Kabel Bawah Laut yang Kini Telah Terpasang di Pulau Lepar

Menuju dunia yang serba digital, kabel bawah laut kini semakin pemerintah kembangkan agar akses internet menjadi lebih baik. Tidak hanya di perkotaan saja, tapi pelosok daerah di Indonesia juga tertanam kabel di bawah laut.

Baca juga: Apa Itu Teknologi Quantum? Berikut Ulasan Lengkapnya

Mungkin ada dari kalian yang belum begitu tahu tentang kabel yang terpasang di bawah laut. Fungsinya untuk apa, dan bagaimana cara memasangnya hingga bisa tertanam di bawah laut. Kita akan menjelaskannya di sini.

Pada tahun 2021 lalu, memang sudah ada berita heboh mengenai kabel di bawah laut yang terpasang di Indonesia hingga Amerika. Siapa yang memasangnya? Penjelasan berikut akan menjawab semuanya.

Pengertian Tentang Kabel Bawah Laut

Pengertian Tentang Kabel Bawah Laut
Pengertian Tentang Kabel Bawah Laut

Kalian harus tahu bahwa dengan memasang kabel di bawah laut, ternyata menjadi salah satu bagian pembangunan infrastruktur, yaitu dengan memajukan internet dengan kecepatan tinggi.

Seperti yang kalian tahu, memang kecepatan internet di Indonesia tidak begitu bagus. Maka dari itu, agar hal tersebut dapat berubah lebih baik, terpasanglah kabel menjalar panjang di bawah laut.

Dengan membangun infrastruktur yang baik seperti pemasangan kabel tersebut, maka akan semakin cepat pertukaran informasi di era digital yang semakin maju.

Dengan informasi yang cepat, maka bisa juga memajukan pertumbuhan ekonomi negara. Tapi apakah kalian tahu tentang kabel bawah laut? Kabel yang ada di dalam laut tersebut adalah kabel yang memiliki fungsi penting dalam hal komunikasi. 

Hal tersebut karena kabel yang berada di bawah laut itu bisa mengirimkan sinyal lebih cepat. Fakta menyatakan bahwa kabel yang biasa untuk bawah laut memang memiliki kualitas terbaik dalam bidang komunikasi.

Pada tahun 2021 lalu, tepatnya 2 tahun yang lalu, tersebar kabar bahwa pihak Facebook dan juga Google menanamkan kabel ke bawah laut yang menghubungkan Indonesia, Singapura, hingga Amerika Utara.

Mengutip dari Telegeography, kabel yang terpasang di bawah lain ternyata telah menggunakan teknologi modern berupa serat optik. Dengan begitu, transmisi data dapat berproses dengan kecepatan cukup tinggi karena ada serat tipis di reseptor pada ujung kabel lainnya.

Bagi kalian yang penasaran sebesar apa kabel untuk masuk ke bawah laut, besarnya itu seperti selang air untuk siram tanaman. Hal yang membuat kabel ini sangat bagus, karena ada Filamen yang fungsinya membawa sinyal cahaya. Bentuknya kecil dengan diameternya seperti ukuran rambut manusia.

Fungsi dari Kabel Bawah Laut 

Dengan besarnya seperti selang untuk menyiram tanaman dan terdapat filamen, ditambah lagi perlindungan yang maksimal. Serat tersebut ternyata memiliki lapisan isolasi dan juga pelindung. 

Untuk kabel yang terletak pada dekat pantai, biasanya menggunakan perlindungan tambahan. Adanya perlindungan yang ekstra, apa saja fungsi dari kabel bawah laut sehingga perlu terpasang di bawah sana?

Kalian harus tahu bahwa fungsi utama dari kabel yang ada di bawah laut adalah telekomunikasi. Jadi, adanya kabel tersebut, komunikasi negara-negara yang melewati suatu negara bisa terhubung. Ada 3 perkembangan yang bisa kalian ketahui berdasarkan fungsi dari kabel ini, antara lain :

  • Pertama, data telegrafi dapat terakses dengan baik.
  • Kemudian yang kedua adalah telepon. Meskipun berlayar ke negara lain, dengan adanya kabel yang ada di bawah laut bisa menghubungkan kalian melalui jaringan telepon ke negara tertuju.
  • Tentu saja, komunikasi dan koneksi internet akan terjaga selama menyeberangi suatu negara di atas lautnya. Itulah mengapa proses kabel bawah laut wajib teraplikasi dengan baik.

Seperti yang telah kita jelaskan di atas, adanya teknologi modern berupa fiber optik, maka dapat membawa data digital, internet, data telepon dan bahkan data pribadi. Serat optik yang terbuat disini menggunakan serat kaca. Proses dari penerimaan data kira-kira seperti berikut.

6 Keunggulan dari Kabel Bawah Laut

Jadi nanti ada informasi yang masuk dan berubah menjadi sinyal optik atau cahaya. Dan itu terjadi menggunakan sumber cahaya LED. Karena teknologi yang semakin berkembang pesat, tentu kabel di dalam laut tersebut memiliki keunggulan, seperti :

Menampung Informasi Besar

Keunggulan yang pertama bahwa kabel bawah laut dapat menampung informasi besar, hal itu karena memiliki bidang luas dan juga lebar.

Kecepatan Tinggi

Kalian akan sangat menikmati akses yang sangat cepat dengan layanan dari kabel tersebut. Bahkan ada klaim yang mengatakan tidak ada noise.

Sangat Stabil

Tekanan di dasar laut memang cukup tinggi, tapi tidak mengubah kecepatan transmisi data. Hal itu karena kabel ini tidak terpengaruh dengan elektris dan juga magnetis.

Terjamin Keamanannya

Dengan pembuatannya yang begitu maksimal dan bahan begitu bagus, tentu saja kabel bawah laut ini memiliki keamanan bagus.

Tahan Terhadap Serangan di Eksternal

Berada di bawah laut sana, tentu ada banyak hal terjadi. Tapi tenang saja, kabel ini tahan terhadap serangan eksternal karena tahan terhadap gas beracun, bahan kimia hingga air.

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini