan selalu memiliki budaya berbeda-beda, sehingga wajar kalau orang-orang kota juga ikut melakukannya.

Biasanya bagi mereka yang melakukan kegiatan ini jarang pulang dengan tangan kosong, melainkan selalu ada oleh-oleh untuk dibawa pulang. Nah, sebagai calon yaitu mereka yang melakukan liburan ke Yogyakarta bisa menjadi kategori dari pariwisata kota.

Pariwisata Etnik

Untuk salah satu jenis-jenis pariwisata berikutnya adalah pariwisata etnik dengan tujuan mengamati gaya hidup dari kelompok suatu masyarakat tertentu. Biasanya para pelaku dari kegiatan ini memiliki rasa penasaran tinggi tentang suatu tradisi.

Tidak heran apabila kegiatan pariwisata ini lebih sering dilakukan oleh para peneliti atau para pelaku dari instansi tertentu. Sedangkan ada banyak manfaat juga untuk para pelakunya, sehingga perjalannya tersebut bisa terasa lebih menyenangkan.

Kegiataan ini hanya dilakukan hanya sebatas berkunjung saja, melainkan para pelakunya juga akan tinggal di tempat tujuan. Dengan begitu, kalian bisa mengetahui bagaimana cara hidup masyarakat tersebut dan beberapa tradisi di dalamnya.

Pariwisata Budaya

Sementara untuk salah satu dari jenis-jenis pariwisata yaitu pariwisata budaya hampir mirip seperti halnya dengan pariwisata tradisi. Tradisi yang terjadi di masyarakat sudah pasti menjadi salah satu target untuk diamati seluk beluknya. 

Setiap daerah atau kelompok tertentu pasti memiliki kebudayaannya sendiri, sehingga perbedaan seperti ini kerap menjadi objek atas perjalan para pelakunya. Sedangkan, perjalanan tersebut masih bisa dilakukan pada acara-acara tertentu, seperti upacara adat dan acara lainnya.

Selain itu, perjalanan ini tidak mulu harus datang ke tempat-tempat terpencil, kalian juga dapat melakukannya dengan mengunjungi museum, situs bersejarah, dan lain sebagainya. Pastinya para pelakunya juga harus mengetahui asal-usul dari kebudayaan tersebut.

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini